Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi

Cara membuat wallpaper video bisa kalian lakukan secara mudah. Baik pengguna ponsel xiaomi, vivo, oppo, samsung atau bahkan iphone bisa melakukanya. Kita bisa melakukanya baik menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau bahkan tanpa aplikasi.

Smartphone di era saat ini rasanya sudah menjadi kebutuhan pokok. Banyak aktivitas sehari hari yang tak lepas dari ponsel, apalagi di masa pandemi saat ini. Tak sekedar untuk berkomunikasi namun juga digunakan untuk  rapat online, belajar, atau sekedar mencari hiburan melalui sosmed, tiktok, youtube dan lain sebagainya.

cara membuat video wallpaper di android tanpa aplikasi
cara membuat video wallpaper di android tanpa aplikasi

Maka dari itu agar tampilan ponsel selalu menarik, banyak hal yang biasa dilakukan pengguna. Seperti mengganti tema atau mengganti wallpaper. Penggunaan wallpaper ini cukup menarik karena seiring berkembangnya teknologi kita bisa membuat wallpaper bergerak. Mulai dari menggunakan format Gif atau bahkan video dari tiktok.

Kelebihan Dan Kekurangan Wallpaper Video Di HP

Penggunaan wallpaper bergerak di hp ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berbicara soal kelebihan, tentu saja dari segi tampilan jadi makin keren. Kamu bisa menggunakan video video animasi yang menampilkan efek 3 dimensi.

Selain video animasi, kalian juga bisa memasang video dari momen momen berkesan seperti saat bersama pacar ataupun keluarga. Dengan tampilan yang lebih menarik, tentu saja membuatmu nggak cepat jenuh atau bosan. Atau bahkan bisa menjadi movitasi untuk melakukan aktivitas.

Namun tentu saja kamu juga harus memperhitungkan kekuranganya. Penggunaan wallpaper video tentunya bakal memakan lebih banyak penggunaan baterai. Jadi kalau bateraimu berkapasitas kecil, pikirkan lagi deh untuk memasangnya. Selain itu juga akan meningkatkan kinerja RAM dan CPU. Jika hp kalian termasuk hp kentang, justru bakalan tambah lemot dan cepat panas.

Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi Di HP Android

Beberapa hp android seperti xiaomi, oppo, vivo maupun samsung sebenarnya telah dibekali fitur membuat video menjadi wallpaper langsung dari galeri hp. Jadi kalian bisa langsung membuat live wallpaper tanpa aplikasi. Namun memang tidak semua hp memiliki fitur ini. Adapun langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka galeri hp kalian
  2. Pilih salah satu video yang ingin dijadikan wallpaper

    pilih video
    pilih video
  3. klik titik tiga di pojok kanan bawah
  4. Pilih setel wallpaper video

    cara membuat video jadi wallpaper
    cara membuat video jadi wallpaper
  5. Nanti akan ada preview dari video kamu, lalu pilih terapkan.
  6. Kemudian pilih Setel sebagai layar utama
  7. Selesai, kalian bisa melihat tampilanya di halaman utama ponsel.

Sementara itu jika hp kalian belum support fitur diatas, maka solusinya adalah dengan download aplikasi live wallpaper dari google playstore. Salah satunya adalah aplikasi bernama video live wallpaper. Caranya cukup simpel dan mudah.

  1. Jika sudah berhasil terinstal, buka aplikasinya
  2. Pilih choose video, lalu berikan izin aplikasi untuk membuka media dari ponsel kalian.
  3. Silahkan pilih video yang kalian inginkan
  4. tab ikon di pojok kanan atas,
  5. Setelah itu tab setel wallpaper di kanan atas.
  6. Selesai

Cara Membuat Wallpaper Bergerak Di Iphone Tanpa Aplikasi

Cara ini hanya bisa digunakan pada iphone seri 6S keatas, untuk seri dibawahnya kemungkinan besar belum bsia. Pastikan juga sudah update ke iOS 13 atau 14. Berikut langkah langkahnya:

  1. Buka pengaturan
  2. pilih wallpaper
  3. choose a new wallpaper
  4. Scroll kebawah dan pilih live photo
  5. Pastikan live photo pada posisi on (aktif). Pilih media yang ingin kamu gunakan.
  6. Terakhir pilih set dan tentukan atur sebagai layar kunci atau set both ataupun keduanya.

Tips Membuat Wallpaper Video Dari Tiktok

Tiktok memang menjadi platform video pendek yang populer di Indonesia. ada banyak konten video pendek yang bisa kalian temukan. Menariknya, tiktok menyediakan fitur download, share as GIF hingga live photo untuk video video yang ada. Fitur live photo memungkinkan kamu bisa membuat wallpaper bergerak dari video tiktok. Berikut langkah langkahnya:

  1. Buka aplikasi tiktok
  2. temukan video yang ingin kamu jadikan live photo
  3. Tab ikon share (panah melengkung)

    cara membuat video jadi wallpaper
    cara membuat video jadi wallpaper
  4. Scroll ke kanan lalu pilih live photo

    live photo tiktok
    live photo tiktok
  5. Instal tiktok plugin untuk membuat live photo

    cara membuat wallpaper dari video tiktok
    cara membuat wallpaper dari video tiktok
  6. Lakukan instruksi yang ada
  7. Selesai

Akhir Kata

Nah demikian tadilah cara membuat video menjadi wallpaper di hp android maupun iphone. Kini tampilan hpmupun jadi makin keren. Namun harus diingat konsekuensinya  menggunakan live wallpaper akan memakan daya dan kinerja ponsel yang lebih. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *