4+ Cara Mengembalikan Warna Layar HP yang Hitam Putih untuk Semua Jenis HP!!

Posted on

Layar HP menjadi hitam putih atau blank merupakan hal yang wajar dan sering terjadi, kamu tidak perlu panik. Jika kamu mengalami hal ini, pahamilah penyebab dan cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih berikut ini.

Cara Mengembalikan Warna Layar HP yang Hitam Putih

4+ Cara Mengembalikan Warna Layar HP yang Hitam Putih untuk Semua Jenis HP

Pengguna juga perlu mempelajari tentang kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab layar HP menjadi berwarna hitam-putih dan juga pahan cara mengembalikan layar HP yang hitam putih. Berikut beberapa caranya:

1.     Cek Sensor Proximity

Proximity merupakan sensor jarak yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan sebuah objek tanpa bersentuhan secara langsung.

Biasanya saat menelpon, kita akan mendekatkan ponsel ke telinga dan sensor ini akan bekerja sehingga otomatis layar akan mati atau menjadi gelap. Bisa jadi sensor ini mengalami gangguan, karena itu cobalah untuk mengecek kondisi sensor ini terlebih dahulu

2.     Restart/Mulai Kembali Ponsel

Ini merupakan cara paling sederhana yang dapat kita lakukan, kamu hanya perlu memulai kembali ponselmu dengan menekan dan tahan tombol power pada ponselmu. Tunggu hingga kamu merasakan getaran dari ponselmu.

Biasanya, kondisi ponsel akan kembali normal setelah kamu melakukan prosedur ini. Kamu bisa mencoba cara ini satu sampai dua kali. Namun, apabila tidak berhasil kamu dapat mencoba tips yang lainnya.

3.     Lakukan Flash Ulang Sistem Android

Melakukan flash sama halnya dengan melakukan install ulang piranti Android pada ponselmu, tentunya cara ini hanya dapat digunakan bagi pengguna Android.

Berikut cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih dengan metode flash untuk berbagai tipe HP:

  • Samsung: Tekan dan tahan tombol Power, Volume bagian atas (Up), dan Home secara bersamaan
  • Xiaomi dan Realme: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume bagian atas (Up) secara bersamaan
  • Oppo: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume bagian bawah (Bottom) secara bersamaan
  • Asus: Tekan dan tahan tombol Power, Volume bagian atas (Up) secara bersamaan
  • Vivo: Tekan dan tahan tombol Power dan Volume bagian atas (Up) secara bersamaan

4.     Rutin Menghapus Chace Sistem dan Aplikasi

Seperti yang kita ketahui, aplikasi apapun pasti memiliki data cache yang bertujuan untuk mempercepat proses yang sudah pernah dilakukan. Namun, file cache ini biasanya akan menumpuk dan memenuhi sistem, sehingga pembersihan cache secara rutin perlu dilakukan.

Cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih bisa dilakukan dengan menghapus cache aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan/Setting
  • Pilih salah satu aplikasi yang sering kamu gunakan atau yang sudah terinstall

Penyebab Warna Layar HP Menjadi Hitam-Putih

Selain mencari tahu cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih, kita juga perlu mengetahui penyebab yang menjadi pemicu ponsel milik kita mengalami kondisi blank atau warna layar menjadi hitam putih.

Karena, tanpa disadari banyak kebiasaan-kebiasaan dan keteledoran kita yang ternyata membahayakan ponsel genggam. Setelah memahami penyebabnya, kamu bisa menghindari terjadinya hal serupa di kemudian hari.

1.     Penggunaan yang Berlebihan

Pasti kamu pernah menggunakan ponselmu berjam-jam tanpa henti. Siapa sangka, penggunaan yang berlebihan seperti ini bisa membuat ponsel mengalami overheat.

Overheat disebabkan oleh aktivitas berlebihan pada ponsel yang membuat suhu ponsel naik secara signifikan dan membebani kinerja komponen-komponen yang ada didalamnya. Menghindari overheat dapat menjadi cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih secara preventif.

2.     Terlalu Banyak Membuka Aplikasi Pada Waktu Bersamaan

Kamu memang bisa membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama, bahkan kamu juga bisa menjalankan dua aplikasi sekaligus melalui jendela apung atau bilah layar.

Namun, tentu saja segala sesuatu memiliki batas tertentu. Apabila terlalu banyak aplikasi yang terbuka pada waktu yang bersamaan, hal ini akan berbahaya bagi komponen HP seperti prosesor atau RAM yang berpotensi menyebabkan gangguan sistem.

3.     Mengalami Bootloop

Bootloop merupakan istilah yang digunakan ketika ponsel terus menerus mengalami rebooting, atau kondisi dimana ponsel dalam keadaan dinyalakan kembali dari kondisi mati (restart)

Kondisi ini dapat terjadi ketika ada gangguan pada file sistem yang membuat ponsel tidak bisa berjalan dengan stabil, kerusakan pada file aplikasi, adanya virus, malware, masalah instalasi, memakai ROM yang tidak tepat, ataupun penyebab-penyebab lainnya.

4.     Terus Menggunakan Ponsel dalam Kondisi Charging

Ketika kamu sedang mengisi daya ponselmu, usahakan untuk meninggalkannya hingga penuh. Kamu sebaiknya tidak terus menggunakannya dalam kondisi sedang charging, karena hal ini akan sangat berbahaya untuk ponsel.

Selain dapat berbahaya untuk baterai ponsel, hal ini juga dapat mengganggu arus listrik yang digunakan untuk mengisi daya.

5.     Kerusakan Perangkat Keras

Bisa jadi penyebab ponselmu mengalami blank atau kondisi layar hitam-putih adalah permasalahan hardware atau perangkat keras dan tidak ada kaitan sama sekali dengan gangguan sistem atau masalah internal.

Hal ini mungkin saja terjadi, coba cek komponen perangkat keras. Body, layar, dan lain sebagainya, apakah mengalami kecacatan atau tidak.

Cara mengembalikan warna layar HP yang hitam putih dapat digunakan jika mengalami kondisi ponsel yang blank. Cobalah untuk memakai ponsel dengan lebih hati-hati agar dapat memperpanjang usia ponsel dan menghindari kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.