6 Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass 2022 Mudah dan Praktis

Posted on

Mendengarkan musik menjadi hobi yang paling banyak digemari, tidak heran jika keberadaan speaker cukup penting bagi sebagian orang. Mungkin di antara kalian ada yang penasaran dengan cara membuat speaker biasa menjadi bass supaya suara musik yang keluar lebih enak terdengar.

Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass dengan Mudah

Cara Membuat Speaker Biasa Menjadi Bass

Bass menjadi salah satu elemen penting yang bisa membuat suara speaker mengeluarkan dentuman musik yang lebih enak didengar. Tanpa adanya bass, suara musik akan terdengar sember dan kurang bagus sehingga membuat telinga kurang nyaman.

Harga speaker bass berkualitas tinggi terbilang cukup mahal sehingga banyak orang yang tidak bisa menjangkaunya. Tapi jangan khawatir karena pada artikel kali ini kita akan memberikan tips supaya speaker biasa di rumahmu bisa mengeluarkan suara bass yang enak di telinga.

Setiap suara speaker keluaran terbaru pasti memiliki elemen bass, tapi tingkat volume bassnya berbeda-beda. Jadi terkadang membuat suaranya kurang bagus jika dibandingkan dengan speaker bass berkualitas tinggi.

Lalu, bagaimana cara buat speaker bass dari speaker biasanya? Sebenarnya mudah, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini.

  • Mengubah Bentuk Box Speaker

Cara membuat speaker biasa menjadi bass yang pertama, yaitu dengan mengubah bentuk box speaker. Cara ini umumnya hanya berlaku untuk speaker yang menggunakan body kayu atau pollywood.

Bentuk box bisa mempengaruhi kualitas suara yang dikeluarkan speaker, mengubah box dengan ukuran dan bentuk yang tepat cukup efektif untuk menambah frekuensi bass. Semakin besar ukuran dan diameter box, maka output bass yang dihasilkan juga semakin tinggi.

  • Gunakan Peralatan Penguat Bass

Dengan menambah peralatan atau kit bass booster, kamu bisa mendapatkan suara bass yang lebih bagus dari sebelumnya. Kit bass booster merupakan alat penambah Bass speaker aktif yang bisa dapat dengan mudah di toko elektronik atau di marketplace.

Setelah selesai memasangnya ke speaker, kamu bisa langsung mengatur tingkat bass sesuai keinginan. Supaya mendapatkan suara bass yang maksimal, sebaiknya pilihlah merk kit bass booster yang sudah terbukti kualitasnya.

  • Pasanglah Kapasitor

Jika kurang yakin menggunakan kit bass booster, kamu bisa menggunakan kapasitor untuk speaker bass. Kapasitor biasanya dibuat dengan beberapa komponen, di antaranya adalah resistor, kapasitor milar, dan potensio.

Sebenarnya cara menambah bass dengan kapasitor bukanlah hal yang sulit, kamu cukup merangkai beberapa komponen tersebut lalu memasangnya ke speaker. Sebenarnya ada banyak sekali skema rangkaian kapasitor namun untuk di awal-awal sebaiknya gunakan rangkaian yang sederhana saja.

  • Atur Bagian Amplifier dan Woofer Agar Seimbang

Atur Bagian Amplifier dan Woofer

Untuk mendapatkan hasil suara bass yang bagus, kamu perlu menyeimbangkan amplifier dan woofer. Tingkat amplifier dan woofer yang tidak seimbang akan membuat suara bass terdengar kurang maksimal.

Perlu kamu tahu, semakin besar diameter woofer pada speaker maka frekuensi yang dihasilkan juga akan semakin rendah. Sehingga hasil suaranya terdengar lebih besar dan jelas.

Bagian woofer yang bagus ialah woofer yang memiliki medan magnet yang kuat dengan diameter coil yang lebih besar. Supaya suaranya terdengar lebih maksimal, pastikan speaker milikmu memiliki dua woofer di bagian atas.

Umumnya, produsen pembuat speaker memberikan keterangan mengenai tipe produknya. Ada beberapa tipe speaker yang dijual di pasaran, di antaranya tipe subwoofer, woofer, dan full range. Saat membeli speaker aktif biasa, sebaiknya pilihlah tipe speaker woofer.

  • Ganti Driver Amplifier dengan Ukuran Watt yang Lebih Besar

Cara membuat speaker biasa menjadi bass selanjutnya bisa dilakukan dengan mengganti bagian driver amplifier. Mengubah bagian driver amplifier menggunakan ukuran watt yang lebih besar akan membuat suara bass terdengar lebih maksimal.

Ini karena ukuran watt pada driver amplifier memiliki pengaruh yang kuat pada tingkat bass yang dikeluarkan. Jika kamu tidak ingin direpotkan dengan memasang kit bass booster atau merangkai kapasitor, sebaiknya gunakan cara ini.

Mengubah driver amplifier merupakan salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan suara bass yang lebih maksimal. Namun, kamu membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengganti driver amplifier ke ukuran watt yang lebih besar.

  • Ganti Tone Control dengan Settingan yang Lebih Detail

Cara mengubah speaker biasa menjadi bass yang terakhir, yaitu dengan mengganti settingan pada bagian tone control. Dengan mengganti settingan tone control, kamu bisa mendapatkan suara bass yang lebih bagus dan seimbang.

Cara ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif lain jika kamu tidak mau mengganti bagian driver amplifier. Seperti yang telah dijelaskan di atas, biaya yang dibutuhkan untuk mengganti driver amplifier cukup mahal.

Solusinya, kamu bisa mengubah settingan tone control lama dengan setingan baru yang lebih detail. Dengan menggunakan settingan tone control baru, kamu bisa mengatur suara speaker menjadi lebih balance dan enak didengar.

Jadi itulah tadi beberapa cara membuat speaker biasa menjadi bass yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan memilih cara yang tepat dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.