Cara Cek Serial Number Laptop Mudah Tanpa Ribet

Posted on

Serial number pada laptop memang terdengar kurang penting namun pada kondisi tertentu kadang kita memang membutuhkan serial number pada laptop. Hal itu disebabkan karena pada setiap laptop memiliki serial number yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek serial number laptop. Ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan ketika mengetahui serial number khususnya saat mendownload suatu driver yang membtuuhkann serial number, memperbaiki authorizes services, mengecek keaslian produk, dan lain sebagainya.

Nomor seri atau serial number pada laptop ini sendiri sebenarnya memiliki fungsi sebagai kode perangkat sehingga akan membedakan identitas dengan varian lainnya. Tentu bagian ini akan sangat penting jika laptop pengguna tertukar atau hilang oleh orang lain.

Selain itu, bagi pembeli laptop seial number juga diperlukan untuk melihat keaslian laptop dengan kemasan kardus. Dengan mengetahui serial number, para pengguna juga akan mengetahui dan bisa mencari aksesoris tambahan pada laptop dalam kondisi rusak.

Perlu anda ketahui bahwa biasanya serial number pada laptop terdiri dari 22 karakter gabungan huruf dan angka. Dengan kata lain, serial number ini merupakan kode atau id identitas yang dimiliki oleh setiap perangkat untuk membedakan perangkat satu dengan lainnya.

Dengan demikian, anda akan mendapatkan banyak manfaat ketika mengetahui serial number ini. Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mengecek serial number dan anda bisa memilih salah satunya.

1# Cara Cek Serial Number laptop dengan Command Prompt (CMD)

Untuk cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek serial number adalah dengan Command Prompt (CMD). Aplikasi desktop yang dikenal dengan command line (baris perintah) ini bisa mengoperasikan semua perintah berbasis DOS yang diketikkan.

Dengan begitu, perintah atau kode untuk bisaa mengetahui serial number pada laptop bisa sangat mudah dilakukan dengan cara ini. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:

  1. Buka layar CMD anda dengan klik search pada taskbar windows anda kemudian ketik command prompt atau CMD.
  2. pilih command prompt (CMD) dan setelah dibuka maka ketiklah perintah wmic bios get serialnumber lalu tekan enter pada keyboard anda.
  3. Setelah itu, pada bawah akan tampil serial number dari laptop anda.

2# Cara cek serial number laptop dengan Powershell

Cara cek serial number laptop lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Powershell. Hal ini hampir sama dengan cara sebelumnya yang mana pada cara ini juga menggunakan baris perintah atau command line dengan menggunakan aplikasi desktop powershell.

Meskipun keduanya mirip, akan tetapi pada powershell memiliki fungsi yang lebih kompleks dan bisa melakukan tugas yang lebih rumit dibandingkan dengan command prompt. Oleh karena itu, jika anda ingin mengetahui serial number dengan cara powershell ini maka anda perlu sebuah baris perintah atau kode. Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan.

  1. Buka powershell windows anda dengan cara klik search pada taskbar windows anda. Kemudian ketik powershell lalu silahkan pilih windows powershell.
  2. Setelah powershell terbuka, maka anda bisa membuka perintah dengan ketik gwmi win32_bios dan enter.
  3. Detail Serial Number akan muncul di layar anda.

 3# Cara Cek Serial Number Laptop dengan melihat bagian bawah laptop

Adapun cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melihat pada bagian bawah laptop. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah dan bisa dibilang yang paling mudah karena anda tidak perlu memberikan perintah pada laptop anda. Anda hanya perlu melihat bagian bawah laptop anda.

Namun, perlu anda ketahui juga bahwa cara ini tidak bisa dilakukan jika stiker putih sudah terlepas dari laptop anda. Jika masih ada, maka anda hanya perlu melihat pada bagian belakang laptop lalu cari bagian yang memiliki stiker putih maka akan tampak serial number anda.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek serial number laptop yang bisa anda lakukan untuk mengecek serial number pada laptop anda. Bagaimana cukup mudah bukan? Ada baiknya pula jika anda sudah mengetahui serial number anda maka penting untuk mencatat serial number laptop tersebut di notes.

Hal ini penting untuk meminimalisir agar suatu ketika cara diatas tidak bisa atau tidak memungkinkan untuk dilakukan seperti laptop mati dan stiker sudah lepas dari laptop maka anda masih memiliki salinan serial number pada notes anda.

Serial number ini sendiri hanya bersifat nomor seri laptop sesuai merek sehingga tidak terlalu detail. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memastikan kembali setiap digit serial number laptop agar tidak salah saat mencari aksesoris tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *