24 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik Jarak Dekat dan Jauh!!

Posted on

Pemasangan bel pada rumah bisa menggunakan dan tanpa kabel. Diperlukan bel rumah terbaik supaya tahan lama sehingga tidak perlu lagi bolak balik menggantinya.

Baik itu rumah dan toko, bel memiliki fungsi yang sangat krusial sehingga pemilihannya tidak bisa sembarangan. Berikut ini daftar bel berkualitas yang bisa dipasang di rumah.

24 Rekomendasi Bel Rumah Terbaik

Ada begitu banyak jenis dan merk bel yang bisa dipasang di rumah. Tidak sedikit pemilik rumah yang bingung untuk memilih karena banyaknya merk tersebut. Memudahkan untuk memilih, berikut ini beberapa rekomendasi yang terbaiknya baik itu dengan atau tanpa kabel.

1.      Toyosaki DB 361

 

Toyosaki DB 361

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Memiliki bentuk yang sangat klasik, berukuran kecil dan berwarna putih. Bel rumah merk Toyosaki ini merupakan jenis bel tanpa kabel yang memiliki jangkauan yang cukup panjang hingga 80 meter.

Sangat mudah untuk dipasang, hanya perlu disambungkan saja ke stop kontak. Sudah memiliki baterai yang akan membuatnya tahan lama. Apalagi sudah ada remote control yang memudahkannya untuk diatur.

Satu bel rumah ini hanya memerlukan daya sebesar 2 watt saja sehingga tidak akan menghabiskan banyak listrik. Uniknya lagi bel pintu ini memiliki 36 pilihan suara yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Tinggal pilih saja mana suara yang paling disukai untuk digunakan. Selain warna putih kamu bisa memilih warna hitam yang lebih elegan. Harga produknya sangat terjangkau sehingga tidak perlu takut menghabiskan banyak uang untuk membelinya.

2.      Forecum Double Receiver

Forecum Double Receiver

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Bel yang selanjutnya ini memiliki model yang lebih unik dibandingkan sebelumnya walaupun sama-sama berbentuk tombol ditekan. Adanya corak unik pada bel membuat siapa saja yang datang ke rumah bisa mengetahui letaknya.

Selain tampilannya yang unik, bel Forecum Double Receiver ini juga sudah memiliki 2 receiver yang bisa ditempatkan di titik yang berbeda. Sangat cocok jika rumah kamu berukuran sangat luas sehingga suara bel bisa didengar dari mana saja.

Termasuk jenis bel rumah yang tidak menggunakan kabel dan akan menyala dengan baterai A3 berjumlah 3 buah. Sudah memiliki fitur LED receiver yang akan menyala langsung ketika bel ditekan. Siapa saja bisa langsung tahu jika ada tamu di depan rumah.

Sistem pemasangannya sudah dirancang agar mudah dipasang oleh siapa saja. Hanya membutuhkan baut untuk menyatukan setiap komponennya dan untuk dipasang di dinding hanya butuh perekat saja. Setiap pembelian sudah satu set dengan buat maupun perekatnya.

3.      Architech Platinum

Architech Platinum

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Mencari bel rumah yang menggunakan kabel? Kamu bisa membeli bel rumah keluaran dari Architech ini. Sudah memiliki sertifikasi SNI sehingga produknya terjamin soal kualitasnya. Dirancang khusus sehingga jauh lebih kuat dari masalah kebakaran rumah.

Hal tersebut dikarenakan produk sudah dibuat menggunakan bahan titanium sehingga pasti tahan lama. Memiliki model yang lebih elegan dibandingkan dua produk sebelumnya dan juga warna silver yang cenderung gelap membuatnya semakin istimewa.

Produsennya sendiri mengklaim bahwa produk bisa bertahan hingga 12 tahun. Pemasangannya hanya perlu disambungkan ke stop kontak. Daya yang dibutuhkan pun hanya 1 watt saja baik itu saat stand by maupun ketika ditekan.

4.      Legrand Wireless Essential Kit

Legrand Wireless Essential Kit

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Sesuai dengan namanya, bel ini dirancang khusus tidak menggunakan kabel. Kelebihannya adalah instalasi lebih mudah hanya perlu dirakit dengan baut dan pemasangannya praktis tanpa kabel.

Tenaga yang dihasilkan berasal dari baterai AA dengan jumlah dua. Bisa juga menggunakan sambungan listrik dengan daya sebesar 1,5 volt. Level suaranya adalah 80 dB dengan 32 jenis pilihan nada.

Mengingat dirancang tanpa kabel, bel ini bisa dengan mudah di bawa ke mana saja. Misalnya ketika terdapat orang sakit, bel ini bisa dipasang di kamar jadi tidak hanya di pintu rumah bagian depan saja.

Kekurangan satu-satunya dari produk ini hanyalah konsumsi daya yang cukup tinggi. Sehingga jika dipasang menggunakan daya yang berasal dari batu baterai maka cukup boros.

5.      Kenmaster KM-07

Kenmaster KM-07

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk selanjutnya ada dari Kenmaster dengan seri KM-07. Modelnya hampir mirip produk yang pertama tadi hanya saja terdapat warna biru pada bagian pinggirnya. Cukup simpel dengan proses pemasangan yang cepat dan tidak membutuhkan banyak daya.

Keunikannya adalah memiliki 31 nada yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Sangat cocok jika rumah kamu tidak terlalu luas karena jangkauan dari bel ini maksimal hanya 10 meter. Bisa menggunakan baterai dan juga langsung disambungkan stop kontak.

Tidak perlu biaya yang banyak untuk bisa menggunakan bel ini. Harga satu produknya adalah 60 ribu rupiah dan bisa dibeli secara online atau offline. Sangat mudah untuk dipasang di rumah sampai dengan toko.

6.      Kenmaster  KM008

Kenmaster  KM008

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ada juga keluaran Kenmaster untuk seri KM008 yang juga memiliki pilihan sampai 31 macam. Berbeda dengan seri sebelumnya, harga yang ditawarkan dari produk ini jauh lebih murah. Kelebihannya lagi adalah setiap pembelian produk sudah dilengkapi dengan batu baterai.

Sudah diciptakan bisa dipasang tanpa menggunakan kabel, Kenmaster KM008 ini hanya membutuhkan tenaga baterai 2 buah jenis AAA. Sudah mampu menjangkau jarak sampai dengan 10 meter sehingga bisa dipasang untuk rumah yang berukuran cukup luas.

Meskipun jangkauannya luas namun suara yang dihasilkan dari bel ini cukup keras. Sehingga kamu tidak perlu ragu untuk memasangnya dari pintu pagar sampai dengan dalam rumah. Suara yang dikeluarkan akan tetap terdengar nyaring.

Pastikan saja untuk memasang baterai yang masih memiliki daya penuh sehingga bel akan terdengar kencang. Cek kualitas baterai dengan mencoba mendengarkan suara bel, jika sudah semakin lirih suaranya maka membutuhkan penggantian baterai.

7.      King Star Wired Doorbell

King Star Wired Doorbell

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Satu lagi rekomendasi bel untuk rumah yang berukuran kecil. Bel ini masih menggunakan kabel yang panjangnya hanya 1 meter saja. Namun untungnya produk ini tidak membutuhkan aliran listrik sama sekali.

Hanya perlu dipasang 2 buah baterai AAA dan sangat hemat daya jadi tidak perlu sering menggantinya. Kelebihan lainnya dari King Star ini adalah ada banyak nada yang sudah disimpan.

Mulai dari nada singkat atau ucapan salam bisa diatur sesuai dengan diinginkan. Soal suara yang dikeluarkan juga cukup keras sehingga tidak pasti mudah untuk didengar jika rumah masih berukuran kecil.

8.      V-Zorr

V-Zorr

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Masih dengan rekomendasi bel rumah yang berbentuk klasik. Kali ini harga yang ditawarkan sangat murah yaitu hanya sekitar 27 rupiah saja. Sudah memiliki fitur tanpa kabel dengan jangkauan sampai 100 meter.

Selain disambungkan dengan listrik, bel ini akan langsung menyala dengan menggunakan baterai AAA sebanyak 2 buah. Soal pilihan nadanya tersedia 32 buah yang bisa dipilih sesuai dengan kesukaan.

Mengingat jarak cakupannya yang cukup jauh, produk ini bisa dipasang sampai ke bagian gerbang. Jika kamu memiliki garasi tertutup maka sangat cocok untuk memasangnya di depan gerbang.

Hanya saja jika dipasang tanpa menggunakan tenaga listrik dari stop kontak maka harus siap untuk kerap mengganti baterai. Apalagi jika banyak orang yang suka iseng menekan bel.

9.      Ruvo Wireless Doorbell C

Ruvo Wireless Doorbell C

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Jika produk-produk sebelumnya adalah jenis bel dengan tombol, sekarang adalah tipe bel soft touch. Artinya tidak ada tombol dan hanya dengan sekali sentuh saja bel akan langsung berbunyi. Harganya memang jauh lebih mahal dibandingkan sebelumnya yakni di angka 100 ribuan.

Juga sudah dirancang untuk tidak menggunakan kabel. Bel ini memiliki jangkauan yang sangat luas yakni hingga 300 meter. Pilihan suaranya pun sangat banyak yaitu 36 nada. Soal bentuk mengingat sifatnya yang soft touch sudah pasti sangat elegan dan modern.

Selain dipasang di stop kontak, bel ini bisa menggunakan baterai alkaline ukuran 12 volt 23 Ampere. Kelebihan lainnya adalah bisa dibisukan sehingga apabila sedang pergi bel ini bisa menggunakan mode bisu sehingga tidak boros daya.

Meskipun bentuknya modern, namun proses pemasangannya tidak sulit. Sama seperti bel konvensional, bel ini tinggal dipasang menggunakan baut dan juga perekat bawaannya.

10.  Eearise Wireless

Eearise Wireless

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Satu lagi bel yang memiliki bentuk modern dan memiliki jangkauan sinyal sampai dengan 300 meter. Kelebihan yang didapatkan dari produk ini adalah memiliki ketahanan dari debu serta air, jadi sangat aman jika dipasang di outdoor seperti pagar rumah.

Sama seperti yang lain, bel ini bisa dipasang menggunakan daya langsung dari stop kontak maupun baterai. Sedangkan jika menggunakan baterai hanya perlu memasang baterai ukuran AAA berjumlah 2 buah.

Apabila kamu membutuhkan bel yang lebih awet, maka produk dari Earise ini sangat cocok untuk digunakan. Pasalnya bel bisa tahan terhadap debu dan juga air. Tidak masalah jika musim penghujan datang karena bel sudah memiliki rating IP44.

11.  Arbit Smart Wifi Video

shopee button tokopedia button lazada button blibli button
shopee button tokopedia button lazada button blibli button

 

 

 

Arbit Smart Wifi Video
shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Sering melihat bel rumah atau apartemen yang sering ada di drama korea? Setiap tamu yang datang bisa berkomunikasi dan pemilik rumah melihat wajah tamu melalui kamera. Jika kamu ingin bel dengan fitur kamera maka merk Arbit ini bisa jadi pilihannya.

Mengingat fiturnya yang canggih ini, bel rumah ini dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yaitu sekitar 2,8 jutaan. Tapi pemilik rumah dan tamu bisa berkomunikasi dua arah menggunakan bel ini.

Kamu pun bisa menghindari jika mendapatkan tamu yang tidak diinginkan. Komunikasi dengan pengirim paket pun bisa dilakukan tanpa harus membuka pintu. Dipasang menggunakan baterai 6700 mAH yang bisa di charge ketika daya mulai habis.

Kualitasnya sangat baik karena termasuk produk yang tahan air sehingga membuatnya bisa bertahan lebih lama.  Begitu juga masalah panas, debu sampai dengan hujan tidak akan membuatnya cepat rusak. Jika membutuhkan fitur kamera dan mic dua arah maka bel rumah ini patut jadi pilihan.

12.  360 Smart Doorbell D819

360 Smart Doorbell D819

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ada juga merk lain yang memiliki fitur kamera dan juga interkom. Kamu tidak perlu keluar rumah jika ingin berbicara dengan tamu yang tidak dikenal. Apalagi bel ini bisa disambungkan ke smartphone jadi bisa melihat kondisi di luar rumah kapan saja.

Sangat cocok jika dipasang pada area pagar rumah. Meskipun tampaknya canggih ternyata bel ini sangat mudah dipasang. Hanya perlu ditempel saja ke dinding atau pagar rumah karena tidak lagi menggunakan kabel.

Desainnya pun sangat modern dengan warna hitam dan tombol khusus untuk bel. Di bagian atasnya terdapat kamera dan ukurannya relatif kecil. Sangat praktis untuk dipasang di mana saja tanpa mengganggu estetika tampilan rumah.

Jika dipasang di pagar tidak perlu takut kualitasnya akan menurun karena bel ini sudah anti hujan atau air. Ada juga alarm keamanan sebagai fitur tambahannya sehingga jika ada seseorang yang merusaknya bel akan otomatis berbunyi.

13.  Forrinx FX-C1

Forrinx FX-C1

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Butuh bel dengan kekuatan suara yang sangat kencang? Kamu bisa membeli bel keluaran dari Forrinx ini. Suara yang dihasilkan dari satu bel kecil tanpa kabel ini bisa mencapai 65 hingga 105 dB.

Jadi meskipun rumah kamu berukuran luas atau memasang bel di bagian depan pagar rumah, suara yang keluar akan terdengar sampai ke seluruh ruangan. Tidak masalah jika kamu memasang pengeras suara bel di bagian depan rumah sekalipun.

Selain itu pilihan nada yang disediakan paling banyak yaitu 52 jenis. Tinggal pilih saja yang diinginkan. Ditambah lagi dengan sistem nirkabel, bel ini sudah memiliki jarang penerimaan suara sampai dengan 300 meter.

Sangat tepat untuk rumah luas maupun tingkat. Cara memasangnya juga sama hanya perlu dirakit dan ditempelkan ke dinding. Dibuat secara khusus supaya lebih tahan air yang membuatnya jauh lebih awet.

14.  Harnic Heles Seri D020

Harnic Heles Seri D020

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Selain untuk rumah, bel merk Harnic ini juga kerap dipasang di toko karena sudah memiliki sensor gerak. Bahan yang digunakan adalah plastik sehingga ringan dan juga mudah untuk dipasang di mana saja.

Cakupan bel ini adalah sekitar 10 meter jika sudah menggunakan daya baterai AAA sebanyak tiga buah. Bisa juga langsung disambungkan ke stop kontak dan hanya membutuhkan daya 6 sampai 12 volt saja.

Memiliki warna putih dan juga hitam, jika melihat modelnya kamu mungkin akan bingung karena sama sekali tidak tersedia tombol untuk ditekan. Pasalnya bel ini dirancang untuk bisa berbunyi ketika mendeteksi gerakan. Jadi bisa digunakan sebagai alat pengamanan rumah.

15.  Idealife IL-295

Idealife IL-295

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Elektronik merk Idealife cukup terkenal dan juga terjaga kualitasnya. Salah satu produknya adalah bel rumah ini. Bentuknya sangat kecil berwarna silver dan juga putih yang memiliki tombol bel.

Diciptakan tanpa menggunakan kabel sehingga mempermudah proses pemasangannya. Sudah memiliki volume control sehingga bisa disesuaikan untuk rumah yang luas maupun kecil. Sehingga ketika bel berbunyi tidak terlalu mengganggu suasana rumah.

Juga sudah tahan air sehingga aman jika dipasang di area luar sekalipun. Hanya saja satu-satunya kelemahan adalah tidak memiliki sistem baterai. Artinya bel ini hanya bisa menyala ketika sudah disambungkan ke stop kontak.

Apabila rumah sedang mati listrik maka bel tidak akan berfungsi. Terdapat 36 pilihan suara dari bel rumah ini bisa dipilih sesuai keinginan. Jangan lupa juga untuk mengatur kencang tidaknya suara bel.

16.  Panasonic EBG88

Panasonic EBG88

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ada juga bel rumah merk Panasonic yang sudah sangat terkenal. Kali ini Panasonic mengeluarkan produk bel rumah yang juga memiliki suara sangat keras. Seperti produk Panasonic lainnya, bel rumah ini dirancang supaya tahan lama sehingga tahan terhadap air dan juga debu.

Bentuknya sendiri sangat simpel dan juga polos yakni berwarna putih yang bagus dipasang untuk rumah model apapun. Daya yang dibutuhkan untuk bel ini adalah 220 volt yang cukup rendah. Produk ini juga dijual secara terpisah yakni antar pemencet dan juga pengeras suaranya.

Kelebihan lain yang ditawarkan adalah produk ini sudah memiliki interkom. Jadi meskipun pemilik rumah tidak bisa melihat wajah tamu namun masih bisa untuk berbicara dari bel rumah ini.

17.  Kova Belivar

Kova Belivar

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ada juga merk bel rumah yang tidak kalah dengan Panasonic yaitu Kova Belivar. Bel rumah ini terkenal dengan suaranya yang sangat keras sehingga cocok untuk area rumah yang luas. Kelebihannya adalah tersedia dua receiver sehingga bisa dipasang di ruangan berbeda.

Misalnya saja dipasang untuk area lantai satu dan lantai dua. Selain disambungkan ke stop kontak, bel rumah ini juga bisa menggunakan baterai AA berjumlah 3 buah. Jarak penerima bel rumah ini adalah 150 meter.

Soal suara tidak hanya keras tetapi juga ada level yang bisa disesuaikan. Mulai dari level 1 sampai dengan 4 dapat diatur di dua receiver yang berbeda tersebut. Tidak seperti Panasonic, bel Kova Belivar ini dijual dalam satu paket.

18.  G.P Wireless Door Chime

G.P Wireless Door Chime

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk yang bisa kamu beli hanya dengan harga 35 ribu saja. Bel rumah merk G.P ini memiliki keunggulan dari segi pilihan nadanya sampai 32 jenis. Selain itu proses pemasangannya sangat mudah tinggal direkatkan saja pada dinding.

Dijual dalam satu paket, bel rumah ini memiliki jangkauan sampai 5 meter. Jadi tidak perlu memasangnya lagi menggunakan kabel. Suara yang dihasilkan cukup nyaring sehingga tidak akan mengganggu ketika berbunyi kapan saja.

Soal modelnya cukup sederhana seperti bel kamar hotel dan toko. Memiliki ukuran pencetan yang sangat besar sehingga semua orang tidak akan kesulitan untuk mengenalinya.

19.  Arashi Wireless Electric Doorbell

Arashi Wireless Electric Doorbell

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Ingin membeli bel rumah dengan harga di bawah 50 ribu? Merk Arashi ini bisa jadi pilihannya. Satu paket bel rumah sudah dilengkapi dengan tombol bel, receiver dan juga dua buah baterai yang bisa di charge.

Selain itu kelebihan lainnya adalah bentuknya yang cukup simpel tetapi tidak terlalu kuno. Dijual dalam satu bentuk suara saja dan tinggal memilih mana suara yang diinginkan. Pastikan suaranya sesuai sehingga kamu tidak perlu membeli lainnya karena tidak cocok dengan suara bel.

Apalagi bel ini sudah dirancang untuk tidak menggunakan kabel sehingga bisa dipasang jauh lebih mudah.

20.  Cacazi Wireless

Cacazi Wireless

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk dengan harga sekitar 150 ribuan ini memiliki tampilan yang sangat modern dan berwarna hitam. Tidak seperti bel yang memiliki tombol, bel ini memiliki desain soft touch. Selain itu tersedia juga lampu LED yang akan menyala ketika bel berbunyi.

Sudah didesain tanpa kabel, bel ini bisa digunakan dan berbunyi nyaring hingga jarak 300 meter. Sangat pas digunakan jika kamu memiliki rumah yang sangat luas. Satu paket produknya dijual berisi 2 transmitter dan 2 receiver.

Produknya sendiri tidak dirancang menggunakan baterai jadi kamu bisa menyambungkannya terlebih dahulu ke stop kontak. Pada saat mati listrik bel ini juga tidak akan berbunyi. Menariknya lagi tersedia 60 nada yang sangat lengkap.

21.  Bo Ying Wireless

Bo ying Wireless

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk yang sudah menyediakan 36 nada sehingga bisa dipilih secara leluasa. Tidak memiliki kabel yang mempermudah pemasangannya. Sumber tenaganya berasal dari baterai AAA berjumlah 1 buah yang bisa langsung dipasang.

Sudah menyediakan sistem waterproof sehingga tidak perlu khawatir jika ingin memasangnya di bagian pagar rumah. Bel juga tidak mudah konslet meskipun musim hujan tiba. Satu paket produknya sudah berisi transmitter dan doorbell receiver berjumlah satu.

Kamu akan mendapatkan user manual sehingga mempermudah pemasangannya. Bel ini bisa dibeli dengan harga sekitar 130 an. Jika dipasang juga akan mempercantik tampilan rumah karena warnanya yang putih dan desainnya sangat simpel.

22.  Mijia IR-FJ01 MLTZ

Mijia IR-FJ01 MLTZ

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Produk asal China ini tidak hanya bel biasa tetapi juga memiliki fitur AI Face Recognition. Jadi siapa saja anggota keluarga yang sudah direkam akan langsung teridentifikasi melalui bel ini.

Kamu yang berada di rumah bisa langsung tahu karena pada layar receiver akan memunculkan informasi anggota keluarga yang datang. Mengingat adanya teknologi ini sudah pasti bahwa bel ini telah dilengkapi dengan kamera.

Ada juga fitur suara yang unik yaitu pengubahan suara. Fitur ini sangat membantu wanita pemilik rumah untuk mengubah suaranya menjadi pria ketika muncul tamu yang tidak diundang.

Produknya sendiri dirancang kuat sehingga tahan lama. Tidak menggunakan kabel, bel ini memiliki jarak sinyal sampai 50 meter di area terbuka. Jadi pastikan kamu sudah mengukur jarak ini sebelum memasangnya.

23.  V10 Smart DoorBell

V10 Smart DoorBell

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Bel rumah dengan harga 500 ribuan ini memiliki fitur pintar yaitu bisa menerima dan berbicara dengan tamu menggunakan smartphone. Kamu hanya perlu menghubungkan ke aplikasi bel untuk bisa menerima tamu memanfaatkan WiFi.

Daya yang didapatkan dari bel ini berasal dari baterai dan juga listrik langsung sehingga bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Juga sudah menyediakan fitur peringatan jika terjadi gerak gerik yang mencurigakan di depan rumah.

24.  Taffware

Taffware

shopee button tokopedia button lazada button blibli button

Terakhir adalah bel pintu yang tidak menggunakan kabel dan juga sudah anti air. Warnanya hitam dengan beberapa ornamen di bagian receiver nya sehingga membuatnya lebih indah.

Ketahanannya terhadap air membuat bel ini jauh lebih awet. Tidak perlu bingung untuk menggunakan baterai, karena bel ini dirancang khusus untuk langsung disambungkan ke stop kontak.

Desainnya yang elegan dan berwarna hitam membuatnya cocok untuk dipasang di samping rumah sekalipun. Uniknya lagi jika bel berbunyi maka lampu indikator yang terdapat di bagian pencetan akan menyala.

Kamu bisa mengecek apakah bel menyala melalui lampu indikator ini dan juga suara yang keluar. Tidak membutuhkan daya yang terlalu banyak, produk ini dijamin sangat awet.

Tips Memilih Bel Rumah yang Terbaik

Tips Memilih Bel Rumah yang Terbaik

Dibandingkan bel manual yang dipasang di pintu rumah dan diketuk, bel elektronik jauh lebih efektif. Apalagi jika kamu memiliki rumah dengan pagar yang cukup jauh dengan bangunan rumah.

Bel elektrik bisa membuat tamu tidak perlu menunggu lama untuk segera dibukakan pintu. Nah karena ada begitu banyak pilihan merk bel, maka perlu pemilihan yang lebih teliti.

Bukan hanya soal harga tetapi juga kualitas bel itu sendiri. Berikut ini beberapa tips yang akan membantu kamu untuk menemukan bel rumah yang tepat.

1.      Instalasi Lebih Mudah

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah soal bagaimana cara instalasinya. Bel seharusnya tidak merepotkan kamu sebagai pemilik rumah. Oleh karena itu paling ringkas adalah memilih bel tanpa kabel.

Selain itu bel juga seharusnya tidak perlu dipasang paten ke dinding sehingga sebaiknya sudah ada bahan perekat yang dijual bersamaan. Setidaknya bel harus memiliki sistem dipasang langsung ke stop kontak sehingga tidak harus kerap mengganti baterainya.

2.      Jarak Penangkapan Sinyal yang Mencukupi

Pada bel tanpa kabel, sinyal berperan penting dalam pemilihan. Seberapa jauhkah sinyal yang bisa ditangkap oleh receiver dari tombol bel? Hal ini bisa kamu sesuaikan kembali dengan ukuran rumah.

Cobalah untuk mengukur jarak antara pagar rumah atau pintu depan rumah dengan ruangan yang ingin dipasang receiver. Seberapa jauhkah? Nantinya ukuran jarak inilah yang bisa disesuaikan dengan jarak penangkapan sinyal dari masing-masing merk bel rumah.

3.      Memiliki Fitur Tahan Air

Hal penting lainnya adalah bel haruslah tahan terhadap air. Pasalnya meskipun dipasang di teras rumah, kelembaban akan tetap tinggi. Jika bel rumah tidak memiliki fitur tahan air maka akan cepat rusak.

Bagian dalam bel yang terkena air membuatnya rusak dan harus sering mengganti baterai maupun diganti bel sepenuhnya. Kamu juga tidak perlu membuat bagian tambahan sebagai pelindung bel.

4.      Kualitas Suara yang Dihasilkan

Selain jarak penerimaan, bagaimana suara yang keluar juga harus diperhatikan. Kualitas suara ini berbeda-beda antar merk. Jika ingin mencari yang pas sebaiknya beli bel yang memiliki level suara sehingga kamu bisa mengatur kencang tidaknya suara ini.

Begitu juga dengan nada suara yang dikeluarkan. Tidak semua menyediakan lebih dari satu nada. Jika kamu adalah orang yang sering bosan dengan suara bel, maka lebih baik membeli yang sudah menyediakan banyak nada sehingga bisa diganti sesuai kesukaan.

5.      Fitur Tambahan yang Disediakan

Terakhir adalah memperhatikan fitur yang ditawarkan. Pasalnya fitur dari masing-masing berbeda dan ini nantinya yang menentukan soal harga. Jika kamu ingin membuat rumah aman atau kerap mendapatkan tamu tidak diundang, maka bel dengan fitur kamera dan interkom bisa dipilih.

Namun jika kamu hanya ingin bel rumah yang memberitahukan ada tamu maka bel biasa tanpa fitur kamera pun bisa jadi pilihan. Apalagi jika kamu membuka usaha sendiri seperti toko kelontong di rumah maka hanya butuh bel konvensional saja.

Cara Memasang Bel dengan Benar

Cara Memasang Bel dengan Benar

Biasanya setiap kemasan bel rumah sudah dilengkapi dengan langkah-langkah pemasangannya. Kamu tinggal ikuti saja cara memasangnya, baik itu yang menggunakan baterai maupun tidak.

Namun rata-rata cara pemasangannya sama, kamu bisa ikuti beberapa langkah mudahnya ini.

1.      Cek Terlebih Dahulu Kelengkapan Bel

Beberapa bel dijual terpisah seperti Panasonic. Pastikan bel tersedia dari segi colokan listrik atau adapter, pencetan bel dan juga receiver. Beberapa bahkan ada yang sudah menyediakan baterai. Selalu pastikan semuanya lengkap.

2.      Memilih Area Pemasangan

Selanjutnya adalah lokasi atau tempat kamu akan memasang bel. Tempat ini harus yang bisa dijangkau dengan mudah oleh tangan. Jika kamu memasang bel dengan kamera maka harus sesuai dengan tinggi manusia.

3.      Memasang Bel

Supaya aman akan lebih baik untuk memadamkan listrik, tapi jika kamu memasang bel tanpa adapter maka bisa skip langkah ini. Kemudian pasang adapter sesuai dengan instruksi dan tancapkan ke stop kontak. Jika menggunakan baterai kamu tinggal memasang ukuran baterai sesuai dengan instruksi.

4.      Menempelkan Bel

Sekarang kamu bisa menempelkan bel sesuai dengan lokasi yang tadi telah dipilih. Jika sudah terpasang kamu bisa mencoba untuk menekannya. Tes apakah lampu LED menyala atau tidak. begitu juga dengan suaranya apakah terdengar nyaring.

Mulai dari tips memilih bel rumah terbaik, merk bel terbaik sampai dengan cara memasangnya sudah kamu ketahui. Sekarang kamu tinggal pilih saja mana bel yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa semuanya bisa dibeli secara online dan offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *