Cara Membuat dan Membagikan Undangan Grup WA 2024!!


WhatsApp atau dikenal dengan WA merupakan alat komunikasi yang populer dan banyak digunakan. Banyak fitur yang ditawarkan di aplikasi ini, salah satunya adalah komunikasi berkelompok menggunakan grup. Banyak pengguna yang masih bingung untuk membuat dan membagikan undangan grup WA kepada orang lain.

Tidak perlu khawatir, banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat dan membagikan undangan tersebut seperti memanfaatkan fitur link grup. Sehingga kamu tidak perlu repot memasukkan pengguna lain ke dalam grup tersebut. Cara ini akan dijelaskan lebih detail yaitu sebagai berikut.

Cara Membuat Grup WhatsApp dengan Mudah

Jika kamu masih awam mengenai bagaimana cara membuat undangan grup WA, maka kamu dapat melakukannya dengan mudah. Tentu saja, untuk memastikan memiliki aplikasi WhatsApp dan masuk dengan akun yang telah dimiliki sebelumnya. Adapun langkah membuat grup WhatsApp sebagai berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp pada handphone, kemudian akan tampil halaman utama aplikasi WhatsApp
  • Klik menu New Chat yang ikonnya berbentuk pesan terletak di bagian pojok kanan bawah. Setelah klik menu tersebut, pilihlah opsi menu New Group
  • Akan terdapat tampilan kontak yang dapat kamu tambahkan ke dalam grup tersebut. Jika ingin menambahkan grup dengan anggota baru, maka pilih kontak yang ingin ditambahkan
  • Jika sudah, klik tombol Next yang berada di sebelah kanan bagian bawah
  • Ikuti petunjuk yang telah diarahkan dengan mengisi nama grup dan foto profil pada kolom yang tersedia
  • Jika kedua hal tadi sudah diisi secara lengkap, selanjutnya klik tombol Create untuk membuat grup
  • Selesai dan grup tersebut akan masuk ke room chat WhatsApp yang kamu miliki. 

Jika grup telah kamu buat, maka selanjutnya dapat mengundang pengguna lain dengan menggunakan undangan grup WA tanpa harus memasukkan pengguna satu persatu. Berikut cara membuat tautan grup WA agar pengguna lain dapat bergabung grup menggunakan tautan yang telah diberikan. 

Cara Membuat Tautan Grup WhatsApp

undangan grup WA

Setelah membuat grup dengan langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, maka kamu akan menjadi admin. Admin grup WhatsApp sendiri dapat membuat tautan agar pengguna lain dapat masuk ke dalam grup yang telah dibuat sebelumnya. Berikut cara membuat tautan grup tersebut, yaitu:

  • Buka grup chat yang telah dibuat sebelumnya dan klik ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan atas
  • Klik opsi Group Info atau Informasi Grup
  • Setelah di klik maka akan muncul rincian informasi dari grup tersebut
  • Gulir atau scroll ke bawah untuk menemukan menu Invite via Link
  • Jika sudah, maka terdapat link yang ditampilkan pada bagian atas
  • Untuk mengundang pengguna lain maka salin link tersebut dengan klik Copy Link, Send Link via WhatsApp, atau Share Link. Tidak perlu bingung karena opsi tersebut memiliki fungsi yang sama.
  • Selesai. Jika pengguna lain telah menerima undangan grup WA dan telah mengklik link tersebut maka otomatis akan bergabung dengan grup.

Tidak hanya membuat link saja, kamu juga dapat mengubah link tersebut sewaktu-waktu. Hal ini bertujuan agar tidak disalahgunakan dengan pengguna lainnya dan menghindari orang yang tidak diinginkan masuk. Caranya dengan menggunakan opsi Reset Link. Cara lainnya untuk menambahkan anggota yaitu menggunakan QR Code yang telah disediakan oleh pihak aplikasi WhatsApp.

Dengan cara di atas, pengguna yang kamu inginkan dapat masuk grup secara mudah menggunakan tautan yang telah dibagikan. Tidak hanya undangan grup WA saja yang dapat digunakan, namun kamu juga dapat menggunakannya sebagai kontak pribadi untuk keperluan media sosial. Selamat mencoba.