Cara Buka Tiktok Shop Indonesia

Cara Buka Tiktok Shop – Siapa sih yang gak kenal dengan aplikasi tiktok? dari anak anak hingga orang dewasa kini sudah tidak asing dengan aplikasi buatan bytedance tersebut. Hadir sejak 2016 silam, kini tiktok telah menjelma menjadi platform berbagi video pendek terpopuler di dunia. Inovasipun banyak dilakukan salah satunya adalah dengan menghadirkan tiktok shop seller yang belum lama ini diluncurkan.

Selama kurang lebih 5 tahun, tiktok telah banyak menghibur penggunanya. Bahkan pada tahun 2020 lalu, mencapai 60 juta pengguna dari Indonesia. Meski sempat diblokir karena penyalahgunaan untuk hal negatif, kini tiktok telah kembali dengan banyak fitur dan inovasi terbarukan.

cara buka tiktok shop indonesia
cara buka tiktok shop indonesia

Di tahun 2021 ini tiktok mendapat kompetitor baru yakni reels instagram. Namun rupanya bytedance tak tinggal diam dengan melakukan ekspansi ke ranah social commerce. Kini tak hanya sekedar menonton konten video saja, pengguna bisa daftar tiktok shop ataupun membei barang di toko tiktok.

Fitur baru tersebut memungkinkan kita untuk membeli barang tanpa harus beralih ke aplikasi lain. Kita cukup membuka akun yang sudah mendapatkan akses menjadi tiktok shop seller. Setelah itu tinggal memilih barang yang mau dibeli dan kemudian melakukan transaksi. Proses transaksi juga cukup mudah baik melalui transfer bank ataupun via minimarket seperti indomaret.

Cara Buka Tiktok Shop

Kini sejumlah platform ecommerce kenamaanpun sudah ikut bergabung untuk memasarkan produknya. Diantaranya ada tokopedia, JD.ID, Anker, Infinix, hingga Xiaomi Indonesia. Lantas apakah setiap akun bisa daftar tiktok shop dan berjualan disana?

Melansir laman resmi tiktok, fitur ini dimaksudkan untuk membangun linkungan belanja yang positif. Menghadirkan pengalaman belanja yang aman bagi pelanggan. Semua seller atau penjual yang mau membuka tiktok shop harus mematuhi pedoman yang disediakan.

Nah, untuk daftar tiktok shop indonesia calon penjual harus menyediakan dokumen untuk pendaftaran. Calon penjual harus memberikan informasi akurat mengenai nama resmi, nomor telepon, alamat dan juga email. Setelah memberikan informasi tersebut, nantinya akan ditinjau apakah lolos atau tidak. Jika tidak lolos akan ada notifikasi toko tiktok belum tersedia untuk akun anda.

Sebenarnya ada dua cara untuk jualan di tiktok. Pertama dengan jualan produk sendiri dan mempromosikanya. Atau yang kedua melalui tiktok shop affiliate yang nantinya mengundang kreator tiktok untuk menjual produk kamu dengan komisi tertentu.  Selengkapnya, kamu bisa cek laman tiktok shop seller university.

Fitur Tiktok Shop

Setelah punya akun tiktok shop, kamu bisa mulai membuat konten untuk menambah engagement. Buatlah video menarik agar kontenmu masuk fyp. Kamu bisa memanfaatkan efek tiktok viral yang pernah kami ulas sebelumnya. Dengan demikian produk produk yang kamu jualpun bisa menarik calon pembeli. Adapun fitur fitur yang tersedia antara lain:

Training Session

Tiktok bekerjasama dengan shopify untuk membuat portal training (seller university). Dengan portal edukasi tersebut, kamupun bisa belajar cara berjualan di tiktok yang efektif. Selain itu juga terdapat informasi setiap ada pembaruan terbaru.

Produk Anchor

Bagi kamu yang memiliki akun pribadi, bisa membuat video pendek sembari jualan lho. Caranya adalah dengan menambahkan produk anchor yang bisa diklik oleh calon pembeli. Nantinya setelah di klik akan diarahkan ke page yang berisi diskripsi produk.

Jualan Produk Di Profil Page

Produk yang kamu jual juga akan muncul di halaman profil tab kedua. Dengan demikian penonton yang mengunjungi profilmu juga akan langsung melihat produkmu.

Tiktok Shop Affiliate

Ini adalah fitur yang memudahkanmu untuk berkolaborasi dengan influencer tiktok. Caranya adalah dengan uploud produk ke seller center dan tambahkan diskripsi lengkap tentang produkmu. Ini tentu bisa jadi strategi untuk promosi lebih cepat.

Cara Berbelanja Di Tiktok Shop

Sementara itu jika kamu ingin membeli barang di tiktok shop, caranya juga cukup mudah. Berikut tutorial selengkapnya:

  1. Buka aplikasi tiktok, lalu tab menu discover
  2. Silahkan gunakan kolom pencarian untuk mencari toko yang dimaksud.
  3. Setelah itu buka profilnya
  4. tab menu shop yakni ikon tas belanja

    cara beli barang di tiktok shop
    cara beli barang di tiktok shop
  5. Kamu bisa menemukan barang disana
  6. Klik buy now untuk membelinya

    cara belanja di tiktok shop
    cara belanja di tiktok shop
  7. Isi alamat pengiriman pada kolom shipping address
  8. pilih payment method dan tentukan metode pembayaran. Mulai dari menggunakan gopay, bank transfer, dana, indomaret dan juga alfamart.
  9. Ketuk tombol place order, lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih.

Menariknya selama masa promosi, konsumen bisa mendapatkan opsi free shipping alias gratis ongkir

Akhir Kata

Terima kasih telah membaca ulasan mengenai cara buka tiktok shop. Dengan layanan tersebut, tiktok tak hanya sekedar sarana hiburan tapi juga bisa jadi alternatif untuk mencari cuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *