12+ Alasan Kenapa WA Tidak Bisa Masuk dan Solusinya!!

Posted on

WhatsApp hampir sama dengan berbagai macam aplikasi. Aplikasi ini bisa saja sewaktu-waktu mengalami gangguan. Entah itu error, server down, atau terkadang juga tidak bisa masuk. Kami akan menyoroti masalah yang terakhir yakni mengenai kenapa WA tidak bisa masuk dan menjelaskan secara detail mengenai penyebabnya.

Sebenarnya, cukup banyak faktor yang bisa mempengaruhi WhatsApp dan bisa menyebabkan gangguan terjadi padanya. Hal itu yang kemudian bisa membuat WhatsApp tidak bisa bekerja secara optimal. Lantaran ada banyak alasan mungkin cara penyelesaian masalah tersebut juga akan berbeda.

Nah, bagi kamu yang memang ingin mencari tahu penyebab WhatsApp tidak bisa masuk, kami bisa memberikan penjelasannya di sini.

Kenapa WA Tidak Bisa Masuk?

Kenapa WA Tidak Bisa Masuk

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, alasan WhatsApp tidak bisa dibuka itu bisa bermacam-macam. Terkadang dari ponselnya dan tak jarang pula masalah muncul gara-gara aplikasinya. Berikut penjelasan lengkapnya:

  1. HP Tidak Support Versi WhatsApp

Penyebab pertama mengapa WhatsApp tidak dapat masuk bisa saja karena ponsel yang kamu pakai memang sudah tidak support dengan versi aplikasi WhatsApp. Kamu mungkin sudah tidak heran kalau setiap aplikasi di ponsel itu selalu memiliki versi terbaru.

Dengan kata lain, seiring berjalannya waktu juga semakin banyak pembaharuan atau update yang dilakukan. Sistem update ini yang sebenarnya mengharuskan setiap orang mendownload aplikasi versi terbaru termasuk WhatsApp.

Saat kamu sudah menyadari bahwa ponselmu terlalu jadul, bisa saja kemungkinan terbesar WhatsApp tidak bisa masuk adalah karena ponselmu itu. Jadi, WhatsApp versi terbaru yang memberi syarat spesifikasi tertentu memang tidak kompatibel dengan perangkat.

Kamu bisa mencari informasi dulu mengenai perangkat dengan spesifikasi apa saja yang sudah tidak didukung oleh versi WhatsApp terbaru. Umumnya, ponsel dengan OS lama memang sudah tidak bisa mendukung aplikasi WhatsApp.

Jika memang penyebab utama yang kamu alami adalah demikian, maka sangat kami sarankan agar mengganti ponsel menjadi ponsel dengan spesifikasi terbaru. Sekarang, kamu bisa mendapatkan ponsel tersebut tanpa perlu mengeluarkan banyak uang karena rata-rata memang murah.

  1. Aplikasi WhatsApp Error

Aplikasi WhatsApp Error

Tidak hanya masalah pada ponsel yang usang saja, alasan kenapa WA tidak bisa masuk juga bisa loh disebabkan karena aplikasi WhatsApp itu sendiri. Contohnya saja, kamu sudah tahu kalau ponsel milikmu telah memakai spesifikasi yang kompatibel dengan cukup banyak aplikasi termasuk WhatsApp.

Meskipun begitu, kamu malah tetap tidak bisa menggunakannya. Nah, kemungkinan besar tidak bisa masuk WhatsApp tersebut terjadi karena aplikasinya memang sedang error.

Contohnya saja, beberapa waktu lalu WhatsApp mengalami sistem yang down. Kamu tetap tidak bisa melakukan percakapan grup ataupun secara personal kepada siapapun.

Kasusnya mungkin berbeda, tapi penyebabnya bisa karena aplikasi itu sendiri yang mengalami error. Jika mengalami ini, mungkin belum ada cara yang bisa dilakukan. Kamu hanya bisa menunggu developer WhatsApp memperbaikinya.

  1. Masalah pada Cache Aplikasi

Alasan lain yang bisa menjelaskan mengapa WhatsApp milikmu tidak bisa masuk yakni adanya masalah di cache aplikasi. Kemungkinan besar, kamu sedang membuka WhatsApp bersamaan dengan aplikasi lain.

Hal itu bisa saja membuat aplikasi WhatsApp yang awalnya terbuka, jadi terhenti. Tapi, kalau kamu coba untuk menutup aplikasinya, tetap tidak bisa bekerja. Solusinya tentu mudah.

Coba saja hapus cache aplikasi yang secara bersamaan sedang berjalan. Bisa buka lewat menu Setelan lalu pilih menu Aplikasi. Biasanya menu ini juga disebut sebagai Application Manager. Di sana kamu bisa menghapus cache sesukamu.

Setelah itu, bersihkan saja cachenya. Tanpa membutuhkan waktu yang lama, mungkin masalah yang terjadi pada WhatsApp juga bisa teratasi dengan maksimal.

  1. Spesifikasi Ponsel yang Rendah

Masalah lain yang mungkin saja mengakibatkan WhatsApp tidak bisa masuk yakni spesifikasi ponsel yang memang rendah. Katakanlah kalau suatu hari kamu sedang asyik chattingan menggunakan WhatsApp.

Tapi sayangnya, tanpa tahu penyebab yang jelas WhatsApp malah tiba-tiba berhenti. Hal itu bisa saja terjadi kalau ponsel milikmu memang mengalami lag. Biasanya penyebab utama dari hal itu adalah spesifikasi ponselmu yang rendah.

Maka dari itu, tidak heran ketika kamu membuka WhatsApp, tiba-tiba bisa force close dan bisa berhenti secara tiba-tiba. Kalau ini yang terjadi, tentu mengatasinya bukan hal yang sulit.

Kamu bisa langsung restart ponsel saja. Biasanya, setelah merestart ponsel, maka masalah tersebut bisa langsung teratasi. Secara otomatis juga, kamu pun bisa menggunakan WhatsApp seperti awal lagi.

  1. Belum Update WhatsApp

Belum Update WhatsApp

WhatsApp tentu ingin memberikan fitur dan layanan yang optimal bagi semua penggunanya. Salah satu upaya yang mereka lakukan di antaranya dengan memperbaharui WhatsApp secara berkala.

Hal itu juga menyebabkan setiap orang yang memang menggunakannya juga harus memperbaharui versi WhatsApp yang digunakan. Ketika sudah ada pembaharuan, pastikan kalau kamu sudah mendapatkan versi terbarunya.

Saat ada pembaharuan Whatsapp tapi kamu belum memperbaharuinya dalam waktu cukup lama, biasanya WhatsApp jadi tidak bisa dibuka. Ini juga yang bisa menjadi jawaban atau pertanyaan kenapa WA tidak bisa masuk.

Maka dari itu, sangat disarankan agar kamu melakukan update secara rutin agar tidak ada masalah yang terjadi. Tapi, kamu tidak perlu khawatir lupa update. Biasanya ada notifikasi yang muncul kalau WhatsApp memiliki versi terbaru.

Nah, ketika sudah mendapatkan notifikasi tersebut, kamu bisa deh mendownload update atau versi terbaru WhatsApp-nya.

  1. Jaringan Internet Bermasalah

Periksa Koneksi Internet

WhatsApp tentu saja tidak bisa masuk atau dibuka ketika jaringan internetmu bermasalah. WhatsApp adalah aplikasi chatting yang jelas menjadikan koneksi internet yang baik.

Saat koneksi internet yang kamu gunakan sedang bermasalah, tentu saja kamu tidak bisa mengakses WhatsApp. Coba saja untuk mengganti jaringan internetnya. Entah itu dengan numpang WiFi tetangga atau mencoba ganti kartu 5G.

Dengan begitu, mungkin masalah tidak bisa mengakses WhatsApp bakalan bisa teratasi dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk reset jaringan. Mungkin cara ini memang bisa mengatasi masalah koneksi WiFi-mu yang bermasalah.

Saat mencobanya dengan reset atau restart koneksi, masalah WhatsApp yang tidak bisa diakses mungkin bisa langsung teratasi.

  1. Router WiFi Bermasalah

Untuk pembahasan di bagian ini, mungkin masih belum beranjak dari masalah jaringan internet. Kalau kamu memutuskan untuk memakai WiFi sebagai koneksi tapi WhatsApp masih tidak bisa diakses, mungkin masalah utamanya juga terjadi pada WiFi.

Nah, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan terhadap router WiFi yang kamu pakai. Jangan lupa memastikan kalau WiFi yang kamu pakai bisa terkoneksi dengan baik.

Tapi, kalau WiFi-nya tidak terkoneksi ke internet, maka kamu harus coba untuk restart routernya. Coba matikan router sejenak, tunggu 10 menit, dan coba nyalakan lagi. Tak jarang, metode ini bisa mengatasi masalah pada router.

Nah, kalau masih saja mengalami masalah di WiFi, sangat disarankan agar kamu langsung saja menelpon penyedia layanan WiFi-nya. Bilang saja untuk mendatangkan teknisi agar masalah tersebut bisa segera diatasi.

  1. Lupa Menghidupkan Notifikasi

Kalau yang kamu maksudkan adalah tidak adanya WhatsApp yang masuk ke dalam notifikasi, kasusnya tentu saja berbeda. Kamu harus memastikan pengecekan pada bagian notifikasi.

Pastikan kalau semua notifikasi aplikasi sudah di-enable atau sudah kamu aktifkan. Saat kamu memang tidak mengaktifkannya, tentu tidak heran jika tidak ada pesan yang masuk.

Setiap perangkat ponsel mungkin memiliki UI yang berbeda. Tempat untuk mengatur izin notifikasinya pun mungkin berbeda. Namun, umumnya notifikasi bisa dicek lewat menu Pengaturan. Coba saja cek pada menu Pengaturan dan Aplikasi.

Di sana, biasanya sudah ada opsi mengenai izin untuk mengaktifkan notifikasi. Setelah sedikit melakukan perubahan aplikasi, selanjutnya kamu bisa coba restart dulu. Kemudian cobalah minta orang lain mengirimkan pesan dan lihat apakah WhatsApp sudah masuk atau belum lewat notifikasi.

  1. Mengaktifkan Fitur Hemat Daya

Mengaktifkan Fitur Hemat Daya

Mungkin penyebab ini akan sedikit membuatmu heran. Ternyata, fitur hemat daya yang diaktifkan juga bisa loh membuat WhatsApp milikmu jadi tidak masuk. Setiap WhatsApp baru bisa terbaca dan bisa masuk ketika kamu membukanya.

Fitur ini sekilas memang bermanfaat. Namun, ada hal yang mungkin tidak kamu sadari. Saat mengaktifkannya maka mode hemat daya ini bakal mengurangi aktivitas background pada setiap aplikasi yang terinstal. Salah satunya termasuk WhatsApp.

Sangat disarankan untuk tidak menghidupkan mode hemat daya agar pesan WhatsApp bisa masuk dan aplikasi WhatsApp bisa berjalan dengan lancar kembali.

  1. Mengaktifkan Fitur Hemat Data

Belum cukup pada fitur hemat daya saja, kalau kamu mengaktifkan fitur hemat data, mungkin masalah sejenis juga bisa terjadi. Ini juga bisa menjadi penyebab kenapa WA tidak bisa masuk.

Mode hemat data, umumnya dipakai agar penggunaan data di latar belakang bisa dikurangi dan dinonaktifkan. Dengan aktifnya mode ini, mungkin notifikasi pesan yang masuk juga akan dimatikan agar lebih menghemat data.

Kalau kamu ingin tetap menerima pesan yang masuk seperti biasa. Maka sangat disarankan untuk menonaktifkan saja fitur satu ini. Kalau tidak mau boros, ya sudah kurangi saja nonton status, YouTube, atau memainkan media sosial lainnya.

Dengan begitu, notifikasi WhatsApp dari orang lain tetap bisa masuk dan data atau kuota internet yang kamu miliki juga akan lebih hemat.

  1. Menonaktifkan Data Background WhatsApp

Salah satu alasan lain yang juga bisa menjadi penyebab WA tidak bisa masuk adalah kamu sebenarnya pernah menonaktifkan data background WhatsApp. Mungkin kamu perna berencana untuk menghemat data dengan cara ini.

Memang bisa hemat, sih. Hanya saja, ketika kamu sudah menonaktifkannya maka akibat yang bisa muncul salah satunya WhatsApp tidak bisa masuk. Untuk itu, jangan lupa memastikan data backgroud WhatsApp sudah kamu nyalakan atau aktifkan.

  1. Sedang Membuka WhatsApp Web

Website resmi WhatsApp menjelaskan kalau salah satu masalah yang bisa menyebabkan terhambatnya pesan masuk adalah kamu sedang membuka WhatsApp Web. Sangat disarankan untuk log out setelah selesai menggunakannya.

Nantinya ketika kamu memang membutuhkan WhatsApp Web lagi, baru bisa login agar tidak mengganggu kinerja dari WhatsApp yang ada di ponsel.

Penutup

Itu adalah beberapa penyebab kenapa WA tidak bisa masuk yang bisa kamu perhatikan. Coba cek satu per satu, masalah utamanya pasti akan ketahuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.