7 Cara Mengatasi TV Indihome Tidak Ada Sinyal Terbaru 2022

Posted on

Banyak pelanggan TV berlangganan IndiHome yang mengeluh berbagai gangguan, mulai dari tidak ada sinyal, tidak ada suara, hingga ada beberapa kanal yang hilang. Namun, dari beberapa gangguan tersebut ada juga pengguna yang ingin paham cara mengatasi TV IndiHome tidak ada sinyal.

Cara Mengatasi TV Indihome Tidak Ada Sinyal dengan Mudah

Tips Menggunakan STB Indihome Tanpa Berlangganan

Sinyal IndiHome kerap kali bermasalah di beberapa daerah di Indonesia. Bagi yang sering mengalami masalah tidak ada sinyal, kamu tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasinya.

Tanda ketika sinyal TV IndiHome hilang biasanya akan muncul layar hitam, masalah ini bisa terjadi sewaktu-waktu karena beberapa faktor. Faktor cuaca umumnya menjadi penyebab utama, tidak hanya itu terkadang juga bisa disebabkan karena ada perbaikan sistem.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan channel TV IndiHome yang hilang setelah hilang sinyal? Kamu tidak perlu merisaukan hal tersebut karena ketika sinyal sudah kembali normal, channel tersebut akan kembali seperti semula.

Pasti akan sangat menjengkelkan, ketika sedang asyik-asyiknya nonton live pertandingan sepak bola tapi tiba-tiba sinyalnya hilang. Supaya bisa terus menikmati acara favorit, sebaiknya lakukan beberapa cara mengatasi TV IndiHome tidak ada sinyal berikut ini:

  • Restart Modem Internet IndiHome

Cara pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mematikan modem internet IndiHome beberapa saat. Lalu setelah itu, hidupkan kembali modem tersebut untuk mengecek apakah masih bermasalah.

  • Mengubah Mode TV Menjadi Input Source HDMI

Jika masih tetap tidak ada sinyal, maka coba kamu ubah dari Mode TV ke input Source HDMI. Cara ini biasanya cukup efektif untuk mengatasi sinyal TV IndiHome yang hilang karena hal ini merupakan kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pengguna baru layanan TV IndiHome.

  • Cek Koneksi Internet Modem Indihome di Rumahmu

STB Indihome

Jika masih tidak membuahkan hasil dan layar TV tetap berwarna hitam, maka cara mengatasi TV IndiHome tidak ada sinyal selanjutnya yaitu dengan memeriksa koneksi internet pada modem atau router internet IndiHome di rumahmu.

Untuk mengecek kondisi jaringan internet perlu memperhatikan indikator lampu yang ada di modem IndiHome. Jika lampu indikator lampu berwarna merah, itu tandanya modem internet IndiHome belum nyala, tidak heran jika TV IndiHome di rumah kamu tidak ada sinyal.

Tapi jika indikator lampu di modem berwarna hijau, maka koneksi internet IndiHome di rumahmu baik-baik saja. Untuk memastikannya, kamu perlu menyambung perangkat PC atau HP ke jaringan internet tersebut. 

Jika koneksi internetnya stabil dan bisa digunakan dengan baik, berarti gangguannya disebabkan hal lain.

  • Cek Lampu Indikator Secara Keseluruhan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, warna lampu indikator di modem dapat menginformasikan tentang kondisi jaringan internet. Jika semua lampu indikator berwarna hijau, itu menandakan bahwa jaringan internet dan TV dalam kondisi baik.

Namun, jika ada salah satu lampu indikator yang berwarna merah, misalnya di bagian Indikator LOS. Maka hal tersebut menandakan bahwa ada gangguan dari kabel fiber optik IndiHome, masalah ini bisa diatasi dengan melepas lalu memasang kembali kabel fiber optiknya.

Jika tetap tidak ada sinyal maka kemungkinan besarnya memang ada gangguan di sekitar lokasi tempat kamu tinggal. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa langsung menghubungi pihak IndiHome untuk menyampaikan keluhan.

  • Ubah Setingan Input Source TV ke HDMI 1 atau HDMI 2

Coba cek di modem IndiHome, di sana ada port HDMI 1 dan HDMI 2 yang berguna untuk menghubungkan antara TV dengan modem. Jika kabel penghubung tersebut dimasukkan ke HDMI 1, maka pastikan input source (pengaturan masukan) di TV diatur ke HDMI 1.

Setiap merk TV memiliki cara masuk ke menu pengaturan masukan atau input source yang berbeda-beda. Apabila tidak tahu, kamu bisa mencari caranya di internet supaya tidak salah langkah.

  • Pastikan Kabel STB Tersambung dengan Modem Melalui Port yang Benar

Cara mengatasi TV IndiHome tidak ada suara dan tidak ada sinyal berikutnya, yaitu dengan mengecek kabel STB. Pastikan kabel tersebut sudah tersambung dengan modem IndiHome melalui Port 4 (LAN).

  • Hubungi Pihak Indihome

Berapa nomor telepon pengaduan IndiHome? Kamu bisa menghubungi nomor 147 untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Melakukan pengaduan ke pihak IndiHome merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi gangguan yang terjadi di daerahmu.

Untuk cara lapor gangguan indihome melalui 147 sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menelepon nomor tersebut lalu utarakan kendala yang dialami dengan rinci dan sopan ke pihak customer service.

Beberapa cara mengatasi TV IndiHome tidak ada sinyal yang mudah ini bisa kamu coba. Pastikan kamu melakukan langkah demi langkah di atas sebelum melakukan pengaduan ke pihak IndiHome. Pasalnya, tidak semua gangguan disebabkan dari pusat dan bisa jadi karena kesalahanmu sendiri. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.