Kamera WA Ngezoom, Begini Cara Mengatasinya

Sejumlah pengguna bertanya tanya kenapa kamera WA ngezoom sendiri. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu terutama ketika mau buat story. Usut punya usut masalah tersebut bukan berasal dari hardware ponsel melainkan error pada whatsapp itu sendiri. Maka dari itu silahkan simak penjelasan mengapa hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya.

Sudah menjadi rahasia umum, whatsapp memang jadi aplikasi perpesanan paling popular hingga 2021 ini. Ukuranya yang ringan, desain yang simpel dan user friendly serta memiliki fitur lengkap adalah alasanya kenapa banyak orang memilihnya sebagai alat untuk berkomunikasi. Meski sejumlah pesaing terus bermunculan, namun WA belum tergantikan terutama di Indonesia.

Kamera WA Ngezoom, Begini Cara Mengatasinya
Kamera WA Ngezoom, Begini Cara Mengatasinya

Aplikasi milik facebook inc ini dibekali sejumlah fitur seperti video call,share loc, sticker, berbagi dokumen, group dan juga fitur story. Kita tahu dalam membuat story bisa memilih antara dengan teks/tulisan, mengambil foto dari galeri atau menggunakan kamera WA langsung.

Sayangnya seringkali kamera WA ini bermasalah. Mulai dari kamera jadi setengah atau tidak full, hasilnya jelek, kamera terbalik, dan yang baru baru ini kamera whatsapp tiba tiba ngezoom sendiri.

Kenapa Kamera Whatsapp Ngezoom

Error kamera wa zoom ini menjadi ramai diperbincangkan dalam sepekan terakhir. Pasalnya tidak semua pengguna mengalaminya. Sejumlah pengguna tetap bisa menggunakan kamera whatsapp normal seperti biasanya. Karena hal ini banyak yang mengira, kerusakan terjadi pada ponsel.

Ada sejumlah penyebab kamera wa ngezoom sendiri. Diantaranya karena kita belum update aplikasi/ masih menggunakan versi lama, Kemudian bisa terjadi karena cache aplikasi yang menumpuk sehingga mengganggu kinerja whatsapp, serta adanya bug pada aplikasi sehingga membuat kamera melakukan zoom sendiri.

Cara Mengatasi Kamera WA Ngezoom

Gak perlu panik, ada beberapa cara memulihkan kamera wa tersebut. Memang kita tidak bisa setting kamera wa, karena memang tidak ada aksesnya. Namun kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk memperbaikinya

Update Whatsapp

Whatsapp sering memberikan pembaruan software melalui google play store. Ini dilakukan untuk menghilangkan bug dan biasanya menambahkan fitur baru. Maka dari itu langkah pertama yang musti kamu lakukan adalah mengecek pembaruan di play store. Apabila disana ada tulisan update pada aplikasi whatsapp, silahkan update dulu untuk mendapatkan versi terbaru. Dalam melakukan update ini tentu saja membutuhkan kuota internet.

Hapus Cache

Cache ataupun file sampah yang menumpuk seringkali mengganggu kinerja aplikasi. Untuk itu kamu bisa hapus cache dengan langkah berikut

  • Buka pengaturan/setting telepon
  • Pilih manage aplikasi
  • Cari aplikasi whatsapp
  • pilih clear data lalu pilih clear cache
  • selesai

Restart HP

Apabila sudah melakukan dua hal diatas namun Wa masih juga ngezoom sendiri, silahkan restart hp. Matikanlah hp dengan menekan tombol power lalu hidupkan kembali.

Hapus Data

Perlu diketahui sebelumnya, sebelum hapus data baiknya pastikan kamu sudah backup data wa. Sebab dengan hapus data wa akan kembali seperti awal dan semua chat akan terhapus. Dengan melakukan backup terlebih dahulu maka semua chat akan kembali. Dan satu lagi, akun wa kita juga akan terhapus jadi kamu perlu mendaftarkan kembali. Maka dari itu pastikan nomor yang kamu gunakan juga masih aktif dan terpasang di ponsel karena akan digunakan untuk pendaftaran dan verifikasi ulang.

Instal Ulang Aplikasi

Langkah terakhir, adalah dengan uninstal aplikasi whatsapp lalu kemudian di instal kembali. Dengan cara ini tentu semua bug dan error akan terhapus dan kemudian menggunakan data yang baru. Ini menjadi cara terakhir memulihkan kamera wa yang error.

Akhir Kata

Nah itu tadilah beberapa cara mengatasi kamera WA ngezoom sendiri. Semoga dengan melakukan beberapa hal diatas masalah sudah teratasi ya. Kalau kamu punya solusi lainya bisa juga dituliskan di kolom komentar. selamat mencoba, do with your own risk ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *