7 Cara Membatalkan Pencadangan WhatsApp 2022 Mudah – 100% SUKSESS!!

Posted on

WhatsApp sejak lama menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan untuk berkomunikasi. Banyak fitur yang tersedia, mulai dari mengirim pesan atau Video Call dan fitur lainnya. Ada juga yang mencari bagaimana cara membatalkan pencadangan WhatsApp.

Mengapa Proses Pencadangan Backup Data Perlu Dihentikan?

7 Cara Membatalkan Pencadangan WhatsApp

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membatalkan proses pencadangan WhatsApp, perlu memperjelas alasan mengapa harus menghentikan proses backup data. Hal yang kita tahu bahwa pencadangan dilakukan untuk melindungi data, padahal ada beberapa hal yang perlu kamu tahu.

  • Tingkat Keamanan

Alasan mengapa perlu menghentikan proses pencadangan karena untuk keamanan data kamu sendiri. Melansir dari artikel Unictool, terdapat alasan urgen cadangan dihentikan demi melindungi data diri.

Tingkat keamanan penggunaan dan melindungi data-data pribadi harus ditingkatkan. Bila kamu mencadangkan data pesan di WhatsApp Drive atau iCloud, siapapun atau para hacker juga bisa mengakses cadangan tersebut dan mencuri data-data kamu.

Tentu hal tersebut tidak nyaman, bukan? Maka perlu melakukan langkah preventif agar data-data pribadi tetap aman.

  • Keterbatasan Ruang Penyimpanan

Penting untuk diketahui jika kamu memiliki obrolan yang panjang, lalu ingin mencadangkan pesan, hal itu dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan di iCloud. Karena biasanya penyediaan ruang kosong WhatsApp hanya terbatas 5 GB.

Apabila aplikasi WhatsApp kamu menghabiskan ruang yang banyak, maka untuk aplikasi lain akan terbatas ruangnya.

Inilah yang menyebabkan memori penyimpanan di HP sering penuh sehingga tidak dapat menerima aplikasi lain karena ruang yang tersedia telah habis. Oleh karena itu, penting mempelajari cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang aman.

7 Cara Membatalkan Pencadangan WhatsApp

Mencadangkan WhatsApp kadang membutuhkan waktu yang lama. Hal inilah yang sering membuat orang kurang nyaman dengan prosesnya. Terdapat beberapa cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang bisa dilakukan:

  • Menutup Aplikasi di Menu Recent App

Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh kamu bila ingin menghentikan pencadangan WhatsApp dengan cara menutup aplikasi WhatsApp di Recent Apps. Cara ini tergolong mudah dan bisa diaplikasikan.

Namun, kekurangan dari cara ini karena terkadang tidak berfungsi sebab aplikasi WhatsApp terus berproses membuat cadangan lokal di memori internal. Bila step ini tidak berhasil, bisa dengan menggunakan cara lain yang lebih fleksibel.

  • Menghentikan Secara Paksa Aplikasi WhatsApp

Di antara step membatalkan pencadangan WhatsApp selanjutnya adalah dengan menghentikan aplikasi secara paksa. Sebagian orang menganggap cara ini 90 persen berhasil terutama jika dipraktikkan di handphone atau Android.

Langkah-langkahnya bisa dengan membuka menu info pada aplikasi WhatsApp. Proses pencadangan yang memakan banyak waktu tersebut akan hilang dan WhatsApp bisa digunakan kembali.

  • Melakukan Restart HP

Melakukan restart handphone juga merupakan salah satu cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang simple dan mudah dilakukan.

Bila kamu telah melakukan cara menghentikan secara paksa tetapi belum berhasil dan proses pencadangan masih muncul, bisa dengan merestart perangkat. Namun, jika ingin berganti HP bisa pula dengan melakukan backup data WhatsApp.

  • Dengan Menonaktifkan Koneksi Internet

Langkah simple cara membatalkan pencadangan WhatsApp selanjutnya melansir dari artikel imyfone, adalah menonaktifkan koneksi internet. Aplikasi WhatsApp akan berproses bila gadget terhubung dengan koneksi internet baik data maupun wifi.

Langkah-langkahnya dengan membuka pengaturan, caranya cukup menggeser layar bagian atas, kemudian pilih menu Wi-Fi dan menonaktifkan dengan mengklik satu kali pada layar gadget kamu.

  • Cara Membatalkan Pencadangan Melalui IPhone

Bila kamu ingin melakukan pembatalan cadangan pesan dengan menggunakan iPhone, maka langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik open setting dan tap namamu di sebelah atas
  • Pilih ‘iCloud' kemudian klik aplikasi WhatsApp
  • Setelah itu, alihkan untuk mematikan WhatsApp.

Hal tersebut secara otomatis juga menonaktifkan pencadangan pesan dan mencegah WhatsApp dicadangkan di iCloud.

  • Cara Membatalkan Pencadangan Melalui Google Drive di Android

Langkah-langkah simplenya di antaranya:

  • Klik Google Drive di gadget kamu kemudian klik di tiga titik di pojok bagian atas sebelah kanan
  • Klik Backup di menu pilihan.
  • Setelah itu, cek WhatsApp Backup dan klik tiga titik di menu sebelah atas di bagian pojok.
  • Klik turn off this backup, dan secara otomatis pencadangan pesan di Google Drive juga akan terhenti.
  • Membatalkan Pencadangan Melalui iCloud

  • Langkah-langkahnya bisa dengan membuka aplikasi WhatsApp.
  • Klik menu setting-Kemudian klik Chats > Pencadangan pesan.
  • Setelah itu, jangan lupa klik auto backup
  • Klik off dan secara otomatis pencadangan melalui iCloud akan terhenti setelah cara-cara ini dipraktikkan.

Langkah-langkah proses pembatalan pencadangan pesan WA tersebut merupakan opsi-opsi agar untuk memudahkan kamu melakukan cancel tanpa proses yang lama.

Bila memungkinkan ingin mencadangkan pesan, kamu bisa menggunakan cara yang pencadangan mudah dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan.

Demikian beberapa cara membatalkan pencadangan WhatsApp yang dapat dipraktikkan di manapun dan kapanpun dibutuhkan. Lakukan beberapa tips di atas dengan hati-hati agar tidak salah klik yang menyebabkan kesalahan proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published.