Cara Cek Ongkir J&T Cargo, Syarat, hingga Trik Menggunakan Layanan!!


Ketika kamu mau kirim produk kapasitas besar ke daerah lain, J&T Cargo dapat dijadikan pilihan. Selain mempersiapkan dokumen dan pengemasan paket yang tepat, melakukan cek ongkir J&T cargo juga merupakan hal yang wajib dilakukan.

Gunanya adalah agar kamu bisa memprediksi berapa biaya yang harus dikeluarkan, untuk pengiriman barang tersebut. Berikut ini, berbagai informasi penting yang perlu kamu tahu dan pahami kalau memang mau menggunakan J&T.

2 Cara Cek Ongkir J&T Cargo

Cek Ongkir J&T Cargo

Untuk tahu berapa sih harga ongkos kirim barang kalau menggunakan jasa J&T, terdapat dua cara pilihan. Kamu tinggal pilih, mau menggunakan cara yang mana, keduanya sama mudah dan membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

  • Cek Melalui Website J&T

J&T memiliki situs sendiri yaitu jet.co.id, yang punya banyak fitur lengkap termasuk kemudahan bagi pengguna melakukan cek ongkir J&T cargo sebelum memilih layanan yang akan dipakai. Untuk mengecek ongkos kirim tersebut, bisa dilakukan dengan cara:

  1. Pastikan koneksi internet pada perangkat HP ataupun laptop stabil
  2. Buka browser pada perangkat, kemudian pilih tab baru dan ketik nama situs jet.co.id
  3. Klik pada menu shipping rates dan tunggu muncul halaman baru
  4. Akan muncul kolom “from yang diisi dengan kota pengirim paket, lalu masukkan kota tujuan pada kolom “to”
  5. Pada kolom weight isi dengan estimasi berat paket yang akan dikirim
  6. Masukkan dimensi panjang, tinggi, dan lebar paket pada kolom dimension
  7. Tekan tombol search untuk memulai pencarian
  8. Jika sudah berhasil, maka akan muncul daftar harga ongkos kirim yang bisa kamu jadikan acuan saat membawa paket ke kantor J&T nantinya

Harga ongkir tersebut bisa berubah kapan saja, jadi lebih baik kamu mengecek beberapa saat sebelum mengirim untuk mendapatkan update harga ongkir terbaru.

  • Cek Melalui Aplikasi J&T

[appbox googleplay screenshots com.msd.JTClient]

Cara yang tak kalah mudah untuk tahu nilai ongkos kirim dari cargo J&T adalah melalui aplikasi resminya yaitu J&T Express. Aplikasi ini bisa diunduh dan diinstal melalui platform Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store bagi yang pakai perangkat besutan Apple.

  1. Pastikan aplikasi tersebut sudah diunduh pada perangkat 
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih menu “harga” pada halaman utamanya
  3. Masukkan kota pengirim, kota penerima, dimensi barang, dan berat dari paket pada kolom yang tersedia
  4. Klik pada tombol caridan kamu bisa cek ongkir J&T cargo dengan mudah. Kamu tinggal mempersiap dana yang sesuai dengan jumlah harga tersebut
  • Cek Langsung ke Kantor J&T Terdekat

Kalau mau lebih jelas lagi dan mendapatkan informasi lengkap, kamu tinggal datang saja ke kantor J&T terdekat dari lokasi tempat tinggal. 

Disana kamu bisa menanyakan berbagai informasi seputar cargo J&T, mulai dari harga ongkir hingga estimasi paket bisa sampai di alamat penerima.

Akan menjadi kepuasan tersendiri ketika semua pertanyaan bisa terjawab maksimal bukan? Ketimbang hanya via situs atau aplikasi saja.

Syarat Pengiriman Pakai J&T Cargo

Syarat Pengiriman Pakai J&T Cargo

Pihak J&T sudah menentukan apa saja syarat penting yang wajib dilakukan oleh pengirim barang, kamu tinggal penuhi semuanya sebelum mengantarkan barang ke kantor J&T atau menggunakan jasa penjemputan.

1. Barang sudah Dikemas

Sebelum mengirim barang, kamu harus memastikan untuk mengemas semua barang sesuai prosedur pengemasan yang berlaku pada perusahaan ekspedisi. 

Metode pengemasan bisa disesuaikan dengan jenis barang, sehingga keamanan dan kondisinya terjaga baik sampai di alamat tujuan. 

Misalnya, untuk mengirim produk berupa buku dalam jumlah banyak tentu bisa menggunakan kemasan kardus tanpa harus menambah bubble wrap. 

Sedangkan untuk mengirim barang pecah belah, akan butuh kemasan ekstra supaya tidak terjadi kerusakan seperti pecah atau retak.

2. Penentuan Berat Barang

Berat barang bisa kamu timbang sendiri, setelah selesai dikemas. Berat yang akan dikalkulasikan dengan harga adalah berat dari dimensi dan nilai terbesar dari semua paket kirimanmu.

Tapi, jika seandainya dilakukan pengemasan ulang karena barang tersebut masuk kategori rentan rusak atau kamu ingin menggunakan asuransi maka saat cek ongkir J&T cargo penghitungan ongkos kirim akan berbeda.

Yaitu menggunakan berat terakhir setelah pengemasan ulang dilakukan, bukan lagi mengacu pada berat kemasan awal diantar pada J&T.

3. Informasi Jenis Barang

Pastikan untuk memberikan informasi lengkap seputar jenis barang yang dikirim, hal ini untuk menentukan apakah paket tersebut bisa dikirim atau tidak.

Termasuk memastikan mana armada yang tepat untuk mengirim, serta posisi barang saat bongkar muat. Gunanya untuk menjaga paket kamu tetap dalam kondisi baik saat diterima di alamat tujuan.

4. Jenis Barang tidak Masuk Daftar Larang Kirim

Jenis barang yang akan kamu kirim harus masuk kategori diperbolehkan kirim, jangan sampai masuk kategori dilarang.

Beberapa produk yang dilarang pengirimannya via cargo seperti uang, binatang yang masih hidup atau sudah mati apalagi diawetkan, obat yang dilarang sesuai aturan pemerintah dan bea cukai, senjata maupun amunisinya.

Jenazah manusia, surat-surat berharga, logam mulia, barang yang masuk kategori mudah terbakar,, perhiasan mewah, dan semua barang lainnya.

Untuk melakukan pengecekan barang apa saja yang boleh dan tidak boleh kirim via cargo secara lebih lengkap, informasinya bisa didapat dengan bertanya pada pihak J&T langsung atau via internet.

5. Ganti Rugi

Ganti rugi dari perusahaan cargo hebat J&T adalah yang sesuai kemampuan dan aturan yang berlaku di dunia ekspedisi dan pemerintah.

Sedangkan untuk kondisi barang yang rusak atau lainnya akibat bencana alam atau masalah diluar kewenangan pihak cargo, maka tidak akan diberikan ganti rugi.

6. Asuransi

Pengirim paket yang menggunakan jasa cargo, bisa menggunakan fitur asuransi untuk memaksimalkan kondisi barang selamat sampai tujuan. Harganya akan diakumulasi dengan harga ongkos kirim setelah cek ongkir J&T cargo pada situs maupun aplikasi.

Asuransi ini bersifat tidak wajib namun dianjurkan, terutama untuk jenis barang yang rentan rusak jika dibawa dalam perjalanan jauh.

Pengirim bisa mengajukan pengaduan atau klaim atas barang yang dikirim, waktu maksimal klaim adalah tiga hari setelah barang diterima dan dokumen penyertanya diserahkan kepada penerima.

7. Perjanjian Tertulis

Pengirim bisa meminta dibuatkan perjanjian tertulis soal pengiriman barang tertentu, namun jika tidak menggunakan perjanjian maka artinya kamu menyetujui barang dikirim oleh J&T. Tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Jenis Layanan J&T Cargo

Jenis Layanan J&T Cargo

Ada beberapa layanan J&T cargo yang tersedia, kamu bisa memilih mana yang paling tepat. sesuai dengan jenis barang yang dikirim dan biaya yang sudah disiapkan, setelah melakukan cek ongkir J&T cargo sebelumnya.

  • Cargo Jenis Standar

Yaitu layanan untuk pengiriman barang dengan berat antara 100 kg – 300 kg. biasanya digunakan oleh pebisnis yang mau mengirim produknya ke kantor cabang hingga pengecer. 

Keunggulan memilih jenis layanan ini adalah tepat waktu karena menggunakan armada yang sudah tersedia, kemudian jadwal berangkat armada juga sudah jelas termasuk estimasi tiba.

Selain itu, keunggulan yang tak bisa diabaikan adalah keamanan dan kondisi barang akan terjamin sejak dikirim sampai diterima. Lalu, untuk ongkos kirimnya merupakan yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis layanan lainnya.

  • Cargo Kecil

Merupakan layanan untuk kategori berat barang antara 50 kg – 100 kg. Biasanya dibedakan dengan tanda H50 untuk paket yang beratnya maksimal 50 kg, dan H100 pada paket dengan berat maksimal 100 kg.

Pengguna cargo kecil biasanya adalah pebisnis rumahan dan grosir, ketika ingin mengirim produk dengan jumlah besar. misalnya produk alat rumah tangga, makanan, barang fashion, hingga produk kecantikan.

  • Layanan Service Level Agreement

Service Level Agreement adalah layanan untuk pengguna yang mau mengirim barang antara 10 kg – 50 kg. Biasanya menggunakan jalur darat dengan beberapa pilihan durasi sampai. 

Ada pilihan paket sampai di pagi hari setelah pengiriman, satu hari setelah dikirim, atau dua hari setelah dikirim.

Prosedurnya juga mudah dan bisa diproses dengan cara lebih cepat, menggunakan resi dengan kemudahan pelacakan posisi barang langsung oleh pengirim maupun penerima.

Yang menggunakan layanan ini biasanya pengirim paket untuk kebutuhan kantor, dimana paket tersebut harus sampai pada waktu tertentu dan langsung sampai karena harus digunakan.

Misalnya, pengiriman perangkat elektronik, alat kesehatan dalam jumlah terbatas, serta barang lainnya.

Trik Menggunakan Layanan J&T Cargo

Tidak ada salahnya menggunakan layanan cargo dari J&T, apalagi saat ini untuk mengetahui berapa harga ongkos kirim tinggal cek ongkir J&T cargo dengan mudah. 

Selain itu, pastikan pula untuk menggunakan tips berikut supaya barang dikirim dengan harga terbaik dan sampai dengan aman tepat waktu.

  • Pastikan Kemasan

Sebelum menentukan jenis layanan J&T cargo yang diinginkan, pastikan untuk mengemas barang dengan baik. Sesuaikan dengan jenis barang tersebut, bila perlu alokasikan dana khusus untuk pengemasan yang aman dan rapi.

Misalnya ketika kamu ingin mengirim barang fashion seperti pakaian, maka packing dengan menyimpan barang di dalam plastik khusus baru ditata di dalam kardus untuk dikemas.

Dengan begitu, kemungkinan pakaian tersebut basah atau bahkan rusak sangat bisa diminimalisir dan kerugian dapat dihindari.

  • Timbang Berat dan Dimensi

Sebelum membawa paket barang ke J&T, kamu sebaiknya menimbang terlebih dahulu barang yang sudah dikemas tersebut. Jadi, ketika akan dikirim sudah mendapatkan estimasi biaya yang dibutuhkan.

Selain itu juga memudahkan petugas J&T untuk menginput data barang ke dalam sistem., tanpa harus melakukan penimbangan ulang. Apalagi untuk jumlah barang relatif banyak, meskipun secara standar tetap harus ditimbang ulang di lokasi gudang J&T.

Paling tidak data yang kamu punya bisa dijadikan acuan, ketika J&T melakukan timbang kembali supaya tidak terjadi kesalahan data ukuran berat paket.

  • Beri Penanda Setiap Kemasan

Untuk barang yang pengemasannya terpisah-pisah, pastikan untuk memberikan label atau penanda setiap kemasan. Gunanya supaya kamu lebih mudah memastikan dan menjelaskan soal paket pada petugas J&T.

Label juga akan memudahkan petugas bongkar muat barang di gudang J&T untuk menempatkan semua barang kiriman Anda pada lokasi berdekatan, sehingga kemungkinan tercecer bisa dihindari.

  • Pakai Asuransi

Sebaiknya manfaatkan asuransi barang yang dikirim, supaya kamu lebih nyaman dan kondisi barang bisa benar-benar tetap baik sampai diterima di lokasi tujuan.

Asuransi juga memberikan jaminan, ketika terjadi kerusakan maka pihak J&T akan bertanggung jawab. 

  • Beri Informasi Pengirim dan Penerima

Cantumkan informasi tentang pengirim dan penerima dengan jelas, lengkap dengan dokumen lainnya yang diminta. Untuk mempermudah proses pengiriman dan memastikan paket sampai di tujuan dengan tepat.

Untuk layanan cargo standar, akan dibutuhkan dokumen tambahan sebagai pelengkap administrasi pengiriman. Seperti tanda pengenal pengirim, jika dari perusahaan maka dokumen perusahaan juga akan dibutuhkan.

  • Pastikan Resi untuk Tracking

Pastikan kamu mendapatkan resi untuk bisa melakukan pelacakan posisi barang yang sudah dikirim, sampai memastikan barang sudah diterima nantinya.

Dengan mengetahui cek ongkir J&T cargo cara hingga tips mengirim paket dan barang menggunakan cargo, kamu akan lebih mudah mempersiapkan barang dan dana yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk memastikan semua dokumen pelengkap sudah tersedia, untuk diberikan kepada pihak J&T.