11+ Dimensi Truk Fuso Sesuai Dengan Jenis-jenisnya Komplit!!


Kalau kamu sering memperhatikan truk yang ada di jalan dengan dimensi yang besar, kebanyakan truk itu memiliki merk Mitsubishi Fuso. Fuso sendiri adalah salah satu jenis truk yang banyak digunakan di Indonesia. Dimensi truk Fuso dianggap ideal untuk kebutuhan industri Indonesia.

Pada dasarnya, varian dari Mitsubishi Fuso ada berbagai macam, tergantung pada seriesnya. Produk dari Mitsubishi Fuso sendiri sudah ada hingga di 170 negara. Di Indonesia sendiri, Fuso bahkan telah diproduksi sejak tahun 1970. Jadi, tidak heran jika banyak varian yang dimiliki oleh truk ini.

Dimensi Truk Fuso Sesuai Dengan Jenis-jenisnya

Dimensi Truk Fuso

Mitsubishi Fuso sebenarnya mengeluarkan 3 jenis kendaraan yang khusus digunakan untuk niaga. Nah, yang diluncurkan untuk pasar Indonesia sendiri terdiri dari 3 jenis yakni light duty truck (LDT) atau kendaraan yang masuk dalam kategori niaga ringan.

Untuk jenis LDT ini, maka produk andalan dari Mitsubishi Fuso sendiri adalah colt diesel. Sementara yang body-nya agak besar dan sering ditemukan di berbagai jalanan Indonesia adalah Medium Duty Truck atau (MDT), jenis kendaraan niaga yang medium.

MDT ini punya dua produk yakni Mitsubishi Fuso Ganjo dan Fighter. Sementara kategori yang terakhir adalah jenis tractor head. Nah, di antara ketiganya, jenis MDT inilah yang paling banyak diproduksi di Indonesia.

Inilah jenis-jenis Mitsubishi Fuso MDT lengkap dengan spesifikasi dan dimensinya:

1. Fuso Fighter FM 65 FS

Pertama, ada Fuso Fighter FM 65 FS yang menjadi truk dengan sasis terpendek jika dibandingkan dengan jenis truk lainnya.

Jenis fuso satu ini sangat cocok untuk dipasangkan dengan karoseri truk dump truck dengan panjang mencapai 5 meter, bak kayu, besi maupun box dengan material alumunium. Dimensi untuk truk fuso Fighter FM 65 S sendiri adalah tinggi 269,5 cm, panjang 751 cm dan lebar 245,5 cm.

Sementara untuk kecepatan yang bisa dicapai oleh fuso Fighter FM 65 S sendiri maksimal adalah 96 km per jam.

Maksimal kecepatan ini bisa dicapai dengan catatan bahwa rasio gardannya sudah diatur di angka 6.666 supaya truk lebih kuat saat melewati tanjakan. Sementara untuk beban maksimal yang fuso Fighter FM 65 S bisa angkut adalah 16 ton.

2. FM 65 FS Hi Gear

FM 65 FS Hi Gear

Pada dasarnya, varian Mitsubishi Fuso satu ini sama dengan sebelumnya, namun yang membedakan adalah rasio gardannya. Jadi, untuk Hi Gear sendiri punya angka gardan lebih tinggi mencapai 7.166 sehingga mampu memberikan kekuatan besar saat dalam jalan tanjakan.

Namun untuk kecepatan maksimal yang dimiliki terbilang rendah yakni 86 km per jam. Pabrikan sendiri sengaja merancang FM 65 FS Hi Gear untuk lebih mengutamakan kekuatan saat sedang berada di tanjakan daripada kecepatan di jalan.

Ukuran dimensi truk Fuso Fighter FM 65 S sendiri adalah memiliki panjang 1054,5 cm, lebar 245,5 cm dan tinggi 269,5 c.

Dengan dimensinya tersebut, truk Fuso satu ini sangat cocok sekali digunakan untuk kamu yang memiliki bisnis perkebunan maupun pertambangan. Selain itu, FM 65 FS Hi Gear sendiri mampu memuat beban maksimal 16 ton.

3. FM 65 FM 4X2

Dibandingkan dengan FM 65 FS, maka varian Fighter FM 65 FM ini memiliki dimensi yang lebih Panjang. Ya, dimensi yang dimiliki oleh Fuso Fighter FM 65 FM sendiri adalah 269,5 cm , panjang 938 mm, lebar 245,5 cm.

Varian satu ini lebih cocok digunakan untuk jalan yang lebih beraspal dibandingkan berlumpur. Adapun untuk kecepatan maksimal yang dimiliki oleh truk ini adalah 92 km per jam.

Seri truk Fuso stu ini bagus dipasangkan dengan karoseri sepanjang 6,5 meter. Jika berada di jalan yang menanjak, maka rasio gardan yang bisa diatur oleh FM 65 FM 4X2 adalah 6.666.

4. FM 65 FM Hi Gear

Varian 65 FM Hi Gear ini sebenarnya hamper sama dengan FM 65 FM. Kalau dilihat dari spesifikasi dimensi, maka ukuran panjang, lebar dan juga tingginya sama. Hanya yang membedakan di antara kedua varian ini adalah rasio gardannya.

Jadi, jika di jalan yang menanjak, rasio gardan yang dimiliki oleh FM 65 FM Hi Gear ini bisa diatur hingga ke angka 7.166. Tentu dengan rasio gardan yang dimilikinya tinggi, maka kecepatan maksimal FM 65 FM Hi Gear juga lebih kecil yakni 86 km/jam.

5. FM 65 FL

FM 65 FL

Kalau kamu mencari Fuso Fighter dengan dimensi yang lebih panjang, maka FM 65 FL adalah varian yang lebih direkomendasikan. Kata ‘L’ yang disematkan pada FM 65 L sendiri merupakan singkatan dari Long.

Dimensi truk Fuso pada tipe ini memiliki tinggi 269,5 cm, panjang 938 cm dan lebar 242,5 cm. Sama dengan seri-seri truk Fuso sebelumnya, maka kapasitas muatan yang dimiliki oleh Fuso Fighter FM 65 FL adalah 16 ton.

Sementara untuk rasio gardan yang dimiliki adalah 6.666 saat berada di tanjakan dengan kecepatan maksimal yang dimiliki adalah 92 km/jam.

6. FM 65 FSL

Jenis truk Fuso satu ini memiliki sasis yang bisa dibilang panjang karena menyematkan 6 ban. Dimensi yang dimiliki oleh Mitsubishi Fighter FM 65 FSL adalah panjang mencapai 1054,5 cm. Sementara untuk tingginya sendiri adalah 269,5 cm dan lebarnya 245,5 cm.

Truk Fuso jenis ini cocok sekali untuk dipasangkan dengan wingbox atau karoseri yang panjangnya sekitar 8,4 meter. Mengingat dimensinya yang besar dan sasisnya yang panjang, maka Fighter FM 65 FSL mampu memuat beban hingga 20 ton.

Adapun untuk kecepatan maksimal yang dimiliki Fighter FM 65 FSL sendiri mencapai 92 km per jam. Sementara untuk rasio gardannya adalah 6.666.

7. FM 65 FSL Hi Gear

Jenis truk Mitsubishi Fuso Fighter FM 65 FSL Hi Gear ini masih satu tipe dengan sebelumnya. Dari dimensi, spesifikasi mesin sampai dengan torsi yang dimiliki sebenarnya sama. Namun yang membedakannya adalah rasio gardannya.

FM 65 FSL Hi Gear sendiri memiliki rasio gardannya dengan pengaturan 7.166 sehingga sangat kuat jika dikendarai di tanjakan. FM 65 FSL Hi Gear sengaja memiliki rasio gardan lebih besar karena yang diutamakan adalah kemampuannya dalam menarik.

Jenis truk Mitsubishi Fuso satu ini sangat bagus untuk para pengusaha yang ingin memanfaatkan truk dengan volume berkapasitas besar dan kuat untuk dijalankan di segala medan.

8. FN 61 FS

FN 61 FS

Apakah kamu mencari truk Fuso Fighter yang dimensinya besar dan panjang? Kamu bisa mempertimbangkan untuk gunakan Fuso Fighter FN 61 FS dengan sasis panjang. Saking panjangnya, varian truk ini bahkan menggunakan 10 roda, lho!

Adapun dimensi truk Fuso Fighter FN 61 FS sendiri memiliki tinggi 267,5 cm, panjang mencapai 847,5 cm dan lebarnya 245,5 cm. Saking besarnya Fighter FN 61 FS ini, maka truk ini bahkan mampu memuat hingga 26 ton!

Meski besar dan muatan kargonya sangat besar, ternyata harga truk satu ini masih dibilang sangat terjangkau. Jenis truk satu ini bisa dipadukan dengan crane yang panjangnya mencapai 6,3 meter. Transmisi kecepatan yang dimiliki oleh Fighter FN 61 FS sendiri adalah 6 percepatan.

9. FN 61 FM HD

Jenis selanjutnya ada Mitsubishi Fuso Fighter FN 61 FM HD dengan dimensi panjang keseluruhan adalah 975 cm, tingginya 267,5 cm dan lebar 245,5 cm. Truk satu cocok sekali jika dipasangkan dengan karoseri yang panjangnya 7,6 meter.

Transmisi yang dimiliki Fuso Fighter FN 61 FM HD adalah eaton dengan formasi hingga 9 kecepatan. Adapun salah satu transmisinya dibekali dengan mode crawler sehingga akan sangat bermanfaat Ketika truk melewati sebuah tanjakan yang curam.

Mitsubishi Fuso Fighter FN 61 FM HD sendiri bisa menghasilkan tenaga hingga di angka 270 PS pada 2.600 rpm. Sementara untuk kecepatan maksimal yang dimiliki adalah 90 km per jam dengan kapasitas daya angkut hingga 26 ton.

10. FN 61 FL

Mitsubishi Fuso dengan varian Fighter FN 61 FL adalah jenis truk yang memiliki dimensi terpanjang dibandingkan varian-varian sebelumnya. Ya, panjang dari Fighter FN 61 FL sendiri bahkan mencapai 1.192,5 cm.

Dimensi truk Fuso keseluruhan pada seri satu ini adalah tinggi 267,5 cm dan lebar yang dimiliki mencapai 245,5 cm. Memiliki dimensi yang panjang, maka truk satu ini bagusnya digunakan untuk industri yang memang butuh kendaraan angkut berkapasitas volume besar.

Apalagi Fighter FN 61 FL memiliki gardan dengan rasio penyetelan 6.666 sehingga bagus digunakan untuk jalanan menanjak.

Sementara kecepatan maksimal dari Fighter FN 61 FL sendiri bahkan bisa mencapai 112 km / jam. Untuk transmisi yang dimilikinya sendiri adalah 10 percepatan dengan 2 mode gigi mundur.

11. FN 61 FL HD

Sebenarnya, varian satu ini hampir mirip dengan FN 61 FL dari segi dimensi yang dimilikinya. Namun, yang membedakan adalah spesifikasi mesinnya. Jadi, mesin yang dimiliki oleh FN 61 FL HD sendiri ini satu lebih tinggi karena mampu hasilkan tenaga di angka 270 PS pada 2.600 rpm.

Tipe transmisi yang digunakan juga berbeda meski sama-sama dibekali 10 percepatan. Nah, di antara formasi 10 percepatan gigi itu ada yang sudah dibekali dengan mode crawler.

Jadi, Ketika FN 61 FL HD digunakan di jalan yang tanjakannya terbilang curam, maka pengendara tidak perlu bingung karena ada mode crawler dan ada 1 gigi mundur.

12. FN 62 F

Salah satu jenis Fuso Fighter dengan harga paling terjangkau dan sesuai dengan karoseri tangki maupun dump truck adalah FN 62F. Jenis truk Fuso ini cocok dipasangkan dengan box besi dengan panjang karoserinya mencapai 6 meter.

Dimensi truk Fuso FN 62 F memiliki tinggi 268,5 cm, kemudian panjangnya 847,5 cm, dan lebar 245,5 cm. Meski dimensinya tidak begitu besar dan panjang, namun siapa yang menyangka kalau truk Fuso ini mampu memuat kapasitas hingga  26 ton.

Jenis Truk Fuso Fighter FN 62 F ini cocok jika digunakan untuk mengangkut muatan di jalan beraspal. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan FN 62 F ini di jalan yang medannya off road.

13. FN 62 FL HD

Kalau kamu mencari truk Mitsubishi berpenggerak 6X4 yang punya sasis panjang, maka bisa pertimbangkan Fuso Fighter FN 62 FL H. Dimensi yang dimiliki FN 62 FL HD sendiri memiliki panjang 1108,5 cm, lebar secara keseluruhan 245,5 cm dengan tinggi 271 cm.

Sementara untuk wheelbase FN 62 FL HD sendiri adalah 719 cm dan juga cab to end dengan panjang mencapai 900 cm. Bagi perusahaan yang butuh kargo dengan kapasitas besar dan truk akan digunakan di jalanan kasar, maka FN 62 FL HD ini adalah pilihannya.

Apalagi truk satu ini juga cocok disandingkan dengan bak besi, wing box maupun motor carrier yang panjang karoserinya sampai 9 meter. FN 62 FL HD sendiri juga sudah dibekali dengan transmisi Eaton sehingga bisa diandalkan untuk digunakan ke segala medan.

14. Mitsubishi Fuso Ganjo FM 517 HS K

Selanjutnya, ada seri Mitsubishi Fuso Ganjo dengan tipe FM 517 HS K yang bagusnya digunakan sebagai dump truck. Dimensi truk Fuso Ganjo sendiri dibekali dengan tinggi 272,5 cm , panjang 753,5 cm dan lebar mencapai 242,5 cm.

Dengan dimensinya tersebut, Mitsubishi Fuso Ganjo FM 517 HS  ini dipasangkan dengan bak dari besi dengan panjang 5,5 meter.

Adapun maksimal muatan yang dimiliki oleh Mitsubishi Fuso Ganjo FM 517 HS sendiri adalah 16 ton. Sementara maksimal kecepatan yang truk ini miliki adalah 96 km per jam. Truk satu ini sangat kuat digunakan di jalan yang menanjak dan tidak rata sekalipun.

15. Mitsubishi Fuso Ganjo FM 517 HL Long K

Kalau kamu mencari Mitsubishi Fuso Ganja yang memiliki sasis panjang, maka bisa pilih serinya yang FM 517 HL Long. Truk satu ini dibekali dengan spesifikasi hingga 6 ban dan kapasitas cargonya bisa memuat sampai 16 ton.

Dimensi truk Fuso Ganjo FM 517 HL Long sendiri  punya tinggi 272,5 cm , panjangnya hingga 940,5 cm dan lebarnya 242,5 cm.

Nah, dengan dimensi panjangnya ini, maka truk Fuso Ganjo seri satu ini cocok dipasangkan dengan karoseri yang panjangnya 7,8 meter. Adapun kecepatan maksimal yang dimiliki oleh Ganjo FM 517 HL Long ini hamper sama dengan kebanyakan seri lainnya, yakni 96 km/jam.

16. FN 517 ML2 Super Long

Terakhir, ada varian Mitsubishi Fuso Ganjo dengan tipe FN 517 ML2 Super Long. Sesuai dengan nama variannya, maka sudah jelas bahwa  FN 517 ML2 Super Long menjadi salah satu jenis truk Fuso Ganjo yang memiliki sasis paling panjang di antara jenis lainnya.

Dimensi panjang yang dimiliki oleh FN 517 ML2 Super Long Tipe ini adalah 1.113,5 cm. Sementara untuk dimensi lebar keseluruhannya adalah 242,5 cm dengan tinggi 274 cm. Nah, karena memang FN 517 ML2 Super Long ini punya dimensi panjang, maka cocok dipadukan dengan karoseri 10 meter.

Adapun kecepatan maksimal yang dihasilkan dari FN 517 ML2 Super Long sendiri adalah 96 km per jam. Sementara beban maksimal yang bisa diangkut adalah 26 ton. Adapun tenaga maksimal yang dihasilkan dari FN 517 ML2 Super Long sendiri ada di angka 220 PS dengan putaran mesin 2.800 rpm.

Dimensi truk Fuso antara satu jenis dengan jenis lainnya tentu saja berbeda-beda. Kalau kamu ingin membeli truk Fuso dan bingung dengan dimensinya, maka kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu!