Begini Lho Cara Membuat Instagram Bisnis Yang Menarik, Yuk Praktekin!

Posted on

Seperti yang kita ketahui bahwa Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak diakses di Indonesia. Banyaknya pengguna Instagram di Indonesia yang menjadikan platform berbagi dari foto ini sebagai media yang snagat tepat untuk menggaet banyak sekali pelanggan apalagi jika anda berbisnis online maka Instagram dapat menjadi tempat yang snagat strategis untuk memperkenalkan produk serta membangun relasi dengan pelanggan. Cara membuat Instagram bisnispun juga sangatlah mudah dan tidak ribet.

Untuk mempermudah anda dalam membangun bisnis anda dapat memanfaatkan Instagram bisnis karena caranya yang sangatlah mudah, praktis dan sangat jelas.

Mengenal tentang Instagram bisnis

Instagram bisnis meripakan salah satu akun yang dibuat khusus untuk keperluan berbisnis anda. Fitur yang diberikan oleh Instagram ini berbeda dengan Instagram pribadi. Melalui Instagram bisnis ini anda dapat lebih mudah menjangkau pelanggan dan membuat promosi. Oleh karena itulah anda sebagai pelaku usaha wajib mempunyai akun khusus dari Instagram bisnis ini agar pemasaran anda lebih optimal. Instagram bisnis ini mempunyai fitur yang dapat mempermudah anda dalam mengolaj data pelanggan. Lalu, bagaimana cara membuka akun instaram bisnis ini untuk mengoptimalisasi bisnis anda?

Cara membuat akun Instagram bisnis

Cara membuat instagrambisnis sendiri sangatlah tidak sulit, anda dapat mengikuti beberapa langkah saja untuk mempunyai akun instaram bisnis ini. akan tetapi sebelum anda membuat akun Instagram bisnis ini pastikan anfa sudah mempunyai akun pribadi terlebih dahulu.

Cara membuat Instagram bisnis menggunakan akun pribadi

Ketika anda ingin membuat akun Instagram bisnis maka langkah yang pertama adalah dnegan masuk keakun Instagram yang sudah anda miliki sebelumnya. Masuk kea kun dengan memasukkan username dan password. Kemudian klik bagian profile kemudian klik halaman pengaturan atau setting. Menu ini ada pada bagian pojok kanan atas halaman profil anda. Kemudian setelah masuk ke halaman pengaturan klik pilihan account dan klik pilihan switch to professional account di bagian bawah.

Langkah selanjutnya adalah pilih aktegori bisnis. Di pilihan ini ada dua pilihan yakni creator dan business. Pilihan creator ditujukan untuk individu yang dibuat konten di Instagram seperti influecer, artis atau blogger. Sedangkan bussines ditujukan untuk perusahaan, brand atau merk tertentu. Disini dikarenakan tujuan anda membuat Instagram bisnis maka pilihlah bussines. Selanjutnya pilih kategori yang anda jalankan seperti local bussines atau personal blog atau product atau art atau musician/band dan masih banyak lagi. Kemudian ketik keyword dan next. Langkah selanjutnya adalah mengisi data seperti nomor telepon, alamat email dan lokasi bisnis guna memudahkan calon pelanggan anda menghubungi anda ketika melakukan proses transaksi.

Tahap berikutnya adalah anda diminta untuk menghubungkan profil Instagram bisnismu dengan laman facebook page. Tujuan dari koneksi ini adalah untuk mengotomatisasi postingan di halaman facebook setiap kali anda memperbaharui konten di akun Instagram bisnis. Meskipun sifatnya opsional akan tetapi ini penting agar postingan dari setiap produk anda lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Inti dari Instagram bisnis adalah membuat akun Instagram bisnis anda lebih menarik dengan cara melengkapo seluruh bagian profil. Isilah data dengan bisnis yang sedang anda jalani mulai dari nama, username, alamat website, bio dan tentu saja jangan lupa menambahkan foto profil agar bisnis anda lebih terpercaya.

Fitur – fitur apa saja yang ada di Instagram bisnis

Ketika anda membuka akun Instagram bisnis maka anda akan menemukan beberapa fitur yang akan membuat bisnis anda lebih menjangkau pelanggan, meningkatkan brand awareness serta transaksi anda. Agar anda dapat mengoptimasi akun Instagram bisnis anda sebaiknya anda memahami beberapa fitur seperti di bawah ini.

  1. detail informasi kategori bisnis

detail kategori bisnis ini terletak persis di bawah nama bisnis anda. Anda dapat memanfaatkan detail informasi kategori bisnis anda ini untuk menampilkan jenis bisnis yang anda jalani sehingga pengunjung tentunya dapat mengenal bisnis anda lebih baik.

  1. Tombol kontak dan alamat email

Perbedaan dari fitur Instagram bisnis dan pribadi yakni juga terletak dari tombol kontan dan email yang ada di halaman profil. Keistimewaan inilah yang akan anda dapatkan apabil menggunakan akun Instagram bisnis. Dengan adanya kedua timbol ini dapat mempermudah pelanggan ketika akan mengontak anda.

  1. Instagram insight

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Instagram bisnis dari akun Instagram pribadi adalah fitur insight. Fitur satu ini merupakan tools data analytics yang menunjukkan steiao aktivitas pada halaman akun anda, melalui fitur ini anda dapat melihat performa bisnis secara eksplisit mulai dari data demografi pengunjung, inetraksi yang terjadi di dalam konten sampai waktu favorit di akun anda.

  1. Instagram ads

Fitur khusus ini yang dimiliki oleh Instagram bisnis yang tentunya snagat penting bagi anda yang sedang bisnis jualan. Fitur ini menjadi alat yang tepat untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan. Melalui Instagram ads ini anda dapat menargetkan iklan dengan audiens yang lebih spesifik. Apabila menggunakan fitur ini nantinya iklan anda akan muncul di timeline Instagram audiens anda.

Itulah beberapa cara membuat Instagram bisnis yang dapat anda coba. Dengan memahami fitur yang diberikan tentunya anda semakin tertarik bukan? Dengan ketekunan dan konsistensi yang baik tentunya anda dapat mengembangkan bisnis dengan baik juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *