Cara Bermain Real Flight Simulator, Langsung Mahir

Bermain Real Flight Simulator memanglah epic! Yups gim yang tersedia di platform android ini menawarkan pengalaman menjadi seorang pilot. Kehadiranya tentu saja sangat dinantikan oleh para pecinta permainan simulasi penerbangan. Disini kamu harus belajar cara menerbangkan pesawat atau take off dan juga cara landing yang benar. Tenang saja, pdscustom akan memberikan tips tipsnya sehingga kamu bisa bermain dengan lancar

Real Flight Simulator Indonesia sedang hype banget beberapa bulan terakhir ini dikalangan pecinta simulator. Salah satu game simulasi pesawat android terbaik ini dikembangkan oleh RORTOS. Namanya memang gak asing karena sebelumnya telah mengeluarkan game simulasi penerbangan seperti extreme landings pro, Airline Command, F18 Carrier Landing dan lain sebagainya. Di game terbarunya ini, sepertinya Rortos bermaksud untuk menantang Infinite Flight yang dikenal sebagai rajanya Game Flight Simulator Android.

Namanya game simulator, pastinya semua didesain agar mirip dengan aslinya. Begitu juga dengan game RFS ini, kamu bakal menjumpai fitur fitur yang mirip dengan pesawat asli. Didalam game juga terdapat banyak jenis pesawat yang bisa kalian pilih untuk dimainkan. Maka dari itu mempelajari cara take off dan cara landing RFS real flight simulator menjadi hal yang utama ketika mau memainkan gim tersebut. Bagi kamu para pemula silahkan simak tutorial real flight simulator dibawah.

Download Real Flight Simulator Indonesia Versi Terbaru

Perlu di ketahui jika game RFS ini bukan game gratis ya gaes. Tapi tenang saja harganya cukup murah yakni hanya $0.99 atau sekitar Rp 14.000,- saja. Hanya seharga pecel lele wkwk, jadi sangatlah worth it apalagi dengan fitur fitur yang sangat menjajikan. Itung itung juga buat mendukung sang developer agar gamenya bisa terus dikembangkan menjadi lebih baik lagi. silahkan bisa diunduh dulu melalui link: download

Begitu kamu buka game, mungkin kamu bertanya tanya kenapa masih ada menu dengan tulisan β€œpro” lagi. Wah harus bayar lagi dong, padahal sudah bayar diawal. Jadi gini gaes, untuk beberapa fitur lain terutama yang berkaitan dengan multiplayer online kita harus subscribe alias harus berlangganan ke versi pro. Harganya memang sedikit mehong yakni 55k untuk berlangganan RFS Pro 1 bulan, 269K untuk berlangganan 6 bulan dan 409K untuk berlangganan satu tahun.

Namun demikian, menggunakan RFS versi gratis (tanpa subscribe) sebenarnya juga sudah cukup seru. DI awal kita akan dikasih 3 pesawat yakni Airbus A320, CRJ 900 dan Saab 340. Dengan ketiga pesawat tersebut kalian sudah bisa coba coba dan merasakan sensasinya untuk kemudian memutuskan mau menggunakan versi pro atau tidak. Disini kalian juga bisa memasang livery real flight simulator dari yang versi original hingga livery livery buatan para modder game tersebut. Asik!

Cara Bermain Real Flight Simulator

Dalam mengontrol pergerakan pesawat, kalian bisa memilih menggunakan accelerometer ataupun virtual Joysctick. Kamupun bakalan takjup ketika masuk ke bagian kokpit pesawat. Semua interiornya berfungsi seperti layaknya pesawat beneran bukan sekedar untuk pemanis. Meteran dan pedal akan bergerak sesuai dengan input yang kita berikan. RORTOS sepertinya memang totalitas banget untuk membuat game ini, sehingga mereka berani meberikan nama Real Flight Simulator. Sejauh ini memang terlihat begitu real sih. Bahkan ketika pesawat terkena paparan sinar matahari, ada efek cahaya yang masuk ke bagian kokpit.

Selain terbang dalam cuaca yang cerah, para pemain juga bisa memilih beberapa cuaca lainya seperti gerimis, bahkan hingga bersalju. Jika kamu mau mencoba tantangan, ada juga ilustrasi jika terjadi turbulensi, beberapa instrumen yang tak berfungsi hingga mesin rusak.

Kemudian untuk rutenya, kamu bisa memilih beberapa free flight yang tersedia. Selain itu kita bisa juga bisa membuat flight plan sendiri. Misalnya kamu mau buat penerbangan Jakarta – Bali, Kuala Lumpur – Bangkok dan lain sebagainya. Adapun untuk teknis cara main RFS adalah sebagai berikut:

Cara Menerbangkan Pesawat RFS

Sebelum terbang, silahkan masuk ke pengaturan lalu ketuk kontrol. Nah pada jenis input gunakan josystick virtual, ini akan lebih mudah digunakan untuk para pemula. Tapi semua kembali ke selera dan pilihan masing masing. Berikut langkah langkah selanjutnya yang bisa kamu ikuti

  1. Ketuk Terbang Sekarang
  2. Selanjutnya kita bisa memilih pesawat, silahkan gunakan pesawat dan liverynya sesuai selera.
  3. Jika sudah maka selanjutnya kamu bisa memilih rute penerbangan. DIsini kalian juga bisa bebas memilih terbang dari bandara dengan tujuan kemanampun. Silahkan ketuk bandara pertama dan ketuk gate lalu ketuk bandara selanjutnya.
  4. Ketuk mulai penerbangan.
  5. Ketuk untuk kalibrasi
  6. Set kamera dengan mengetuk ikon kamera di bagian bawah. Ketuk sampai badan pesawat terlihat utuh

    cara main rfs real flight simulator
    cara main rfs real flight simulator
  7. Ketuk aircraft system, nyalakan APU, ICE,Seat Belts Dan no Smoking
  8. Ketuk Ground System, tahan dan arahkan ke Load (L)
  9. Isilah jumlah penumpang, cargo dan bahan bakar. Bisa contoh gambar berikut

    cara menerbangkan pesawat RFS
    cara menerbangkan pesawat RFS
  10. Masih di Ground System, silahkan buka system (S) lalu ketuk pushback sehingga pesawat akan dimundurkan oleh mobil pendorong.
  11. Selama pesawat dimundurkan silahkan nyalakan mesin 2 di menu aircraft system di bagian engine
  12. Setelah engine 2 menjadi hijau, silahkan lanjutkan dengan menyalakan engine 1.
  13. Belokan pesawat sesuai lintasan dengan menggeser tombol RUD. Jika sudah pas lalu ketuk kembali pushback di menu Ground System. Sehingga mobil akan hilang.
  14. Selanjutnya nyalakan Nav Light dan taxy light di Air Craft System
  15. Buka MAP di pojok kiri bawah lalu arahkan pesawat ke landasan. Lepas parking break dan buka throtle sampai 25%

    arahkan pesawat ke landasan
    arahkan pesawat ke landasan
  16. Masuk ke menu Lights di Air Craft System, nyalakan semua lampunya

    cara bermain real flight simulator
    cara bermain real flight simulator
  17. Atur kembali kamera sehingga menampilkan bagian kokpit pesawat
  18. Mulailah menerbangkan pesawat dengan bukaan throtle 50% terlebih dahulu. Pastikan juga parking break telah dilepas

    kamera kokpit pesawat
    kamera kokpit pesawat
  19. Secara perlahan silahkan tekan throtle sampai 100%
  20. Kemudian naikan pesawat dengan joystick virtual. Pelan pelan saja jangan sampai menukik

    cara take off real flight simulator
    cara take off real flight simulator
  21. Setup heading ke 178, dan atur flaps menjadi 0
  22. Aktifkan Autopilot

 

Cara Landing Real Flight Simulator

Dengan mengaktifkan auto pilot maka pesawat akan mengikuti rute penerbangan sendiri. Selanjutnya kita tinggal setup untuk landing jika sudah mendekati tujuan. Berikut langkah langkahnya:

  1. Silahkan set up Flaps menjadi +1 F, Spoilers 1 dan Brake MAX
  2. Jika pesawat sudah semakin dekat, turunkan Flaps jadi 3 dan spoilers 2
  3. Selanjutnya naikan spoilers ke A dan turunkan Flaps jadi FULL

    cara landing real flight simulator
    cara landing real flight simulator
  4. Setelah kita melihat landasan, turunkan landing gear
  5. Pesawat akan landing dengan sendirinya
  6. Selanjutnya arahkan pesawat ke terminal dengan mengikuti garis kuning dan melihat maps. Pastikan kecepatan tidak melebihi 40 knots
  7. Ketika sudah sampai di area parkir, turunkan throtle jadi 0 dan matikan lampu lampu
  8. Buka garbarata dan kendaraan cargo

    parkirkan pesawat
    parkirkan pesawat
  9. Matikan engine 1 terlebih dahulu
  10. Sambil menunggu silahkan turunkan barang dan turunkan penumpang
  11. Buka aircraft sistem, matikan semua kecuali APU
  12. Matikan Engine 2
  13. Selesai

Demikian tadilah tutorial cara bermain real flight simulator mulai dari cara menerbangkan pesawat hingga cara landing. Mohon maaf bila ada penjelasan yang kurang jelas. Agar lebih jelasnya kalian bisa praktik langsung, apabila ada kesulitan silahkan bisa berkomentar dibawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *