3 Daftar Frekuensi TV Antena UHF yang Bermigrasi ke Digital 2024!!


Sekarang ini, banyak yang mencari informasi daftar frekuensi TV antena UHF yang kini beralih ke digital. Hal tersebut memang sangatlah penting dipahami, setelah pemerintah secara resmi menghentikan siaran TV analog, terhitung dari 2 November 2022.

Akan tetapi, kamu tidak usah khawatir. Alasannya, masih dapat menyaksikan berbagai acara favorit pada frekuensi terbarunya. Jadi, sangat penting sekali untuk mengetahui apa saja daftar frekuensi TV yang awalnya merupakan channel UHF dan berpindah ke TV digital.

Perbedaan Antara Siaran Analog (UHF) dan Digital

Daftar Frekuensi TV Digital MNC Group Terbaru Terbaru 2023

Sebelum membahas mengenai daftar frekuensi TV antena UHF, penting juga untuk tahu apa perbedaan antara frekuensi UHF dan digital ini. Tujuannya, supaya memperoleh wawasan yang lebih baik. Selain itu, bisa juga untuk menjadi acuan ke depannya.

Berikut ini setidaknya ada lima perbedaan:

1. Teknologi Antena Analog dan Digital

Mungkin diantara kamu ada yang sering kesal karena sejumlah gelombang TV tidak ada. Jika memang demikian, ada baiknya beralih ke siaran digital. Karena, teknologi siaran digital lebih canggih.

Memang, pada dasarnya baik TV digital maupun analog memerlukan antena UHF untuk di luar. Untuk antena TV biasa, menangkap sinyal masih dalam bentuk analog sedangkan digital berbentuk bit informasi.

2. Fungsi Antena Analog dan Digital 

Jika kamu masih belum memiliki TV digital, tidak perlu khawatir. Alasannya, tetap bisa menikmati berbagai siaran dengan cara menambahkan STB. Para pengguna tetap bisa menggunakan antena uhf seperti biasa.

Antena UHF, baik itu berbentuk indoor maupun outdoor tetap dipakai yang meskipun sudah menyambungkan televisi dengan set top box. Bedanya, antena luar tersebut berfungsi sebagai penghubung sinyal. Sementara itu, pada TV analog antena luar berfungsi sebagai penangkap sinyal.

3. Kualitas Antena Digital dan Analog

Secara kualitas, TV analog sering mengalami buram karena antena terkena angin atau hujan. Kualitas video yang disajikan hanya mengandalkan sinyal FM dan AM yang mudah terganggu. 

Sementara itu, TV digital menyajikan kualitas gambar yang lebih baik. Alasannya, teknologi menggunakan bandwidth yang lebih lebar. Gangguan pada antena TV digital jarang terjadi. Jika muncul gangguan, hanya menyebabkan gambar yang muncul hanya warna dasar saja.

4. Gelombang yang Digunakan

Daftar frekuensi TV antena UHF digunakan untuk menerima siaran TV analog yang diterima melalui gelombang radio. Sementara itu, antena luar untuk siaran digital hanya digunakan untuk menyalurkan sinyal. 

Siaran digital mengirimkan informasi dalam bentuk bit yang diterima melalui internet dan ditampilkan pada televisi. Smart TV yang digunakan di rumah harus memperhatikan fitur DVB-T2. Tujuannya, agar dapat menerima siaran digital.

Daftar Frekuensi TV Antena UHF yang Bermigrasi ke Digital

3 Daftar Frekuensi TV Antena UHF yang Bermigrasi ke Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika sudah menghentikan siaran TV analog secara bertahap sejak April 2022. Daerahnya, mulai dari beberapa wilayah yang dinilai sudah siap seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Timur, dan lainnya. 

TV digital memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah kualitas siaran yang lebih jernih. Ini dikarenakan terkoneksi dengan perangkat DVB-T2 atau STB.

TV digital memiliki kemampuan untuk menyiarkan lebih dari satu channel dalam satu kanal frekuensi. Ini dicapai melalui teknologi multiplexing (MUX) yang memungkinkan beberapa channel ditayangkan dalam satu frekuensi. 

Daftar channel TV digital ini dari frekuensi 478 MHz – 694 MHz. Ini dapat kanal 22-48 UHF. Jika ingin melakukan setting TV digital dan mencari channel, disarankan untuk melihat daftar frekuensi TV digital DVB-T2 2023 yang lengkap. Berikut daftarnya: 

1. Daftar Frekuensi TV Antena UHF yang Switch ke Digital Area Jabodetabek

Daerah Jabodetabek memang dianggap sebagai daerah yang paling siap untuk bermigrasi dari TV UHF ke digital. Berikut ini daftar Channel TV Indonesia UHF yang pindah ke digital: 

 

Channel (UHF) Stasiun TV Frekuensi
24 UHF SCTV

Kompas TV

Indosiar

Mentari TV

O Channel

498 MHz
28 UHF RCTI

GTB

MNC TV

iNews

530 MHz
31 UHF Metro TV

MyTV

JPNN

BBSTV

UGTV

Smile TV

Magna TV

554 MHz
34 UHF TVONE

JakTV

ANTV

SportOne

578 MHz
40 UHF TransTV

Trans7

CNN

CNBC

626 MHz
43 UHF TVRI

TVRI Sport

TVRI World

TVRI Jakarta

nusantaraTV (nTV)

Inspira

Net TV

Radar TV

Elshinta TV

DAAI TV

tMU

650 MHz
48 UHF RTV 690 MHz

2. Daftar Frekuensi Digital TV Jawa Barat

Daerah lainnya yang dianggap siap untuk bermigrasi ke TV digital adalah provinsi Jawa barat. Berikut ini bisa disimak dan daftar frekuensi TV antena UHF yang beralih ke digital:

 

Channel (UHF) Stasiun TV Frekuensi
29 UHF SCTV

Kompas TV

Indosiar

Mentari TV

RTV

Moji

538 MHz
32 UHF Metro TV

Magna Channel

BN Channel

Independen

Independen (komunitas)

562 MHz
35 UHF TVRI

Independen

Inspira TV (stasiun induk)

Nusantara TV

BTV

NET

Eka TV (stasiun TV)

Independen (PTV)

586 MHz
38 UHF anTV

TVOne

SportOne

Indonesia Network

JPM

610 MHz
41 UHF RCTI

MNCTV

GTV

iNews

634 MHz
44 UHF TransTV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

650 MHz

 

3. Daftar Frekuensi TV Digital di Provinsi Jawa Timur

Jika kamu tinggal di wilayah Jawa Timur, berikut ini akan disajikan juga daftar frekuensi TV analog yang pindah ke digital. Simak pada tabel berikut ini:

 

Channel (UHF) Stasiun TV Frekuensi
29 UHF SCTV

Indosiar

O Channel

Mentari TV

Rajawali TV

Kompas TV

538 MHz
32 UHF TV One

ANTV

Arek Televisi

562 MHz
35 UHF TVRI Jawa Timur

TVRI Nasional

TVRI Sport HD

TVRI World

586 MHz
38 UHF Rek TV

Metro TV

BBS TV

JTV

TV9

Magna Channel

BNTV

619 MHz
41 UHF RCTI

MNCTV

GTV

iNews

634 MHz
44 UHF TransTV

Trans7

CNN Indonesia

CNBC Indonesia

658 MHz

 

Cara Mencari Siaran TV Digital

Setelah mengetahui daftar frekuensi TV antena UHF yang sekarang ini telah digital di berbagai provinsi, mungkin sekarang ingin mengetahui bagaimana cara mencarinya. Untuk mulai mencari siaran televisinya, bisa diikuti langkah berikut ini:

  • Pastikanlah antena sudah pada posisi yang benar dan sesuai yang ditunjukkan pada aplikasi sinyal TV digital.
  • Langkah berikutnya, sambungkanlah kabel antena ke TV dengan benar.
  • Kalau menggunakan set top box, pastikanlah sambungan antara keduanya sudah terpasang dengan tepat.
  • Nyalakan TV, kemudian pilih pengaturan.
  • Lalu, pilih DTV untuk memperoleh siaran TV digital.
  • Kemudian, arahkanlah ke sumber input AV bagi pengguna STB.
  • Kemudian, bisa klik auto scan dan selanjutnya TV secara otomatis akan mencari channel.
  • Tunggu proses tersebut selesai dan jika sudah, maka channel akan muncul semua.

Dengan bermigrasinya TV analog ke digital, maka mengharuskan siapapun untuk memiliki set top box ataupun TV yang sudah digital. Selain itu, harus paham juga bagaimana cara scan siaran untuk bisa tampil.

Dengan pembahasan daftar frekuensi TV antena UHF yang beralih ke digital, pastinya akan semakin mempermudah dalam memperoleh siaran TV. Dengan kualitas yang lebih baik, tentu aktivitas menonton akan menjadi semakin menyenangkan. Semoga bermanfaat!