Cara Mengaktifkan 4G 4636 di HP Android

Posted on

Dalam dunia internet saat ini, koneksi 4G jadi sebuah keharusan. Itulah kenapa banyak orang berbondong-bondng mengubah koneksi 4G di SIMcard mereka. Dari berbagai cara yang bisa dilakukan, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan sebuah kode rahasia yaitu *#*#4636#*#*. Sayangnya, belakangan ini banyak orang menyatakan bahwa kode ini sudah tidak berfungsi lagi. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan 4G 4636? Apakah ada cara lain? Itulah yang akan kita bahas di sini.

Cara Mengaktifkan 4G dengan Kode *#673644#

Sebenarnya, ada kode lain yang bisa dipakai untuk mengaktifkan atau mengunci jaringan 4G pada smartphone. Langkah-langkah selengkapnya adalah di bawah ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Phone, yang biasa kalian gunakan untuk mengetik kode atau melakukan panggilan keluar.
  2. Setelah itu, langsung saja ketik *673644# maka kalian akan segera diarahkan ke menu selanjutnya. Jika tidak, maka tekan tombol Call.
  3. Kemudian, aka nada 2 pilihan yang muncul, yaitu Enable 4Gatau Disable4G. Untuk mengaktifkan jaringan 4G, di sini kalian harus memilih Enable4G.

Namun, kode ini tidak berfungsi pada beberapa smartphone seperti smartphone Huawei terbaru. Daripada penasaran, kalian bisa coba sendiri di HP kalian.

Cara Mengaktifkan 4G dengan Kode *#800#

Ada satu lagi kode lain sebagai alternatif kode 4636, yaitu *#800#. Namun perlu diingat, kode ini hanya diperuntukkan khusus pengguna smartphone merk Realme. Jadi, jika kalian menggunakan HP Samsung, Xiaomi, atau merk lainnya, maka tidak akan berfungsi. Caranya adalah dengan mengikuti Langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Phone pada ponsel kalian!
  2. Pada dial pad, ketik kode rahasia *#800#dan tunggu hingga menu dalam Developer Mode muncul otomatis dan bisa kalian akses.
  3. Setelah itu, pilih Network Selecting
  4. Setelah masuk Developer Mode, ada beberapa menu yang dapat dipilih. Carilah kategori Telephone & scroll ke bawah hingga menemukan menu Network Selecting, kemudian klik menu tersebut.
  5. Selanjutnya, kalian harus memilih jaringan yang akan diubah menjadi 4G. Pada Langkah ini, pilihlah salah satu jaringan SIM 1 / SIM 2.
  6. Kemudian, pilih Preferred Network Type!
  7. Terakhir, kalian akan ditampilkan pilihan jaringan yang bisa kalian gunakan. Di sini, pilihlah LTE only. Dengan begitu, jaringan koneksi pada HP kalian akan otomatis berubah menjadi 4G LTE.

Meski alternatif cara mengaktifkan 4G 4636 ini hanya untuk smartphone Realme, ternyata kode ini tidak bekerja pada Realme 5 Pro. Walaupun muncul Developer Mode, tapi tetap tak bisa digunakan seperti Langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas. Jadi, kalian bisa mencobanya pada Realme seri lain karena tak semua seri Realme mendukung kode ini.

Cara Mengaktifkan 4G dengan Aplikasi

Jika kode *#*#4636#*#* atau kode rahasia lain tidak bekerja untuk mengaktifkan & mengunci jaringan 4G di HP kalian, ada solusi yang masih bisa kalian coba yaitu dengan menggunakan aplikasi. Yang pasti, aplikasi ini dapat kalian download di Google Play Store secara gratis. Apa saja aplikasinya?

  1. 4G LTE Switcher

Aplikasi pertama yaitu 4G LTE Switcher. Aplikasi ini bisa membantu kalian mengubah ataupun memindahkan jaringan dari jaringan 3G ke jaringan 4G dengan sangat mudah. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Tentu saja, kalian harus mendownload apk-nya terlebih dahulu. Apk ini tersedia di Play Store dan bisa diunduh secara gratis oleh siapapun.
  • Setelah itu, install apk 4G LTE Switcher di HP kalian.
  • Kemudian, buka aplikasinya!
  • Begitu aplikasi terbuka, kalian akan langsung masuk ke informasi telepon untuk memilih 4G atau LTEOnly. Sayangnya, jika kalian coba di android 10, apk ini tidak compatible. Jadi, apk ini cocok untuk android lawas.
  1. MTK Engineering

Satu lagi aplikasi yang bisa dipakai untuk masuk ke dalam Developer Menu. Jadi, jika kode 4636 tidak berfungsi, aplikasi ini bisa dicoba. Ikuti Langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama, download, install, dan kemudian buka aplikasi MTK Engineering.
  • Setelah masuk ke aplikasi, klik Dari sini, kalian akan dialihkan untuk mengetik *#*#4636#*#* lagi.

Sayangnya, lagi-lagi cara ini tidak berkerja pada android 10 dan hanya bisa dipakai di android lawas saja.

Cara Mengaktifkan 4G 4636 di Xiaomi

Kode 4636 ternyata berfungsi di HP Xiaomi untuk mengubah koneksi jaringan ke 4G. Ini dia caranya:

  1. Buka aplikasi Phone! Setelah itu, tekan kode dial *#*#4636#*#*!
  2. Setelah muncul menu, pilih opsi Phone Information 1 / Phone Information2. Pilih sesuai SIMcard yang ingin kalian ubah jaringannya ke 4G.
  3. Terakhir, pada bagian Set Preferred Network Type, silahkan pilih LTE Only agar koneksimu terkunci pada jaringan 4G LTE.

Itulah cara mengaktifkan 4G 4636 pada smartphone Xiaomi. Sekarang, kalian sudah menggunakan jaringan khusus 4G LTE di ponsel kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published.