Tanda-tanda Anda Sudah Harus Ganti Baterai iPhone

Posted on

Kesehatan baterai menjadi perhatian utama bagi pengguna iPhone. Semakin tinggi intensitas penggunaan, semakin besar dan cepat kemungkinan baterai akan rusak. Sebagai tanggapan, Apple menawarkan fitur “Battery Health” di iOS 11.3, yang memungkinkan pengguna untuk melihat kinerja baterai dan peringatan ganti baterai iPhone sebelum kerusakan menjadi semakin parah.

Dengan adanya fitur Battery Health tentu saja akan memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk memeriksa kesehatan baterai iPhone mereka. Untuk mengecek kesehatan baterai Anda di iPhone bisa dicek melalui menu Setting> Battery> Battery Health> Maximum Capacity.

Mengenal Baterai iPhone

Semua baterai isi ulang adalah bahan habis pakai dan memiliki masa pakai terbatas. Seiring waktu, kapasitas dan kinerja baterai akan menurun tidak peduli barang elektronik apapun itu dan perlu diganti. iPhone menggunakan baterai lithium ion internal berkualitas tinggi.

Baterai ini telah dirancang, diuji, dan diproduksi dengan cermat sesuai standar kualitas dan kinerja Apple. Baterai Apple asli ini juga telah lulus sertifikasi keamanan namun penggunaan dalam jangka waktu lama tentu juga akan menjadi pemicu menurunnya kualitas baterai.

Servis Dengan Baterai Asli iPhone

Jika baterai iPhone Anda sudah saatnya diganti, penting untuk memperbaikinya oleh teknisi ahli yang diganti menggunakan baterai Apple asli. Baterai lithium ion merupakan komponen sensitif dan harus diproduksi serta dirawat dengan hati-hati.

Penggantian baterai hanya boleh dilakukan oleh teknisi terlatih Apple yang menggunakan suku cadang dan alat asli Apple. Penyedia layanan ini termasuk Penyedia Layanan Resmi Apple atau Penyedia Perbaikan Independen yang menggunakan suku cadang asli Apple. Jangan mencoba mengganti baterai iPhone sendiri apabila Anda tidak ingin hal buruk terjadi pada iPhone Anda saat proses penggantian.

Penggantian yang dilakukan oleh teknisi yang tidak terlatih mungkin tidak sesuai dengan prosedur keselamatan dan perbaikan yang tepat dan dapat mengakibatkan penggantian atau perbaikan yang justru malah merusak perangkat iPhone Anda. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai, panas berlebih, atau cedera diri.

Tergantung di mana Anda tinggal, Anda dapat meminta baterai iPhone pengganti selama atau di luar garansi di Apple Store, Penyedia Layanan Resmi Apple, atau dengan mengirimkan iPhone Anda ke Pusat Perbaikan Apple. Selain itu, Penyedia Perbaikan Independen akan mengganti suku cadang asli oleh teknisi terlatih saat mengganti baterai setelah masa garansi atau di luar masa garansi.

Selain itu, jika penyedia layanan Anda menggunakan suku cadang baterai yang tidak asli, memang mungkin baterai tersebut dapat digunakan, namun baterai pengganti tersebut dapat:

  • Dirancang atau diproduksi dengan kualitas rendah.
  • Baterai bekas
  • Baterai rusak.
  • Baterai tidak kompatibel dengan model iPhone Anda.

Penyebab di atas dapat menyebabkan kapasitas baterai atau masalah kinerja tidak mencukupi atau menjadi tidak seimbang bahkan iPhone menjadi kurang memadai dalam mendukung aktivitas smartphone Anda. Baterai yang tidak asli juga dapat menyebabkan perilaku yang tidak diharapkan selama penginstalan, pembaruan perangkat lunak perangkat, atau pengisian daya yang menjadi tidak normal.

Penggunaan baterai yang tidak asli juga dapat menyebabkan masalah keamanan. Baterai utama dirancang untuk bekerja dengan baik dengan iOS, termasuk laporan tentang tingkat pengisian daya dan kesehatan baterai yang memang telah dirancang khusus yang bisa berfungsi dengan baik hanya dengan baterai asli. Maka dari itu, ganti baterai iPhone atau perbaikan dengan suku cadang yang tidak asli mungkin dapat memberikan informasi kesehatan baterai yang kurang tepat.

Riwayat Komponen dan Servis

Di iPhone XR, iPhone XS dan lebih baru, termasuk iPhone SE (generasi ke-2) dengan iOS 15.2 atau lebih baru, Anda dapat membuka Pengaturan > Umum > Tentang untuk melihat detail iPhone dan riwayat layanan untuk melihat apakah baterai sudah pernah diganti sebelumnya. “Genuine Apple Part” (Komponen Apple Asli)” akan muncul di sebelah baterai jika sudah pernah diganti menggunakan suku cadang dan proses Apple asli.

Pesan Unknown Part akan ditampilkan saat pemasangan baterai tidak selesai atau kondisi baterai sebagai berikut:

  • Mengganti baterai lama iPhone dengan yang tidak asli.
  • Digunakan atau dipasang di iPhone lain sebelumnya.
  • Tidak bekerja dengan benar.

Anda mungkin melihat pesan tambahan “Apple telah memperbarui informasi perangkat untuk iPhone ini.” Ini berarti Apple telah memperbarui informasi perangkat terkelola untuk iPhone ini untuk kebutuhan layanan di masa mendatang, analisis keamanan, dan peningkatan produk. Pesan ini tidak memengaruhi iPhone Anda atau kemampuannya untuk menggunakan baterai.

Saat menghitung kesehatan baterai, aplikasi Battery Health pada iPhone akan menggunakan angka berupa persentase. Dengan kata lain, semakin rendah persentasenya, semakin rendah kinerja baterai iPhone. Bisa dilihat ketika Anda membeli iPhone baru maka battery health masih 100% namun seiring penggunaan akan berkurang kesehatannya.

Contoh kasus seperti itu dapat ditemukan di iPhone 11 Pro Max. Di sini, kapasitas baterai baru mencapai 3969 mAh pada tingkat kesehatan 100%. Namun, kesehatan baterai turun hingga 80% semakin Anda menggunakannya. Untuk menyederhanakan perhitungan, 100% adalah 3969 mAh, maka 80% menjadi 3175 mAh.

Kapan Harus Mengganti Baterai iPhone?

Ketika tingkat baterai iPhone Anda turun menjadi 75-65%, kinerja iPhone Anda akan menjadi tidak optimal seperti sedia kala karena batas siklus baterai hanya dapat menangani 500 siklus pengisian “penuh”. Jadi, Anda perlu tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti baterai iPhone Anda. Baterai yang sudah harus diganti memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. iPhone Sering Mati Tiba-tiba

Kondisi ini biasanya terjadi karena catu daya yang diberikan oleh baterai sudah tidak stabil atau lebih rendah dari kebutuhan daya yang dibutuhkan iPhone. Ganti baterai iPhone Anda segera jika hal ini sudah terlalu sering terjadi untuk menghindari memburuknya kondisi iPhone Anda

  1. Baterai Menggembung

Tidak menghiraukan peringatan kesehatan baterai yang sudah semakin menurun dapat menyebabkan baterai yang aus membengkak atau menjadi bergelembung dan pada akhirnya akan bereaksi dengan memberi tekanan pada layar. Jika tetap dibiarkan, layar iPhone Anda akan menjadi terbuka dan rusak. Oleh karena itu, baterai iPhone harus segera diganti agar tidak merusak komponen lainnya.

  1. Battery Throttling

Ini adalah kondisi dimana kesehatan baterai iPhone Anda akan menurun dan iOS secara otomatis akan menurunkan kinerja iPhone Anda. Hal ini dilakukan di iOS untuk menghemat daya agar iPhone tidak tiba-tiba mati.

  1. Over Heating. Siklus tidak Stabil

Jika iPhone Anda selalu lebih panas dari biasanya ketika mengisi daya dan disertai dengan siklus hidup dan mati yang sangat cepat, ini artinya baterai iPhone Anda sudah harus diganti. Misalnya ketika iPhone Anda yang biasanya bisa tahan seharian justru sekarang baterainya menjadi cepat habis dan tiba-tiba mati meskipun hanya setengah hari padahal penggunaan iPhone tetap normal seperti biasa.

Segera ganti baterai iPhone Anda segera jika sudah menunjukkan tanda-tanda yang telah disebutkan di atas. Jangan sampai kerusakan baterai justru ikut merusak komponen lain yang membuat Anda harus merogoh kocek lebih yang seharusnya tidak diperlukan apabila Anda melakukan penggantian baterai iPhone dari awal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *