2+ Tata Cara Mengembalikan Kuota Indosat yang Hangus, Mudah!!

Posted on

Bagaimana cara mengembalikan kuota Indosat yang hangus? Beberapa pengguna Indosat mengeluh bahwa kuotanya hangus karena berbagai alasan. Padahal, kuota telah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting di masa kini. Adapun cara mengembalikannya akan dibahas di artikel ini.

Cara Mengembalikan Kuota Indosat yang Hangus

Cara Mengembalikan Kuota Indosat yang Hangus

Sejauh ini, belum ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kuota yang sudah lenyap. Apalagi jika hal tersebut terjadi karena kesalahan pengguna sendiri. Namun, kamu tetap bisa mencegah kuota hangus untuk penggunaan yang selanjutnya.

Hal ini penting dilakukan bagi para pengguna Indosat. Adapun cara mengembalikan kuota Indosat yang hangus yakni sebagai berikut:

  • Menggunakan Data Rollover

Cara Agar Kuota Indosat tidak hangus dengan Data Rollover Indosat

Data Rollover adalah fitur yang dapat membuat sisa kuota yang kamu gunakan tidak hangus walaupun masa berlakunya sudah habis. Contohnya, sisa kuota kamu di bulan September masih 5 GB, sedangkan masa berlakunya sudah mendekati masa habis.

Agar paket internet kamu tidak hangus, maka belilah lagi paket internet yang sama. Sisa kuota ini akan terakumulasi ke paket internet yang baru dibeli. Walaupun demikian, cara mengaktifkan data rollover Indosat baru bisa dilakukan jika kamu memenuhi beberapa ketentuan, di antaranya sebagai berikut:

  • Data Rollover hanya mampu mengakumulasi kuota internet utama. Jadi, kuota aplikasi, kuota malam, dan lain-lain tidak bisa terakumulasi.
  • Kuota sisa hanya bisa terakumulasi jika pelanggan memperpanjang paket internet atau melakukan rebuy (pembelian paket) dengan harga sama atau bahkan lebih besar.
  • Data Rollover dari perpanjangan paket baru bisa berlaku untuk Paket Freedom U dan paket Freedom Combo.
  • Paket data yang bisa diakumulasi dengan Data Rollover hanya paket yang berdurasi 30 hari saja, sehingga paket internet jangka waktu 1 hari, 3 hari, 5 hari, 7 hari, dan 2 minggu tidak berlaku.
  • Pengakumulasian kuota Data Rollover hanya bisa digunakan sampai setahun atau saat pemakaian data mencapai 100 GB.

Setelah memahami syarat dan ketentuan tersebut, kamu bisa membeli paket data yang kamu inginkan.

  • Melapor ke CS

Cara mengembalikan kuota Indosat yang hangus yang berikutnya adalah dengan mengajukan laporan ke customer service Indosat. Cara ini bisa kamu tempuh jika melakukan pembelian kuota internet, namun tidak kunjung diterima. Adapun kontak yang bisa dihubungi yakni sebagai berikut:

  • Menghubungi Indosat via call center: Telepon ke 185 khusus nomor Indosat atau 021-30003000 untuk semua Operator.
  • Melalui akun media sosial Indosat: @indosatooredoo (Instagram), @indosatcare (Twitter), atau IM3 Ooredoo (Facebook).
  • Mengunjungi gerai Indosat yang ada di kota kamu

Alasan Kuota Indosat Hangus atau Hilang

Kegunaan Pulsa Onnet Indosat
gsmtrik.com

Ada beberapa alasan kenapa kuota Indosat bisa hilang atau hangus. Apa saja? Sebelum mengetahui cara mengembalikan kuota Indosat yang hangus, simak pemaparan di artikel ini terlebih dahulu.

  • Masa Berlaku Paket Internet Habis

Alasan yang pertama yaitu karena masa berlaku paket data yang kamu gunakan sudah kadaluarsa alias habis. Saat membeli paket data, tentu ada keterangan yang menjelaskan seberapa lama paket internet kamu bisa digunakan, entah sehari, tiga hari, seminggu, atau 30 hari.

Dengan kata lain, jika kamu membeli paket internet 20 GB dan hanya memakainya sebanyak 10GB, maka otomatis kuota 10 GB yang lainnya akan hangus. Kejadian ini sering dialami oleh pengguna Indosat, terutama jika di rumahnya memasang wifi yang menyebabkan kuotanya jarang digunakan.

  • Tidak Sengaja UNREG

Alasan kuota Indosat hangus yang kedua adalah karena kamu tidak sengaja melakukan UNREG. UNREG adalah suatu kondisi di mana kamu mengakhiri suatu langganan dalam kartu SIM yang digunakan. Beberapa pengguna mengalami kejadian ini tanpa disadari yang tentu saja cukup merugikan.

Kamu bisa mengetahui telah terjadi UNREG ketika muncul notifikasi atau pemberitahuan dari Indosat yang menawarkan paket internet. Jika kamu meng-klik Ya/setuju/berlangganan, otomatis paket internet yang lama akan langsung hangus dan berganti menjadi paket internet yang baru. 

Oleh karena itu, berhati-hatilah saat muncul penawaran paket internet, kamu bisa mengabaikannya.

  • Kesalahan Teknis dari Operator

Alasan lain yang menyebabkan kuota hangus yang terakhir adalah karena kesalahan teknis dari operator. Pada dasarnya, alasan ini sangat jarang terjadi karena pihak Indosat merupakan layanan kartu terkemuka yang sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya.

Meskipun demikian, ada kalanya sistem di Indosat mengalami error atau gangguan, sehingga menyebabkan sejumlah konsumen mengalami kehilangan kuota.

Selain itu, error juga bisa terjadi saat kamu sudah membeli kuota, namun tidak terkirim ke nomor kamu. Padahal, uang sudah dibayarkan, sehingga kamu mengalami rugi.

Secara garis besar, ada dua cara mengembalikan kuota Indosat yang hangus yakni dengan menggunakan data rollover dan menghubungi customer service Indosat. Cara ini sangat efektif dilakukan agar kamu tidak mengalami kerugian akibat kuota yang hangus atau hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.