Spesifikasi dan Review Asus Zenfone 9 2022

Posted on

Asus telah berhasil mengeluarkan produk terbarunya yang diberi nama sebagai Asus Zenfone 9 yang terkenal sebagai produk flagship. Ini adalah produk Asus yang sudah membawa sederet spesifikasi kalangan menengah ke atas.

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Asus Zenfone 9

Keluaran2022
Platform
RAM8 GB, 16 GB
ChipsetSnapdragon 8+ Gen 1
Penyimpanan128 GB, 256 GB
CPUOcta-core (1×3.19 GHz Cortex-A710 Cortex-X2 & 3×2.75 GHz Cortex-A510 & 4×1.80 GHz)
Sistem OperasiZenUI Android 12
Kamera Belakang
Triple Camera50 MP (wide), f/1.9

12 MP (ultrawide), f/2.2

Video1080p@30/60/120fps
FiturPDAF, AF, LED flash, gimbal OIS, HDR, Video: Hingga 8K@24fps, panorama, gyro-EIS.
Kamera Depan
Single Camera1/4.0″, 1.12µm, 8 MP, f/2.0, (wide)
VideoVideo: Hingga 4K@30fps, Dual pixel PDAF
FiturHDR, LED flash
Bodi
Dimensi68.1 x 146.5 x 9.1 mm
Berat169 gram
WarnaMidnight Black, Sunset Red, Moonlight White, dan Starry Blue
LayarAMOLED
Resolusi1080 x 2400 piksel
BateraiLi-Po 4300 mAh
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G dan 5G
SIM(Slot Khusus) Dual SIM
Dukungan
Bluetooth5.2, A2DP, , aptX Adaptive, LE, aptX HDLDAC
GPSGPS, A-GPS, frekuensi ganda: GALILEO (2), GLONASS (1), QZSS (2), NavIC (1) dan BDS (2)
NFCTersedia
USBUSB On-The-Go, Type-C 3.0,
PortTidak Tersedia
Lain-lain
SensorFingerprint akselerometer, giroskop, cahaya, proksimitas dan kompas
RadioTidak Tersedia

Review Asus Zenfone 9

Spesifikasi Asus Zenfone 9

Bukan hal yang mustahil lagi jika Asus memberikan produk yang memiliki tampilan layar di level teratas. Hal ini bisa dilihat dari Zenfone 9 yang sudah menggunakan panel super AMOLED berasal dari Samsung. Hal ini dapat menampilkan resolusi FHD + dan juga refresh rate 120 hz.

Pada sektor kamera Zenfone 9 memberikan penawaran dengan dua kamera utama. Masing-masing dari kamera tersebut memiliki sektor WD angle 50 MP beserta ultrawide 12 MP. Untuk kamera depannya memiliki resolusi 12mp.

Keberadaan dari kamera utama inilah yang bisa melakukan perekaman video menggunakan kualitas 8K x 24 fps. Agar dapat menyempurnakan ponsel ini, maka Asus telah memberikan kapasitas baterai 4.230 mAh dan disertai dengan fast charging 30w.

Kelebihan Asus Zenfone 9

Kelebihan Asus Zenfone 9

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Zenfone 9 ini. Baik itu dari spesifikasi, desain, performa atau hal lainnya. Kelebihan inilah yang bertujuan untuk bisa meningkatkan Asus Zenfone dari generasi sebelumnya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang ditawarkan, berikut ini penjelasannya:

  • Baterai Tahan Lama

Pada dasarnya, baterai yang ditanamkan pada ponsel ini tidak terlalu besar yaitu hanya 4.300 mAh saja. Akan tetapi dapat dikatakan bahwa daya tahan baterai ini sangat tinggi karena sudah didukung dengan fast charging juga sebesar 30 w.

Untuk kapasitas baterai 4.300 tersebut dapat bertahan hingga 108 jam. Pada saat digunakan untuk melakukan browsing, maka ponsel ini akan bertahan 15 jam lebih dari 7 menit. Saat digunakan untuk memutar video bisa bertahan hingga 17 jam lebih 25 menit.

  • Fitur Autofocus

Kamera yang ada di Zenfone 9 sudah memiliki fitur autofocus, yang mana Asus Zenfone ini mempunyai kamera utama 50 M IMX 766 yang berasal dari Sony dan aperture/1.9. Hal ini juga dibekali dengan teknologi ois.

Sementara kamera tersebut dipadukan bersama dengan kamera ultra wide 12 MP dan kamera depan berupa 1 kamera yang memiliki sensor 12 MP aperture f/2.5.

  • Speaker Bagus

Ada speaker stereo yang sudah dibenamkan pada Zenfone 9 ini. Letaknya ada di bagian atas dan bawah. Masing-masing memiliki ukuran 12 x 16 mm dan juga 10 x 12 mm. Dari kedua speaker inilah yang memiliki dukungan berupa AMP Qualcomm aqstic wsa 8835.

Dengan begitu, maka dapat menghasilkan kualitas suara yang benar-benar bagus. Dapat dikatakan bagus karena kualitas suara yang dihasilkan dari speaker Zenfone 9 ini tidak pecah. Walaupun menggunakan headphone saat mendengarkan video atau lagu.

  • Chipset Gahar

Ponsel ini memiliki chipset yang gahar, yaitu Snapdragon 18+1 yang sudah dirilis sejak bulan Mei 2022 yang lalu. Dengan penggunaan chipset terbaru ini, pastinya Zenfone 9 telah meningkatkan seri chipset dari ponsel sebelumnya.

Untuk Snapdragon 8 + gen 1 ini bisa berjalan sampai 3,2 GHz. Setelah itu, GPU dan CPU lebih cepat 100%, karena memiliki performa 20% yang lebih baik. Hal ini terjadi karena adanya dukungan mesin Al yang ada di processor maupun teknologi rendering volume.

Untuk teknologi tersebut lebih memungkinkan agar dapat menangkap rekaman HDR 8K sensor kamera sampai 200 MP dan bokeh engine pada video. Bagi para pecinta dunia fotografi, maka ini menjadi fitur yang sangat berguna dan membanggakan.

Kekurangan Asus Zenfone 9

Kekurangan Asus Zenfone 9

Walaupun ada sederet kelebihan yang ditawarkan oleh Zenfone 9, akan tetapi hal ini tidak terlepas dari yang namanya kekurangan. Oleh karena itu simak beberapa kelemahan yang ada di bawah ini:

  • Tidak Terdapat Wireless Charging

Ponsel ini termasuk sebagai flagship yang tidak memiliki dukungan berupa pengisian daya nirkabel maupun wireless charging. Oleh karena itu, untuk baterai harus menggunakan kabel ketika melakukan pengisian daya. Tentu saja hal ini dirasa kurang praktis.

Bahkan bisa mengurangi nilai smartphone tersebut. Untuk itu disinilah yang menjadi poin kelemahan yang dimiliki oleh Asus Zenfone. Sebenarnya, kekurangan ini sangat disayangkan karena Zenfone 9 yang dibandrol dengan harga mahal, namun tidak memiliki wireless charging.

  • Tidak Terdapat Lensa Telefoto

Kekurangan yang kedua yaitu terletak pada bagian kamera Zenfone 9 tidak memiliki kamera telephoto. Padahal fungsi dari kamera telefoto ini pada biasanya berguna untuk memperbesar tangkapan gambar. Hal ini juga dikenal sebagai fitur zoom.

Bagi para pecinta dunia fotografi, peran dari lensa telefoto ini sangatlah penting supaya dapat menghasilkan gambar atau foto yang benar-benar sempurna. Jika kamu adalah orang yang membutuhkan fitur telefoto, maka hal ini menjadi kekurangan yang sangat disayangkan.

  • Camera Mode Malam Kurang

Mode malam pada Zenfone 9 ini dirasa kurang bekerja maksimal. Alasan inilah yang membuat para pecinta foto di malam hari maupun di ruangan gelap dirasa kurang memuaskan. Selain itu hasil dari fotonya juga tidak sebagus ekspektasi.

Harga Asus Zenfone 9

Jika tertarik ingin melakukan pembelian pada ponsel Zenfone 9 ini, maka kamu harus mengetahui bahwa ini adalah ponsel yang terbaik sebagai ponsel terbaru. Harga HP Zenfone 9 ini sudah dipastikan berada di angka Rp12 jutaan.

Meskipun harganya mahal, namun harga yang diberikan tersebut sudah sangat pas sebagai produk flagship. Hal ini juga sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. Jika ingin melakukan pembeliannya, maka ketahui terlebih dahulu apakah ponsel ini sesuai kebutuhan atau sebaliknya.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Asus Zenfone 9

Leave a Reply

Your email address will not be published.