5+ Alasan Kenapa Kuota Unlimited Tri Tidak Bisa Dipakai dan Cara Mengatasinya 2022!!

Posted on

Sebagai pengguna layanan paket unlimited Tri, kamu pasti menyukai layanan internet tanpa batas ini. Walau unlimited, terkadang layanan ini tidak bisa digunakan sehingga membuat pengguna bertanya-tanya kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai.

Penyebab Umum Kenapa Kuota Unlimited Tri Tidak Bisa Dipakai

Kenapa Kuota Unlimited Tri Tidak Bisa Dipakai

Provider Tri menawarkan layanan kuota unlimited yang dapat digunakan untuk mengakses internet pada jam 01.00-17.00 dengan masa aktif hingga 30 hari. Namun, pada beberapa kasus kuota ini tidak bisa digunakan. 

Inilah 5 penyebab umum yang mungkin menjadi alasan kuotamu tidak bisa terpakai, silahkan cek setiap poin satu per satu dan mencoba solusi yang diberikan.

  • Sudah Melampaui Batas Pemakaian Wajar

Walaupun memberikan layanan yang bersifat unlimited, Tri tetap memberlakukan batas pemakaian wajar atau disebut juga sebagai FUP (Fair Usage Policy). FUP yang ditetapkan oleh Tri sendiri adalah sebesar 20 Giga byte per bulan.

Ketika penggunaan kuota unlimited sudah melewati batas pemakaian wajar, sebenarnya kuota tersebut masih bisa digunakan. Namun, kecepatannya akan mengalami penurunan atau bahkan beberapa fitur sudah tidak bisa diakses lagi.

Jika hal ini yang menjadi penyebab kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai, maka kamu bisa mencoba cara di bawah ini untuk mengatasinya:

  • Buat APN Baru

APN atau Access Point Name adalah jalur yang menentukan koneksi yang berperan sebagai penghubung atau gateway antara perangkat yang kita gunakan dengan jaringan internet untuk semua konektivitas dan jaringan seluler.

Dengan mengganti APN, maka kamu dapat terhubung dengan jaringan internet sebagai pengguna baru. Setelahnya, batas pemakaian wajar sebesar 20 Giga byte yang terhitung kembali dari 0 akian kembali diberlakukan.

APN dapat diganti dengan masuk ke pengaturan telepon, pilih menu “Kartu Sim & Jaringan” dan ganti data-data seperti nama pengguna, APN, dan lain sebagainya sehingga kamu bisa menggunakan APN sebagai pengguna baru.

Setelah selesai melakukan penyetelan, restart terlebih dahulu smartphone-mu sebelum bisa digunakan kembali.

  • Gunakan Aplikasi HTTP Injector

HTTP Injector Lite (SSH/Proxy)
HTTP Injector Lite (SSH/Proxy)
Developer: Evozi
Price: Free
  • HTTP Injector Lite (SSH/Proxy) Screenshot
  • HTTP Injector Lite (SSH/Proxy) Screenshot
  • HTTP Injector Lite (SSH/Proxy) Screenshot
  • HTTP Injector Lite (SSH/Proxy) Screenshot
  • HTTP Injector Lite (SSH/Proxy) Screenshot

Ada dua hal yang perlu kita lakukan jika ingin menggunakan cara ini. 

  • Pertama, kamu perlu menginstall aplikasi HTTP Injector dari Play Store. 
  • Selain itu, lakukan juga pengunduhan berkas “Config 3 Anti FUP” yang bisa kamu cari di internet menggunakan Google atau mesin pencari lainnya.
  • Setelah sudah terpasang, silahkan buka aplikasinya, kemudian cari tab icon untuk memasukan berkas “Config 3 Anti FUP” yang sudah kamu unduh sebelumnya dan klik start
  • Jika sudah selesai, kamu dapat menggunakan kembali kuota unlimited Tri untuk mengakses internet atau layanan lainnya.
  • Masa Aktif Kuota Sudah Habis

Selain menerapkan FUP, Tri juga menerapkan batas masa penggunaan kuota unlimited. Berakhirnya masa berlaku atau masa aktif kuota unlimited ini juga bisa menjadi alasan kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai.

Masa berlaku untuk kuota unlimited Tri adalah selama satu bulan atau tiga puluh hari. Ketika masa berlaku kuota unlimited kamu sudah berakhir, maka dapat dipastikan kamu sudah tidak dapat mengakses internet dengan kuota ini.

Kamu bisa mengecek masa berlaku kuota unlimited Tri dengan melakukan dial-up panggilan dengan memasukan kode *123*10*3#.

  • Masa Berlaku Kartu Telah Berakhir

Berbeda dengan masa aktif kuota, masa berlaku kartu adalah tenggang waktu yang diberlakukan untuk masa aktif kartu Tri yang kamu miliki.

Untuk mengecek masa berlaku kartu Tri milikmu, kamu bisa menghubungi *111#

Setiap kartu pasti memiliki masa aktif yang harus diperpanjang apabila kamu masih ingin menggunakan nomor kartu tersebut. Kalian bisa melakukan perpanjangan masa aktif dengan membeli pulsa, kuota internet, atau hanya membeli masa aktif kartu saja.

Apabila kartu Tri milikmu telah masuk ke masa tenggang atau masa aktifnya sudah habis, hal ini dapat menjadi kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai.

  • Error pada Ponsel Genggam

Ponsel genggam atau smartphone biasanya mengalami bug atau error sehingga beberapa fitur tidak dapat digunakan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini. Pertama, coba aktifkan mode pesawat pada smartphone mu selama beberapa menit dan matikan kembali.

Apabila kamu masih belum bisa terhubung dengan sambungan internet, silahkan mencoba cara kedua.

Cara kedua hampir mirip dengan cara pertama, yakni melakukan restart pada smartphone milikmu. Matikan daya smartphone, kemudian nyalakan kembali dan tunggu beberapa saat.

  • Masalah Jaringan

Kuota unlimited Tri milikmu masih memiliki batas pemakaian wajar, masa aktif kuota unlimited dan masa aktif kartu Tri milikmu juga masih panjang. Lantas kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai?

Bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh masalah jaringan. Provider ini dapat memiliki kecepatan jaringan yang kuat untuk beberapa daerah, perbedaan daerah dapat menentukan kuat atau lemahnya sinyal dari provider ini

Jika kamu sudah mencoba cara untuk mengatasi bug pada ponsel genggam milikmu, namun masih tidak bisa mengakses layanan internet maka dapat dipastikan bahwa kamu berada di lokasi yang sulit terjangkau oleh jaringan Tri ini.

Itulah 6 hal yang dapat menjadi penyebab kenapa kuota unlimited Tri tidak bisa dipakai beserta solusi yang dapat kalian lakukan. Pastikan untuk mencoba segala kemungkinan dan jika kamu sudah mendapatkan solusinya, selamat menikmati kembali layanan kuota unlimited Tri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.