Asus ROG Phone 6 Pro – Spesifikasi dan Review di 2022!!

Posted on

Asus begitu serius dalam menggarap smartphone gaming. Hal ini dibuktikan dengan rilisnya Asus ROG Phone 6 Pro pada bulan Juli kemarin. Kira-kira, apa saja hal baru yang membedakannya dengan generasi sebelumnya? Yuk, simak pembahasan dan review selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro

Asus ROG Phone 6 Pro 

Sebelum membahas reviewnya, sebaiknya kamu pahami dulu spesifikasi teknis dari Asus ROG 6 Pro. Spesifikasi teknisnya akan ditampilkan di tabel berikut ini.

KeluaranJuli 2022
Platform
RAM18GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm)
Penyimpanan512GB
CPUOcta-core (1×3.19 GHz Cortex X2 + 3×2.75 GHz Cortex A710 + 4×1.80 GHz Cortex A510)
Sistem OperasiAndroid 12
Kamera Belakang
Triple Camera50 MP (wide) f/1.9
13 MP (ultrawide) f/2.2
5 MP (macro) 
Video8K@24 fps
4K@30/60/120 fps
1080p@30/60/120/240 fps
720p@480 fps
FiturPanorama, HDR, LED Flash
Kamera Depan 
Single Camera12 MP (wide)
Video1080p@30/60fps
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi173 x 77 x 10.3 mm 
Berat239 gram
WarnaStrom White
Layar6.78 inch
ResolusiAMOLED (1080 x 2448 pixels)
BateraiLi-Po (6000 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual nano SIM
Dukunganfingerprint, compass, proximity, gyro, accelerometer
Bluetooth5.2 A2DP
GPSAGPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC
NFCYa
USBUSB Type C 2.0 (bottom)
USB Type C 3.1 (side)

Review Asus ROG Phone 6 Pro

Spesifikasi Asus ROG Phone 6 Pro

Sudah beberapa tahun ini, Asus menarik diri dari persaingan pasar smartphone reguler. Pihaknya lebih fokus pada smartphone gaming hardcore. Hal ini dibuktikan dengan meluncurnya Asus ROG Phone 6 Series pada Juli lalu.

ROG Phone 6 Pro merupakan generasi penerus dari ROG Phone 5 Pro. Bersamaan dengan itu, Asus juga meluncurkan Asus ROG Phone 6 versi biasa.

Tidak ada banyak perbedaan yang ada di antara ROG Phone 6 versi Pro dan biasa. Versi Pro lebih unggul di sektor RAM dan storage. Untuk mengetahui review lebih mendalam, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro 

Kelebihan Asus ROG Phone 6 Pro 

  • Baterai Super Awet

Untuk menunjang kebutuhan gaming, Asus membekali ROG Phone 6 pro dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh. Kapasitasnya melebihi smartphone pada umumnya.

Tidak hanya kapasitasnya yang besar, pengisian daya smartphone ini juga sangat cepat. Teknologi Hypercharger yang punya kecepatan 65 watt hanya butuh waktu 42 menit untuk charging dari 0 ke 100 persen.

Untuk kebutuhan charging sendiri, kamu bisa pilih port samping atau bawah. Posisi charging bisa disesuaikan dengan kenyamanan dan selera kamu. 

  • Refresh Rate Layar Tinggi

Aspek berikutnya yang diunggulkan oleh ROG Phone 6 Pro adalah layarnya. Ukurannya 6,78 inci dan sudah menggunakan layar AMOLED. Layarnya sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang sangat kokoh.

Resolusi yang digunakan adalah 1080×2448 pixels dan didukung dengan refresh rate 165 Hz. Kombinasi ini menghasilkan kualitas gambar super bagus dan menyenangkan saat dipakai untuk gaming.

Refresh rate 165 Hz terbilang sangat tinggi. Apalagi dibandingkan dengan smartphone flagship lain yang cuma mentok di angka 120 Hz.

  • Sertifikasi IPX4

Tidak hanya layar yang tahan banting, seluruh bodi ROG Phone 6 Pro juga tangguh. Bagaimana tidak, smartphone ini sudah punya sertifikat IPX4. 

Artinya, smartphone ini bisa bertahan dari cipratan air normal dari segala arah. Ada jaminan bahwa ROG Phone 6 Pro tetap berfungsi dengan normal setelah terkena tumpahan air.

  • Performa Tidak Perlu Diragukan

Kalau urusan performa sih jelas, ROG Phone 6 Pro sama sekali nggak bisa diragukan. Asus membekalinya dengan Snapdragon terbaru, 8+ Gen 1.

Di atas kertas, clock speednya bisa mencapai 3,2 GHz. Untuk menunjang performanya, disematkanlah GPU Adreno 730 yang mampu mencapai kecepatan 900 Hz.

Performa chipset ini benar-benar bisa dimaksimalkan karena Asus memberikan sistem pendinginan terbaik untuk smartphone ini bernama GameCool 6. Dengan sistem ini, suhu smartphone bisa turun sampai 10 derajat Celsius.

  • Fitur Gaming Lengkap

Fitur gaming di HP ini tentu saja sangat lengkap. Sesuai dengan branding yang dimiliki ROG Phone selama ini.

Salah satu yang paling diunggulkan adalah sensor sentuh ultrasonik AirTrigger6. Sensor ini diletakkan menyebar di sisi kanan dan belakang smartphone.

Uniknya, sensor ini bisa diprogram sendiri oleh pengguna. Jadi, fungsinya bisa lebih maksimal menyesuaikan dengan game yang sedang dimainkan.

  • Sistem Operasi Khusus Gaming

Karena ROG Phone memang dikhususkan untuk kebutuhan gaming, Asus juga tidak mau setengah-setengah. Pihaknya tidak hanya memaksimalkan ROG Phone 6 Pro dari segi hardware, sisi software juga diperhatikan dengan baik.

Hal ini dibuktikan melalui ROG UI berbasis Android 12. Kabarnya, smartphone ini akan mendapatkan update sampai Android 14.

ROG UI benar-benar mendukung para gamers. Hampir seluruh elemennya bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan masing-masing pengguna.

  • Speaker Stereo Kualitas Terbaik

Untuk kebutuhan gaming, ROG Phone 6 Pro menghadirkan 2 buah speaker stereo. Agar lebih maksimal, keduanya dibuat simetris dan menghadap ke pengguna. Kualitas suaranya sangat jernih berkat kolaborasi dengan Dirac.

Untuk kebutuhan audio, Asus sengaja tidak menghilangkan jack audio 3,5mm. Dengan begitu, gamers bisa leluasa menggunakan wired earphone. Kalau ingin menggunakan TWS, smartphone ini juga sangat minim latensi.

Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro

Kekurangan Asus ROG Phone 6 Pro

  • Kamera Biasa Saja

Kekurangan atau poin minus yang dimiliki oleh ROG Phone 6 Pro adalah kameranya. Smartphone ini memang lebih fokus pada dapur pacu, kualitas layar, dan efisiensi daya, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan gaming.

Nggak heran kalau akhirnya sektor kamera seperti diabaikan. Sebenarnya, kamera utama 50 MP sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Yang disayangkan adalah lensa pendukung berupa ultrawide dan macro.

Masing-masing lensa pendukung tersebut hanya 13 MP dan 5 MP. Tentu sangat kurang untuk smartphone yang bisa dibilang masuk ke kelas flagship ini.

  • Absennya Slot MicroSD

Kapasitas internal memori di ROG Phone 6 Pro adalah 512 GB. Bagi Asus, kapasitas tersebut sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan para gamers.

Namun absennya Slot MicroSD cukup disayangkan karena tidak sedikit pengguna yang masih mengandalkan MicroSD untuk memperluas storage.

  • Aksesoris Dijual Terpisah

Ada banyak aksesoris yang kompatibel dengan ROG Phone 6 Pro. Salah satunya adalah AeroActive Cooler 6. Sayangnya, aksesoris tersebut dijual secara terpisah.

Asus tidak menyertakan tool pendingin ini dalam paket penjualannya. Padahal AeroActive Cooler 6 diklaim oleh Asus sendiri punya kemampuan menurunkan suhu smartphone sampai 25 derajat Celsius. Akan sangat menyenangkan kalau alat ini tidak dijual terpisah.

Harga Asus ROG Phone 6 Pro 

Untuk saat ini, ROG Phone 6 Pro masih belum dijual secara resmi di Indonesia. Tapi di pasar India, smartphone yang satu ini dijual dengan harga resmi 89.999 Rupee atau setara dengan 17 juta Rupiah.

Itulah dia review lengkap Asus ROG Phone 6 Pro beserta dengan harganya. HP ini wajib dimiliki oleh para gamers seperti kamu.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Asus ROG Phone 6 Pro 

Leave a Reply

Your email address will not be published.