Spesifikasi dan Review Sonim XP5plus 2024

Kemunculan dari Sonim XP5plus ini memiliki keunikan tersendiri yang membuat para masyarakat tertarik ingin memilikinya. Salah satu alasannya yaitu karena dari segi form factornya yang memiliki bentuk Candy Bar atau feature. Tentu saja keunikan ini belum bisa dijumpai di perangkat keras lain.

Spesifikasi Sonim XP5plus

Sonim XP5plus

Keluaran 2022
Platform
RAM 2 GB
Chipset snapdragon Qualcomm n 662
Penyimpanan 16 GB
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Silver Kryo 260 Gold dan 4×1.8 GHz)
Sistem Operasi Sonim OS 
Kamera Belakang
Main Camera 8MP
Video Video: 1080p@30fps, LED Flash
Fitur PDAF, AF, LED flash, gimbal OIS, HDR, panorama, gyro-EIS.
Kamera Depan
Single Camera
Video
Fitur
Bodi
Dimensi 148. x 217 x 65.9 mm
Berat 275 gram
Warna Black (hitam)
Layar TFT LCD
Resolusi 320 x 240 piksel
Baterai Li-Po 3500 mAh(removable) Dapat dicabut-pasang
Konektivitas
Jaringan 2G, 3G, 4G
SIM (Slot Khusus) Dual SIM
Dukungan
Bluetooth LE, 5.0, A2DP
GPS A-GPS, GALILEO, GLONASS dan BDS
NFC Tersedia
USB USB Type-C
Port Tidak Tersedia
Lain-lain
Sensor Accelerometer, kenop kontrol PTT atau push to talk letaknya di atas bodi dan barometer
Radio Tidak Tersedia

Review Sonim XP5plus

Spesifikasi Sonim XP5plus

Berhubung Smartphone ini sudah mempunyai sistem operasi dengan basis Android, maka dapat dikatakan sebagai ponsel pintar. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan dari Sonim XP 5 Plus ini. Termasuk ketahanan yang sangat baik terhadap air dan debu.

Hal ini dikarenakan Sonim memiliki sertifikasi IP68 yang mana hal ini bisa membuat ponsel ini mampu bertahan di air dengan kedalaman curam. Ada juga IPX9k yang menjadi Ingress protection tertinggi.

Berkat adanya IPX 9K inilah yang bisa melindungi ponsel dari adanya kerusakan pada saat tersiram air maupun semprotan air yang bertekanan maupun bersuhu tinggi. Tidak sampai di situ saja, Sonim XT15 ternyata juga telah terverifikasi Niel STD 810 supaya bertahan dalam kondisi yang ekstrem.

Pada saat dibanting maupun ditendang, maka ponsel ini tidak akan mengalami kerusakan. Bahkan, ponsel tersebut terlihat seolah baik-baik saja dan tidak terjadi apa-apa. Sonim juga mempunyai varian dengan menghadirkan tombol pengendalian atau PTT letaknya ada di bagian atas.

Jadi sangat cocok untuk penggunaan HT POC untuk industri, supermarket, perhotelan, logistik ritel, atau industri manapun. Ponsel ini sangat cocok digunakan karena bisa melakukan komunikasi dua arah dengan jaringan seluler dan posisinya suara yang dihadirkan sangat jernih.

Kelebihan Sonim XP5plus

Kelebihan Sonim XP5plus

Mengingat bahwa ponsel pintar ini mampu bertahan ketika memperoleh semprotan air. Oleh karena itu, hal ini dapat dipastikan bahwa proses membersihkan ponsel ini juga lebih mudah, walaupun terjatuh atau terkena lumpur.

Melihat ketangguhan Sonim XP 5 Plus, bisa diartikan dengan kata lain bahwa XP 5 plus sangat cocok digunakan pada medan yang ekstrem. Seperti perminyakan maupun situs pertambangan.

Hal yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian smartphone yaitu melihat dari segi fitur dan kelebihan yang dimilikinya. Hal ini juga sama seperti yang ditawarkan oleh XP5S plus. Berikut ini daftar kelebihan yang dimaksud:

  • Masa Pakai Baterai Lama

Jika kamu menginginkan kapasitas baterai yang besar, maka bisa menggunakan ponsel yang satu ini. Sonim telah menanamkan baterai sebesar 3500 mAh yang mana hal ini pastinya sangat memberikan dukungan ketika digunakan untuk bermain game atau melakukan aktivitas berat.

Misalnya saja seperti menonton film, menonton video, browsing, atau yang lainnya. Dengan kapasitas baterai yang besar, pastinya kamu tidak akan terlalu sering melakukan charger.

  • Kualitas Audio

Dari dulu hingga sekarang Sonim memang sudah terkenal karena adanya kualitas audionya yang superior. Terlebih lagi untuk audio tersebut juga terpasang di semua perangkat. Jadi kehadiran dari Sonim XP 5 Plus ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Selain itu, ada juga teknologi go-odik eco maupun noise canceling yang secara sengaja dipasang di bagian speaker 100 DB plus keluaran terbaru. Dengan begitu, untuk suaranya benar-benar sangat memukau.

  • Tersedia Banyak Fitur

Memiliki handphone dengan fitur yang banyak pastinya menjadi impian semua orang. Hal ini juga berlaku pada XPS 5 Plus yang menjadikan alasan mengapa cukup populer di pasaran. Alasannya karena fitur yang dimilikinya sangat banyak.

Melalui fitur inilah, maka ponsel ini sangat cocok jika digunakan untuk melakukan komunikasi dan untuk meningkatkan pekerjaan agar bisa berjalan dengan baik. Terlebih lagi ponsel ini juga bisa diakses hanya dengan menggunakan jaringan internet saja.

Beberapa fitur yang ditawarkan Sonim XP 5 Plus yaitu seperti sholimbare dan enterprise mobility yang sangat berguna bagi pelanggan supaya lebih mudah dalam menerapkan mendukung maupun mengelola perangkat seluler yang ada di lapangan.

Ada juga konektor Sony Secure Audio yang telah menyediakan koneksi supaya lebih aman dan dapat diandalkan.

  • Kompatibel dengan Berbagai Aksesoris

Kelebihan selanjutnya yang bisa dirasakan yaitu bahwa perangkat ini sangat kompatibel bersama dengan beberapa aksesoris kelas industri. Hal ini juga termasuk seperti dudukan kendaraan RSM headset maupun yang lainnya.

Keunggulan lainnya bahwa XPS 5 plus ini ternyata juga dibekali dengan garansi komprehensif selama 3 tahun. Jadi apabila mengalami kerusakan sebelum 3 tahun kamu bisa mengklaim garansi tersebut.

Kekurangan Sonim XP5plus

Kekurangan Sonim XP5plus

Ada beberapa kelemahan yang membuat perangkat ini belum banyak dilirik oleh masyarakat Indonesia. Walaupun fungsinya sangat kompatibel, namun ada beberapa poin kekurangan yang bisa kamu cek melalui berikut ini:

  • Body Terlalu Berat

Kekurangan yang pertama yaitu dari segi bodinya yang terlalu berat. Bagaimana tidak? Perangkat ini mempunyai bobot 260 gram. 

Dengan bobot tersebut, sudah bisa dipastikan ponsel ini tidak ringan. Jadi, pastinya cukup merepotkan apabila harus meletakkannya ke dalam saku baju atau saku celana.

  • Harus Menggunakan Adaptor

Pada saat digunakan di beberapa tempat lain, maka Sonim XP 5 Plus membutuhkan adaptor maupun converter. Untuk itu sebelum melakukan pembeliannya kamu diharapkan agar selalu melakukan pemeriksaan dari segi kompresibilitas dari perangkat yang satu ini.

Harga Sonim XP5plus

Perangkat keras yang tahan banting ini dibandrol dengan harga yang tidak terlalu mahal yaitu hanya Rp2.950.000 saja. Dengan harga tersebut, maka kamu bisa menikmati segala fitur dan spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas.

Keunggulan lainnya yaitu bahwa ini adalah ponsel yang kokoh dan tahan banting sehingga sangat minim terhadap kerusakan walaupun ponsel tersebut terjatuh.

Perkembangan akan teknologi di zaman sekarang ini memang tidak dapat terbendung karena banyaknya perangkat baru yang menyuguhkan berbagai keunggulan dan fitur yang sangat lengkap. Salah satunya yaitu Sonim XP5plus yang dijamin membuat para penggunanya merasa dimanjakan.

[quads id=10]

Video Promosi Official Sonim XP5plus