Spesifikasi dan Review OPPO Reno8 Z 5G di 2022

Posted on

Sebagai salah satu HP generasi terbaru dan memiliki banyak sekali tambahan spesifikasi, OPPO Reno8 Z 5G adalah salah satu pilihan yang paling sempurna untuk semua orang. Tidak mengherankan jika smartphone ini menjadi salah satu flagship yang selalu dicari.

Spesifikasi OPPO Reno8 Z 5G

OPPO Reno8 Z 5G

KeluaranMaret 2022
Platform
RAM8 GB
ChipsetQualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
Penyimpanan128 GB
CPUOcta-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver)
Sistem OperasiAndroid 12, ColorOS 12.1
Kamera Belakang
Triple Camera64 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF, 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth)
Video1080p@30fps, gyro-EIS
FiturLED flash, HDR, panorama
Kamera Depan
Single Camera16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1.0µm
Video1080p@30fps
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi159.9 x 73.2 x 7.5 mm
Berat173 g
WarnaBlack, Rainbow
LayarAMOLED, 430 nits (typ), 600 nits (HBM)
Resolusi1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~409 ppi density)
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual SIM
Dukungan
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
NFCYes
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go
PortJack Audio 3.5 mm
Lain-lain
Sensoraccelerometer, gyro, proximity, compass
RadioNo.

Review OPPO Reno8 Z 5G

Spesifikasi OPPO Reno8 Z 5G

OPPO Reno8 Z 5G menjadi salah satu HP andalan dari Oppo yang sudah menghadirkan teknologi 5G. Artinya, apabila digunakan untuk berinternetan, kemungkinan besar akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan jaringan standar.

Namun, sayangnya jaringan itu tidak terlalu banyak ditemukan di Indonesia. Jadi. fitur itu sebenarnya tidak terlalu penting untuk digunakan. Namun, melihat spesifikasi lain dari HP ini memang layak untuk dipertimbangkan.

Apalagi HP ini sudah memiliki RAM yang cukup besar, sekitar 8 GB. Dengan RAM cukup besar ini, kamu bisa menggunakannya untuk bermain game dengan cukup mudah. Selain itu, bisa juga digunakan untuk melakukan editing.

Apabila melihat kamera yang digunakan, HP ini sudah cukup mumpuni. Namun, dengan harga yang cukup tinggi, serta kurangnya fitur 5 GG di Indonesia, ada baiknya untuk mempertimbangkan dahulu sebelum membeli.

Kelebihan OPPO Reno8 Z 5G

Kelebihan OPPO Reno8 Z 5G

  • Ringan Dipakai

Salah satu kelebihan utama yang dimiliki oleh OPPO Reno8 Z 5G ini adalah sangat ringan ketika digunakan. HP memiliki handling yang sangat sempurna, jadi meskipun digunakan selama berjam-jam tangan tidak akan mudah lelah.

Apalagi beratnya hanya 173 gram saja, artinya HP ini memang sangat ringan sehingga saat dipegang juga lebih mudah. Namun, pastikan untuk tetap memperhatikan kondisi dari smartphone apalagi ketika digunakan secara berlebihan.

Biasanya jika dipakai secara berlebihan baterai akan menjadi lebih panas. Itulah kenapa gunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

  • Desain Menarik

Desain adalah salah satu komponen yang penting ketika akan membeli HP. Desain yang dimiliki oleh HP ini sudah sangat menarik, mulai dari bagian lekukannya hingga potongan secara menyeluruh.

Dengan desain yang cukup menarik ini, siapapun bisa menggunakannya dan tidak harus anak muda. Mereka yang sudah tua sekalipun masih bisa memanfaatkannya sesuai dengan keinginan mereka.

  • Layar Cerah

Salah satu smartphone yang biasanya sering sekali menggunakan layar amoled adalah Samsung. Namun, ponsel ini juga sudah dibekali dengan jenis layar itu. Jadi, display bisa memberikan kecerahan yang sangat tinggi.

HP yang terlihat cerah ini membuat seseorang menjadi lebih bisa menikmati fitur yang ada di dalamnya. Jadi, ketika sedang memotret atau menonton video warna asli bisa ditampilkan dengan sempurna.

  • Baterai Awet

Baterai yang digunakan oleh OPPO Reno8 Z 5G sebenarnya tergolong standar, yaitu Li-Po 4500 mAh, non-removable. Namun, ponsel memiliki kemampuan untuk melakukan proses penghematan daya secara maksimal.

Dengan kemampuan penghematan daya ini, berbagai jenis aktivitas bisa dimaksimalkan sehingga daya tidak akan terkuras habis. Jadi, meskipun digunakan secara terus-menerus baterainya akan berkurang sedikit.

  • Kamera Bokeh

Kamera adalah salah satu komponen terpenting apabila menggunakan ponsel. Bahkan, HP OPPO Reno8 Z 5G juga memiliki itu. Baik kamera depan atau belakangnya dibuat maksimal agar sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu keunggulan dari smartphone ini adalah menghadirkan kamera utama yang sudah memiliki efek bokeh. Efek ini akan membuat seluruh tampilan dari foto bisa fokus ke salah satu titik dan membuat yang lain menjadi buram.

  • Konektivitas Terbaru 

Konektivitas menjadi salah satu hal terpenting ketika akan menggunakan ponsel. Gadget ini sudah memiliki konektivitas terbaru, mulai dari bluetooth yang paling update hingga konektivitas nirkabel lainnya.

Apabila ingin menggunakan smartphone ini, fitur seperti komunikasi NFC juga sudah disediakan. Jadi, sangat cocok digunakan oleh siapapun khususnya mereka yang akan hidup di kota besar.

Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G

Kekurangan OPPO Reno8 Z 5G

  • Chipset Kalah Saing

Satu kekurangan yang sebenarnya cukup parah dari HP ini adalah chipset yang digunakan. Dengan harga yang cenderung lebih tinggi, chipset yang digunakan masih kalah jauh dengan lawannya.

Bisa dibilang, chipset yang dipakai ini masih kalah saing. Karena masih kalah saing, smatphone jadi sedikit sulit apabila dimanfaatkan untuk bermain game dengan kualitas HD.

  • Fast Charging Tidak Ngebut

Biasanya produk seperti ini sudah memiliki kemampuan fast charging sehingga proses pengisian bisa berjalan dengan cepat. Sayangnya, smartphone ini tidak memiliki kemampuan fast charging yang terlalu ngebut.

Artinya, meski sudah digunakan secara maksimal, kecepatan untuk pengisian tidak akan bisa meningkat. Jadi, hampir mirip dengan melakukan proses pengecasan standar meskipun ada beberapa bagian yang mungkin sedikit lebih cepat.

  • Refresh Rate Rendah 

Refresh rate yang dimiliki oleh HP ini juga cenderung lebih rendah. Dengan refresh rate yang cukup rendah, kemungkinan besar ponsel sedikit sulit jika digunakan untuk menonton video HD atau bermain game.

Karena refresh ini akan menentukan bagaimana kecepatan dari pergerakan gambar. Jika kecepatannya tidak terlalu maksimal, biasanya akan sulit untuk digunakan setiap saat.

Apabila memutuskan untuk menggunakan produk ini, disarankan untuk menggunakan aplikasi tambahan seperti booster. Jadi, ketika digunakan untuk bermain game dengan kualitas gambar yang cukup tinggi tidak akan patah-patah.

Harga OPPO Reno8 Z 5G

Ponsel ini sudah dibekali dengan jaringan 5G, jadi harganya memang cenderung lebih mahal. Untuk bisa mendapatkannya, perlu disiapkan dana kurang lebih 5 sampai 6 jutaan.

Biasanya mahal atau tidaknya harga dari smartphone tergantung dengan RAM ataupun memori internal yang nantinya diberikan. Jadi, pastikan memilih yang terbaik sebelum memutuskan untuk untuk membelinya.

Dibandingkan dengan pendahulunya, harga dari ponsel OPPO Reno8 Z 5G memang lebih tinggi. Namun, ada lebih banyak kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah tambahan jaringan 5G dan kualitas kamera yang meningkat cukup pesat.

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official OPPO Reno8 Z 5G

Leave a Reply

Your email address will not be published.