Tips Menyembunyikan Status Whatsapp Agar Privasi Anda Lebih Terjamin

Posted on

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang paling populer di Indonesia hingga saat ini, hampir seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai smartphone pasti mempunyai aplikasi chattingan ini. WhatsApp adalah salah satu aplikasi non-berbayar yang mempunyai fungsi utama sebagai media bertukar pesan dan panggilan yang mudah,aman, dan dapat diakses di seluruh dunia. WhatsApp sendiri juga diambil dari kata “whats up” yang berarti “apa kabar”.

Terdapat banyak tools menarik yang dimiliki oleh aplikasi ini yaitu chattingan,video call,telpon,dan status WhatsApp.Pembaruan Status WhatsApp menjadi menarik karena kita dapat saling berbagi kegiatan atau apapun yang dapat dilihat oleh siapapun di kontak Anda dengan syarat mereka juga menyimpan kontak Anda di nomor telepon.

Di Dalam pembaruan status ini pada umumnya dapat dibagikan secara default ke seluruh kontak Anda. Namun sebenarnya,anda dapat memberikan pembaruan status untuk seluruh kontak di alamat telepon anda atau dengan kontak tertentu saja. Pembagian status kadang dapat menjadi Boomerang tersendiri bagi kita karena banyak teman yang julid dengan status kita, maka dari itu menjadi penting untuk mengetahui bagaimana cara menyembunyikan status WA bagi orang-orang yang toxic.

Fitur privasi status

Sebenarnya fitur privasi status sebagai salah satu cara dalam menyembunyikan status waini hampir sama dengan fitur close friend baik di Facebook ataupun di Instagram, kita dapat membagikan status dalam bentuk apapun seperti foto,video,ataupun teks yang nanti akan menghilang setelah 1 x 24 jam.

Namun,terdapat perbedaan yang signifikan dari WhatsApp status dimana statusnya lebih personal karena hanya orang-orang yang kita simpan nomornya dan begitu sebaliknya, orang tersebut harus menyimpan kontak kita. Tidak hanya sampai disitu, pengguna aplikasi ini juga bisa membuat status WhatsApp menjadi lebih personal dengan cara menyembunyikan status WA atau story' dari publik dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu yang kita inginkan. Caranya pun juga hampir sama dengan aplikasi serupa seperti Instagram atau Facebook story'.

Sebelum membahas mengenai bagaimana privasi status, terlebih dahulu berikut ini cara untuk membuat dan mengirim status di WhatsApp. Caranya sangat mudah, anda cukup membuka aplikasi WhatsApp, lalu jika anda ingin mengirim teks anda dapat mengklik simbol teks, atau klik kamera atau mengetuk status saya untuk mengambil video, foto atau GIF baik dari perangkat atau secara langsung. Selain itu anda juga dapat menambahkan emoji,stiker atau coretan lainnya. Lalu tinggal dikirim, namun WhatsApp hanya mendukung format video 3GP dan mpeg4.

Alasan orang menyembunyikan status WhatsApp

Selain membagikan dan mengirim pembaruan status, anda juga dapat menyembunyikan pembaruan status atau “hide story'”. Terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk menyembunyikan story WA nya dari publik. Diantaranya sebagai berikut :

  1. Malu

Malu ini sebenarnya subjektif namun menjadi alasan yang sering digunakan oleh banyak orang yang menyembunyikan status dari WhatsApp nya. Biasanya story-nya lebih privat dan personal seperti vulgar, berduaan dengan pacar, atau hal-hal yang membuat dirinya malu.

  1. Dijulidin netizen

Hal ini lebih masuk akal daripada alasan malu, dimana sudah menjadi cultural masyarakat Indonesia dimana apa saja yang kita lakukan pasti diberi komentar oleh netizen, baik kegiatan positif atau apapun itu.

  1. Tidak enak atau sungkan

Hal ini juga sering dirasakan oleh banyak masyarakat Indonesia, pasti kita sering sekali ingin membuat story' namun merasa tidak enak oleh beberapa kontak kita. Demi menjaga hubungan dan tidak menimbulkan kesalahpahaman maka menyembunyikan status WhatsApp dapat menjadi alternatif yang bisa anda pilih.

  1. Kurang nyaman

Hal ini juga sering terjadi dimana banyak orang yang spam setiap kapankah kita membuat pembaruan WhatsApp. Apalagi bila terjadi setiap kita melakukan pembaruan story'.

  1. Disembunyikan balik

Nah seperti yang kita ketahui bahwa kontak yang kita pilih tidak dapat melihat pembaruan status kita,begitu juga jika kita dihidden. Tanpa sadar kita tidak akan pernah melihat pembaruan status teman selama kontak Anda masih menyembunyikan anda dari pembaruan status.

Itulah beberapa alasan orang memilih untuk menyembunyikan pembaruan statusnya, terdapat banyak alasan dan sudut pandang nya tersendiri. Terlepas dari itu jangan sampai hal ini dapat merusak hubungan diantara sesama kontak.

Cara menyembunyikan status WhatsApp

Lalu bagaimana cara untuk menyembunyikan status kita tersebut? Pertanyaan ini masih sering timbul karena ternyata masih banyak yang belum mengerti mengenai bagaimana menggunakan WhatsApp status.Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat anda lakukan. Dalam WhatsApp sendiri opsi mengenai pembaruan status terdapat pada menu privasi status di sebelah kanan atas whatsapp.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone anda;
  2. Selanjutnya anda pilih ke opsi “status baru” yang terletak diantara menu panggilan dan chat (ditengah).
  3. Setelah itu anda akan melihat tombol tiga titik di pojok kanan atas.
  4. Dan pilih opsi “privasi status”
  5. Jika sudah, anda dapat memilih membagikan status dengan opsi kontak saya, kontak saya kecuali, dan hanya bagikan dengan cara mengklik lingkaran di opsi tersebut.
  6. Selesai.

Opsi dalam privasi status

Dalam privasi status terdapat banyak opsi untuk membagikan status sendiri menjadi lebih personal, yaitu pertama opsi dibagikan dengan kontak saya yang berarti semua orang dapat melihat pembaruan status anda.

Yang kedua adalah kontak saya, kecuali hal ini berarti anda dapat membagikan status WhatsApp anda dengan kontak Anda kecuali orang-orang tertentu yang anda pilih untuk tidak melihat pembaruan status anda. Yang terakhir adalah hanya bagikan dengan yang berarti anda dapat membagikan pembaruan status dengan orang-orang tertentu yang anda inginkan untuk melihat status anda.

Opsi terakhir ini sangatlah privasi dan personal. Jika anda memilih opsi kontak saya kecuali dan hanya bagikan dengan setelah anda mengklik lingkaran dalam opsi tersebut maka akan muncul seluruh kontak Anda dan Anda dapat memilih kontak yang ingin anda sembunyikan.

Setelah memilih kontak yang ingin anda bagikan status atau menyembunyikan statusnya jangan lupa mengklik tombol centang di pojok kanan bawah, setelah itu kontak yang anda pilih dapat melihat atau tidak dapat melihat pembaruan status anda. Setelah anda melakukan perubahan setelan privasi hal ini tidak akan mempengaruhi pembaruan status yang anda buat di sebelumnya.

Namun mempengaruhi pembaruan status selanjutnya,sampai anda melakukan setelan privasi lagi. Seperti jika anda ingin membagikan status kepada teman sekelas saja, nah anda harus mengatur privasi status dan memilih kontak teman sekelas saja. Jika selanjutnya anda membuat story' lagi maka yang bisa melihat hanya teman sekelas saja. Jika di story' selanjutnya publik boleh melihat maka anda harus mengatur privasi status anda lagi ke opsi kontak saya.

Demikian tersebut cara menyembunyikan status wa anda dari publik, sangat mudah diterapkan. Opsi-opsi yang dapat dipilih ini akan membatasi kontak Anda untuk melihat pembaruan status anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.