5+ Cara Ganti Router Indihome Gratis untuk Router Bawaan 2022!!

Posted on

Apakah kamu pengguna Indihome yang merupakan salah satu produk yang dikembangkan oleh PT. Telkom? Jika ya, kamu mungkin pernah mengalami router yang bermasalah. Untuk itu kamu perlu mengetahui cara ganti router Indihome, jadi ilahkan simak cara-cara di bawah ini, ya!

Cara Ganti Router Indihome

Cara Ganti Router Indihome Gratis untuk Router

  • Email

Melalui email customercare@telkom.co.id, kamu dapat berkirim pesan elektronik langsung untuk menyampaikan keluhanmu. Biasanya melalui email akan mendapat respon yang cepat dan semua history keluhanmu tersimpan di email.

Hal ini sangatlah penting, guna untuk memastikan bahwa semua pekerjaan perbaikan dilakukan sesuai dengan prosedur Indihome. Dengan begitu, proses dan cara ganti router Indihome berjalan lebih maksimal dan tepat waktu.

  • Twitter

Pastikan kamu menghubungi official akun twitter dari Indihome, yaitu yang bertanda centang @TelkomCare atau @IndihomeCare. Sampaikan keluh kesahmu melalui Direct Message (DM). Sampaikan keluhanmu dengan detail dan jelas sampai menemukan solusi yang terbaik.

  • Facebook

Tidak berbeda jauh dengan Twitter, di Facebook kamu juga harus menghubungi ke akun resmi @IndihomeCare yang bertanda centang biru. Untuk mendapatkan fast respon, ada baiknya kamu menghubungi langsung melalui Private Message (PM) bukan melalui kolom komentar.

Dalam pesan yang kamu kirimkan, silahkan mencantumkan ID Pelanggan, No HP, nama, dan keluhanmu dengan jelas dan detail. Ingat ya, ini penting dalam langkah sekaligus cara ganti router Indihome.

  • Call Center 147

Sebelum melakukan panggilan pastikan kamu memiliki pulsa lebih agar bisa menghubungi langsung call center tanpa ada panggilan terputus. Jelaskan dengan jelas, detail dan tidak bertele-tele tentang keluhanmu.

Sampaikan juga ID pelanggan dan data diri untuk verifikasi bahwa kamu memang pengguna Indihome. Karena inilah proses penting dari cara ganti router Indihome, ya! Jangan sampai kamu lupa atau menghilangkan ID pelanggan.

  • Datang ke Gerai Telkom Terdekat

Jika melalui media sosial atau call center kamu merasa belum puas untuk mendapatkan jawaban dan solusi dari keluhanmu, tidak ada salahnya untuk datang ke gerai Telkom terdekat.

Bahkan datang ke gerai langsung membuatmu tidak perlu berlama-lama menunggu teknisi datang ke lokasimu karena kamu sudah membawa router yang rusak. Jangan lupa untuk membawa ID pelanggan dan kartu identitas untuk syarat administrasi keluhanmu.

Sebelum menggunakan cara ini, pastikan juga kalau kamu memang bisa memasang sendiri perangkat tersebut. Tujuannya agar prosesnya dapat berjalan lancar atau jika kamu sedang dalam keadaan terdesak dan membutuhkan penggunaan jaringan internet dari router Indihome.

Penyebab Kerusakan Router Indihome

Penyebab Kerusakan Router Indihome

  • Router Pernah Jatuh

Tanpa disadari, kebanyakan lokasi penempatan router indihome masih kurang tepat, seperti di dinding entah dengan perekat atau penyangga. Ternyata hal ini bisa jadi permasalahan jika router terjatuh dari ketinggian atau terkena benturan akan menyebabkan kerusakan.

  • Ada Masalah di Sumber Listrik

Sebagai saran, sebaiknya gunakan stop kontak khusus untuk router Indihome. Karena untuk beberapa pengguna ada yang menggunakan stop kontak untuk beberapa alat elektronik lain sehingga bercampur dengan kebutuhan listrik penggunaan router.

Penggunaan yang dilakukan secara bersamaan ini dapat menyebabkan beban listrik yang digunakan menjadi berlebihan dan semakin berat.

  • Peletakan Lokasi yang Tidak Tepat

Agar penggunaan dan koneksi internet dari router semakin lancar dan stabil, maka sebaiknya kamu meletakkannya di tempat yang tepat dan strategis. Sebab dari permasalahan yang sering terjadi, seperti rembesan air hujan, kebocoran, terjatuh, digigit tikus, atau panas.

Karena tidak ada sirkulasi udara yang cukup bisa menyebabkan kerusakan pada router yang kamu gunakan. Dengan lokasi yang tepat, tidak hanya mencegah kerusakan, lebih dari itu akan membantu melancarkan koneksi internet yang kamu gunakan.

  • Tegangan Listrik Kurang Stabil

Di area tempat tinggalmu, mungkin saja mengalami tegangan listrik yang kurang stabil. Misalnya sering ditandai dengan mati lampu secara tidak diduga atau listrik yang meredup tiba-tiba. Tak perlu heran dan kaget jika router Indihome menjadi lebih mudah rusak.

Solusi yang dapat diberikan oleh Indihome salah satunya adalah menggunakan stabilizer agar dapat digunakan kembali.

  • Update Youtube di STB Indihome TV

Ternyata router dan WiFi indihome memang tidak digunakan untuk mencegah kerusakan, khususnya untuk aplikasi Youtube Indihome TV. Solusinya adalah:

  • Buka atau open Usee Store
  • YouTube lama diuninstall
  • Instal YouTube baru
  • Pilih SignOut version, setelah membuka YouTube
  • Jika masih ada kendala, lakukan restart ulang router Indihomemu
  • Lalu restart STB untuk merefresh jaringan

Jika masih belum bisa, kemungkinan STB tidak kompatibel dengan update YouTube terbaru. Jadi, kamu harus menggantinya dengan STB baru. Caranya, kamu hanya perlu menghubungi call center Indihome.

Ternyata cara ganti Router Indihome cukup mudah karena kamu hanya perlu menghubungi ke admin atau layanan pengaduan. Akan tetapi sebaiknya dengan memerhatikan penyebab kerusakan, mungkin kamu dapat mencegah kerusakan tersebut. Namun jika sudah terjadi kerusakan, maka segera atasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.