Spesifikasi dan Review Xiaomi 12S 2022

Posted on

Bulan Juli lalu, Xiaomi meluncurkan sebuah produk baru, yaitu Xiaomi 12S Ultra. Smartphone kelas menengah ini menyita perhatian para gadget enthusiast karena tampilannya yang sangar. Apakah HP ini sesangar penampilannya? Mari kita bahas reviewnya di artikel ini.

Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi 12S Ultra

Tabel di bawah ini menunjukkan spesifikasi lengkap dari smartphone Xiaomi 12S varian Ultra.

KeluaranJuli 2022
Platform
RAM8GB/12GB
ChipsetQualcomm SM8475 Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm)
Penyimpanan256GB/512GB
CPUOcta-core (1×3.19 GHz Cortex-X2, 3×2.75 GHz Cortex-A710, 4×1.80 GHz Cortex-A510)
Sistem OperasiAndroid 12 (MIUI 13)
Kamera Belakang
Quad Camera50,3MP (wide) f/1.9

48MP (periscope telephpoto) f/4.1

48MP (ultrawide) f/2.2

TOF 3D depth

Video8K@24fps

4K@30/60fps

1080p@30/60/120/240fps

720p@3480fps

FiturLeica lenses, Panorama, HDR, Dual-LED flash
Kamera Depan 
Single Camera32MP (wide) f/2.4
Videoya
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi163.2 x 75 x 9.1mm 
Berat225 gram
WarnaDark Green, Black
Layar6.73inch
ResolusiLTPO2 AMOLED (1440 x 3200 pixels)
BateraiLi-Po (4860 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual nano SIM
Dukunganfingerprint, barometer, color spectrum, compass, gyro, accelerometer
Bluetooth5.2 A2DP
GPSAGPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC
NFCYa
USBUSB Type C 2.0

Review Xiaomi 12S Ultra

Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra

Xiaomi meluncurkan 12S Series yang salah satunya adalah varian Ultra. Smartphone ini merupakan varian paling tinggi. Seri ini merupakan penerus dari Mi 10 dan Mi 11 series. 

Bagian yang paling ditonjolkan oleh Xiaomi di smartphone flagshipnya ini adalah kamera super besar di bagian belakang. Ada juga SoC yang digadang-gadang punya performa super kencang. Bagaimana review lebih lengkapnya? Mari simak penjelasan berikut.

Kelebihan Xiaomi 12S Ultra

Kelebihan Xiaomi 12S Ultra

  • Desain Elegan dan Mewah

Desain 12S Ultra memang dibuat sangat premium. Di bagian back door, teksturnya dibuat mirip dengan tekstur kulit sapi. Feel saat memegangnya menjadi lebih mantap dan berbeda dengan smartphone lainnya.

Hampir setengah bagian belakang smartphone ini diisi oleh modul kamera yang berukuran super besar. Bagian modul kamera ini terbuat dari material emas. Desain seperti ini tampak sangat elegan dan menjadi ciri khas tersendiri untuk smartphone flagship Xiaomi tersebut.

Tampilan di bagian depannya juga tidak kalah mewah. Sisi kanan dan kiri layar smartphone ini dibuat melengkung sehingga feel saat digenggam lebih enak. Sedangkan di bagian atas dan bawahnya dibuat lebih datar sehingga tampak lebih tegas.

  • Tahan Debu dan Air

Tidak hanya tampil mewah dan elegan, Xiaomi flagship yang satu ini sudah mendapatkan sertifikasi IP68. Artinya, smartphone ini lebih aman dan tahan jika dimasukkan ke air sampai kedalaman 1,5 meter maksimal selama 30 menit.

Namun penggunaan di dalam air sebenarnya tidak terlalu direkomendasikan dengan alasan keamanan. Jika terpaksa harus membawa smartphone saat berenang, gunakan kantung waterproof. Tidak hanya air, smartphone ini juga lebih tahan terhadap debu.

  • Tampilan Layar Menawan

Xiaomi 12 S Ultra sudah menggunakan panel layar jenis AMOLED yang ukurannya 6,73 inch. Layar ini mampu menghasilkan warna 10 bit sesuai dengan standar DCI-P3.

Layar ini sudah menggunakan teknologi LTPO2 sehingga mampu menyesuaikan refresh rate. Refresh rate maksimalnya adalah 120 Hz yang bisa disesuaikan sampai ke 1 Hz sesuai kebutuhan. Dengan begitu, daya bisa lebih dihemat karena tidak menggunakan refresh rate tinggi secara terus menerus.

  • Performa Super Kencang 

Smartphone flagship Xiaomi yang satu ini sudah menggunakan SoC atau chipset terbaru dari Qualcomm. Namanya adalah Snapdragon 8+ Gen 1 dengan fabrikasi 4 nm. Chipset ini jauh lebih bertenaga dibandingkan dengan Snapdragon 888 yang dipakai di Xiaomi Mi 11 Ultra.

Setelah dilakukan pengetesan menggunakan AnTuTu 9, Xiaomi 12 S Ultra menghasilkan skor 1.039.412. Angka yang cukup fantastis. Smartphone ini mampu melibas game-game berat seperti Genshin Impact dengan performa memuaskan.

Kalau untuk aktivitas lain yang ringan-ringan, Xiaomi 12 S Ultra ini jelas mampu melakukannya dengan sangat baik.

  • Kualitas Kamera yang Ciamik

Xiaomi 12 S Ultra menggunakan lensa kamera Leica yang tersohor akan kualitasnya. Kamera utamanya adalah lensa wide sebesar 50,3MP dengan bukaan f/1.9. Selain itu masih dilengkapi dengan 3 kamera lain seperti ultrawide 48MP, telephoto 48MP, serta kamera ToF 3D untuk depth sensor.

Kamera utamanya punya ukuran sensor sebesar 1 inci. Karena ukuran sensornya lebih besar, kamera ini pun mampu menangkap cahaya yang lebih banyak. Bahkan mencapai 72% jika dibandingkan dengan Xiaomi Mi 11 Ultra.

Sudut pandang kamera ultrawidenya terbilang luas, yaitu 128 derajat. Sedangkan untuk kamera tele bisa melakukan optical zoom sampai 5x. Seluruh lensa kamera dilengkapi dengan fitur autofocus. 

  • Speaker Mantap

Speaker yang dipasang di Xiaomi 12 S Ultra ini sudah menggunakan sistem stereo. Artinya, ada dua speaker yang siap memberikan pengalaman terbaik dalam mendengarkan audio. Tidak tanggung-tanggung, Xiaomi bekerja sama dengan Harman Kardon untuk urusan audio ini.

Kualitas audionya jadi lebih mantap karena sudah didukung oleh teknologi Dolby Atmos. Kualitas speaker smartphone ini bisa diadu dengan iPhone 13 Pro Max. Trebel, vokal, dan bass terdengar dengan sangat jelas, baik di volume rendah maupun tinggi.

  • Baterai Awet

Seluruh keunggulan tadi kurang lengkap kalau tidak ditenagai dengan baterai awet. Kapasitas baterai Li-Po yang dibawa oleh Xiaomi 12 S Ultra adalah 4.860 mAh. Meski kapasitasnya tidak begitu istimewa, daya tahannya tidak perlu diragukan.

Jika menggunakan jaringan Wi-Fi dan hanya digunakan untuk browsing, baterainya bisa bertahan sampai hampir 15 jam. Kalau kamu memakainya hanya untuk telepon, baterainya bisa bertahan sampai hampir 28 jam.

Apalagi sudah mendukung fast charging hingga 67 Watt menggunakan kabel. Untuk wireless charging, kecepatannya bisa mencapai 50 Watt.

Kekurangan Xiaomi 12S Ultra

Kekurangan Xiaomi 12S Ultra

  • Kecepatan Fingerprint Dipertanyakan

Smartphone ini memakai fingerprint optik yang ditanam di bawah layar. Sayangnya, teknologi ini masih cukup lambat untuk memindai sidik jari pengguna. Akan lebih baik jika Xiaomi menggunakan sensor ultrasonik di smartphone flagshipnya.

  • Inkonsistensi Hasil Tangkapan Kamera

Konfigurasi kamera di 12S Ultra memang sangat apik. Sayangnya, hasil yang diberikan kadang tidak konsisten. Ada perbedaan warna yang dihasilkan antara kamera utama, telephoto, dan ultrawide. Kamera telenya juga tidak bekerja dengan baik di kondisi kurang cahaya.

  • Kamera Depan Biasa Saja

Masih dari segi kamera, selfie camera milik Xiaomi seri 12S Ultra juga mengalami inkonsistensi. Terkadang, foto selfie yang dihasilkan tampak natural dengan tekstur wajah yang ditangkap dengan baik. Tapi tak jarang hasil foto selfie yang diberikan tampak sangat tidak natural.

Harga Xiaomi 12S Ultra

Saat ini, Xiaomi 12S varian Ultra masih baru dirilis untuk pasar Cina dengan banderol harga sebagai berikut.

  • Varian RAM 8GB ROM 256GB: 5.999 Yuan setara Rp 13,4 juta
  • Varian RAM 12GB ROM 256GB: 6.499 Yuan setara Rp 14,5 juta
  • Varian RAM 12GB ROM 512GB: 6.999 Yuan setara Rp 15,6 juta

Akhirnya, kita sudah sampai di ujung pembahasan tentang Xiaomi 12S Ultra. Kalau tertarik untuk memilikinya, kamu bisa membeli smartphone satu ini di toko resmi Xiaomi Indonesia.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Xiaomi 12S Ultra

Leave a Reply

Your email address will not be published.