Cara Scan Printer Epson L220 Dengan Mudah

Cara Scan Printer Epson L220 – Kebutuhan perangkat scan dokumen di era digitalisasi saat ini kian meningkat. Beberapa instansi tak lagi memerlukan file asli, namun cukup dengan mengirimkan soft file berupa hasil scan. Misalnya saja ketika saat melamar pekerjaan tertentu, seringkali kita diminta untuk mengirimkan scan kartu identitas. Untungnya saat ini ada beberapa perangkat printer all in one yang dibekali dengan fitur scan and copy. Harganyapun bervariasi mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Salah satu line up Epson yang dibekali dengan fitur scan adalah seri L220. Printer epson l220 dirilis pada tahun 2015 lalu dan masih diproduksi hingga 2020 ini. Kali ini kami tidak membahas lebih jauh menganai spesifikasi epson l220 namun hanya sebatas fitur scannya saja.

Meski sebenarnya caranya simpel, namun rupanya banyak yang belum tahu bagaimana cara scan printer epson l220. Namun sebelumnya pastikan dulu, printer sudah terkoneksi dengan baik ke perangkat komputer begitu juga dengan driver yang sudah terinstal. Jika driver belum terinstal maka bisa menyebabkan printer tidak terdeteksi. Kamu bisa menginstal driver dari CD yang masuk dalam paket pembelian atau download langsung dari situs resmi epson. Jika sudah beres baru ikuti langkah langkah berikut:

Cara Scan Printer Epson L220

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk menscan dokumen yakni menggunakan tombol fisik di printer atau menggunakan aplikasi yang terpasang di komputer.

Cara pertama:

  • Hidupkan printer dan sambungkan dengan perangkat komputer
  • Buka tutup scanner, masukan dokumen yang akan discan (menghadap kebawah)
  • Tekan tombol kertas putih dan biru secara bersama, proses scan akan dimulai.

    cara menyecan pada printer epson l220
    cara menyecan pada printer epson l220
  • Tunggu sesaat maka jika berhasil, hasil scan akan langsung tersimpan dikomputer dalam format PDF.
  • Cek saja di folder penyimpanan. Jika tidak berhasil silahkan menggunakan cara kedua

Baca juga: Resetter Epson L220

Cara Kedua

  • Hidupkan printer dan sambungkan ke perangkat komputer
  • Buka tutup scanner, dan masukan kertas atau dokumen yang mau discan. jangan lupa tutup kembali
  • Buka aplikasi Epson Scan L220 (biasaya terinstal ketika menginstal driver)
  • Ubah ke profesional mode
  • Disini kamu bisa mengatur tipe file hasil scan seperti JPG, PNG atau PDF. Selain itu juga bisa mengatur dimana lokasi penyimpananya

    cara scan epson l220
    cara scan epson l220
  • Jika sudah selesai, tinggal klik OK saja maka proses scan akan dimulai.

Gimana mudah bangetkan cara scan kertas dokumen menggunakan printer epson L220 ini? Kamu bisa menscan beberapa dokumen seperti KTP, Ijazah, KK, SIM dll. Namun perlu diingat ukuran maksimalnya hanya A4 saja. Jadi kalau dokumenya berukuran F4 seperti SKCS kemungkinan besar bakal kepotong. Sekian dulu ya semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *