Cara Hapus Cache Instagram di iPhone dengan Cepat

Posted on

Cara hapus cache Instagram di iPhone bisa dilakukan dengan beberapa cara. Ini harus dilakukan secara rutin agar data-data yang ada pada iPhone bisa dibersihkan dan tidak akan membebani memori internal dari ponsel.

Cara Hapus Cache Instagram di iPhone

Cara hapus cache pada beberapa aplikasi termasuk Instagram harus dilakukan secara rutin. Jika tidak akan ada masalah pada ponsel seperti memori yang menjadi sangat penuh. Simak tips instagram dari kami untuk cara hapus cache Instagram di iPhone berikut ini.

1.     Reinstall Aplikasi

Reinstall Aplikasi

Cara hapus cache IG di iPhone yang pertama adalah dengan melakukan reinstall. Ini dilakukan dengan menghapus terlebih dahulu aplikasi Instagram lalu memasangnya kembali.

Tahap ini mungkin terlihat cukup merepotkan tetapi justru yang paling sederhana. Saat aplikasi terhapus maka seluruh data yang tersimpan akan hilang. Selanjutnya ketika dipasang lagi maka storage yang dimiliki oleh aplikasi akan kecil.

Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukannya.

  • Masuk ke Settings
  • Ketuk General
  • Pilih iPhone Storage
  • Cari Instagram
  • Setelah masuk ke dalamnya bisa memilih delete apps.

Setelah proses ini dilakukan bisa membuka lagi App Store. Cari Instagram lalu lakukan pemasangan dan instalasi seperti biasa.

2.     Clear Data Safari

Clear Data Safari

Selain dengan menghapus lalu memasangnya kembali ternyata ada alternatif lain yang bisa dilakukan. Kamu bisa menggunakan penghapusan data pada browser Safari. Ikuti cara hapus cache Instagram di iPhone langkah di bawah ini.

  • Buka Settings
  • Gulir ke bawah dan temukan Safari
  • Cari pilihan Clear History and Website Data
  • Lakukan konfirmasi hingga terhapus

Manfaat Hapus Cache Instagram

Terdapat beberapa manfaat kenapa penghapusan cache harus dilakukan secara rutin pada aplikasi Instagram atau aplikasi lainnya.

1.     Mengurangi Memori yang Berlebihan

Mengurangi Memori yang Berlebihan

Makan pertama yang akan didapatkan dari penghapusan cache pada Instagram adalah bisa mengurangi memori yang berlebihan. Memori yang berlebihan ini sangat mengganggu ketika menggunakan ponsel iPhone.

Seperti yang kita ketahui bersama jika ponsel iPhone tidak akan menggunakan memori eksternal. Apabila saat digunakan memorinya penuh mau tidak mau harus melakukan proses penghapusan atau melakukan proses backup.

Instagram adalah salah satu aplikasi yang cukup sering digunakan dan biasanya akan menyimpan banyak sekali data berupa gambar. Jadi penghapusan cache ini harus benar-benar dilakukan untuk menghindari data yang terlalu overload.

2.     Mencegah HP Jadi Lemot

Disadari atau tidak salah satu hal yang bisa menyebabkan HP menjadi lemot adalah memori internal yang terlalu penuh. Selain itu juga bisa RAM yang bekerja terlalu keras sehingga tidak ada ruang lain untuk menjalankan aplikasi.

Saat Instagram memiliki data yang sangat banyak akan menyebabkan ponsel menjadi lemot dengan sendirinya. Bahkan saat aplikasi ini dinyalakan atau dibuka maka aplikasi yang lain tidak akan bisa digunakan lagi.

Dengan melakukan proses penghapusan ataupun pembersihan dari cache ini maka HP yang awalnya lemot akan bisa berjalan lagi. Itulah kenapa proses ini dianjurkan dilakukan secara rutin paling tidak setiap 1 bulan sekali.

3.     Aplikasi Instagram Jadi Lebih Lancar

Aplikasi Instagram yang memiliki data terlalu banyak biasanya akan memiliki loading yang lebih ini sangat wajar karena harus membuka banyak sekali data dalam satu kali waktu sehingga kemungkinan besar akan berat.

Ketika dilakukan proses penghapusan maka data-data yang ada pada iPhone akan habis sehingga memori internalnya menjadi lebih besar. Ini akan berpengaruh secara langsung ketika menggunakan Instagram.

Itulah kenapa ketika proses penghapusan ini dilakukan Instagram akan berjalan dengan lebih lancar. Kamu tidak perlu menunggu terlalu lama untuk membuat Instagram udah loading ataupun menampilkan beberapa data lainnya.

4.     Menghapus Data Tidak Penting

Mencegah iPhone Jadi Lemot

Dengan melakukan penghapusan ini maka beberapa data yang tidak penting akan langsung dihapuskan. Kata-kata yang tidak penting ini terdiri dari data pencarian atau browsing yang jumlahnya banyak.

Saat kita melakukan scrolling dari atas ke bawah data-data secara tidak langsung akan terunduh dan tersimpan. Apabila tidak dihapuskan maka data-data ini akan terus berada di sana sehingga membebani memori internal.

Penghapusan data tidak penting ini tidak hanya berlaku untuk pengguna Instagram saja. Mereka yang menggunakan aplikasi lainnya juga harus menerapkan ini agar data-data tidak perlu bisa segera dihapus.

5.     Cocok untuk Login di Akun Lain

Dengan menggunakan cara ini kamu bisa melakukan login ke akun Instagram yang lain dengan lebih mudah. Biasanya kalau ada cache dari Instagram lama kemungkinan besar akan sulit untuk melakukan login.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus secara setelah itu kamu bisa melakukan login ke aku yang lain dengan lebih mudah tanpa ada gangguan dari cache akun yang lama.

Tips Hapus Cache Instagram

Tips Hapus Cache Instagram

Perhatikan beberapa tips yang akan dibahas di bawah ini apabila memutuskan untuk menghapus cache Instagram atau aplikasi lainnya.

1.     Pastikan Hafal User dan Password

Pastikan untuk menghafal user dan juga password dari Instagram terlebih dahulu apabila kamu memutuskan untuk menghapus aplikasi. Jadi ketika melakukan login lagi tidak akan mengalami kesulitan karena bisa langsung memasukkan.

Cara ini tidak perlu dilakukan lagi apabila kamu melakukan login dengan metode yang lainnya. Bisa login dengan menggunakan akun Facebook sehingga hanya perlu melakukan autentikasi secara langsung.

2.     Sudah Ada Backup Data

Beberapa cache mungkin tidak dibutuhkan lagi tetapi ada juga yang dibutuhkan. Alternatif untuk tetap menyimpan beberapa data yang dianggap penting adalah dengan melakukan proses backup data terlebih dahulu.

Proses backup ini bisa dilakukan dengan cara langsung seperti dengan memanfaatkan iCloud atau bisa juga dengan iTune. Jadi data-data tidak akan terhapus semuanya.

3.     Lakukan secara Berkala

Lakukan secara berkala untuk menghilangkan berbagai jenis data yang tidak penting dan membuat ponsel menjadi lebih cepat. Normalnya proses penghapusan ini dilakukan paling tidak setiap satu bulan sekali.

Dengan melakukan proses penghapusan setiap satu bulan sekali ini. Kamu bisa menjaga ponsel iPhone yang digunakan agar memorinya tetap terjaga dan masih bisa berfungsi dengan baik.

4.     Cek Storage secara Rutin

Apabila kamu tidak bisa melakukan proses penghapusan setiap satu bulan sekali. Disarankan untuk melakukan proses pengecekan pada storage khususnya di aplikasi Instagram ini.

Apabila dalam pengecekan memori yang ada di sana ternyata sudah sangat besar, penghapusan harus dilakukan saat itu juga. Sebaliknya jika memorinya masih kecil dan tidak terlalu banyak bisa diabaikan.

5.     Lakukan Saat HP Mulai Lemot

Tanpa harus melakukan proses pengecekan storage coba lakukan proses penghapusan secara rutin apabila ponsel menjadi sangat lemot. Masakan ponsel sudah bermasalah ketika digunakan bisa langsung melakukan proses penghapusan.

Jadi disarankan untuk melakukan proses penghapusan secara rutin. Apabila kondisinya sudah seperti ini mungkin bisa kurang dari satu bulan sekali.

Cara hapus cache Instagram di iPhone harus dilakukan dengan tepat. Jika tidak data yang ada pada iPhone akan penuh sehingga beberapa fungsi dari aplikasi tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Jadi ikuti langkah di atas agar prosesnya berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.