Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik

Posted on

Xiaomi adalah vendor smartphone yang berani menawarkan smartphone dengan harga yang murah namun dengan spesifikasi yang tinggi. Ini menjadikan Xiaomi menjadi smartphone yang paling diminati di tanah air.

Meskipun dengan spesifikasi peranti keras yang tinggi namun sebagian smartphone keluaran Xiaomi kerap mengalami hang atau error saat sedang bermain game berat atau aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang besar.

Untuk mengatasi masalah tersebut maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset ulang ke setelan pabrik. Dengan melakukan reset ulang ke setelan pabrik maka itu artinya sistem smartphone Xiaomi akan kembali seperti baru keluar dari pabrik.

Cara Reset HP Xiaomi

Namun sebelum melakukan reset HP Xiaomi maka yang harus dilakukan adalah melakukan beberapa persiapan yang penting untuk dilakukan. Persiapan itu adalah melakukan backup sejumlah data yang ada di HP Xiaomi. Hal ini penting sebab reset HP Xiaomi dilakukan dengan menghapus semua data yang ada di HP Xiaomi ini. Artinya jika anda tak melakukan backup terhadap data yang anda miliki maka semua data yang ada di HP Xiaomi anda akan hilang.

Yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pencadangan file atau backup file yang penting seperti kontak, dokumen, video, foto, dan file lainnya. Tempat untuk memindahkan file bisa di hardisk, komputer, atau di cloud seperti Google Drive, Dropbox, dan lainnya.
  2. Melakukan backup riwayat chat di aplikasi chatingan anda.
  3. Pencadangan aplikasi sehingga nantinya anda tak butuh mengunduh ulang aplikasi-aplikasi yang telah anda unduh saat ini.

Peringatan Sebelum Melakukan Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik

Peringatan Sebelum Melakukan Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik

Dalam melakukan reset HP Xiaomi harus dilakukan dengan benar sebab jika salah atau gagal dalam melakukan reset maka akibat yang ditimbulkan bisa cukup fatal dan ini adalah hal yang paling ditakuti saat melakukan reset HP Xiaomi.

Resiko yang dapat timbul adalah terjadinya bootloop. Bootloop adalah suatu keadaan dimana  ponsel gagal melakukan booting sehingga menebabkan sistem pada di HP Xiaomi menjadi rusak.

Oleh sebab itu maka anda harus mengetahui bagaimana cara melakukan reset HP Xiaomi ke setelan pabrik dengan benar untuk menghindari masalah kerusakan yang bisa saja terjadi.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik dengan Menu Setting

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan reset melalui menu setting atau pengaturan. Ini adalah salah satu cara yang paling umum untuk dilakukan. Namun sebelum melakukan cara dibawah ini pastikan semua data yang ada di HP Xiaomi telah anda pindahkan ke tempat lain. Berikut ini cara reset Xiaomi ke setelan pabrik melalui menu setting.

Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik dengan Menu Setting

  1. Pertama buka aplikasi setting di hp Xiaomi.
  2. Pilih Additional Setting.
  3. Setelah itu pilih Backup and Reset.
  4. Lalu pilih Factory Reset.
  5. Selanjutnya pilih Reset Phone.
  6. Selanjutnya lakukan konfirmasi untuk menghapus semua data di ponsel.
  7. Apabila reset ke setelan pabrik telah selesai dilakukan maka nantinya HP Xiaomi anda akan secara otomatis melakukan reboot.

Selanjutnya tampilan akan menunjukan seperti saat pertama kali menyalakan HP Xiaomi. Anda dapat melakukan proses pengaturan seperti pertama kali mengguakan HP.

Cara Melakukan Reset HP Xiaomi Melalui Recovery Mode

Cara Melakukan Reset HP Xiaomi Melalui Recovery Mode

Cara reset HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan melakukannya dengan Recovery Mode atau juga disebut sebagai Hard Reset. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan bahwa baterai ponsel anda penuh atau setidaknya berada di atas 50%. Tujuannya adalah agar proses reset dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Matikan HP Xiaomi anda terlebih dahulu.
  2. Tekan dan tahan tombol power dan volume up secara bersamaan.
  3. Nantinya akan muncul logo Xiaomi lalu masuk ke Mi Recovery.
  4. Muncul pilihan bahasa, lalu pilihlah opsi “Bahasa Inggris”.
  5. Pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  6. Selanjutnya pilih All Wipe Data lalu pilih Yes.
  7. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dilakukan.

Reset Factory dapat dilakukan apabila anda lupa pola smartphone anda.

Manfaat Melakukan Reset ke Setelan Pabrik pada HP Xiaomi

Reset ulang ke setelan pabrik atau factory reset atau hard reser adalah cara yang mudah untuk dilakukan dan banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan reset pabrik ini. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Dapat Menghapus Virus dan Malware

Salah satu manfaat utama yang diperoleh dari melakukan reset HP Xiaomi ke setelan pabrik adalah saat penghapusan data yang ada di HP Xiaomi maka virus dan malware yang bersarang di HP Xiaomi pun akan ikut terhapus dengan reset ke setelan pabrik.

Virus dan malware adalah masalah serius bagi komputer sebab dapat menyebabkan HP Xiaomi menjadi lebih lambat dan juga dapat membuat rusak komponen pada HP. Malware dan virus terkadang sulit untuk dideteksi dan mudah sekali menduplikasi dirinya. Dengan melakukan reset ke setelan pabrik baik sengaja untuk membunuh virus dan malware atau tiadak, aktivitas melakukan reset ke setelan pabrik dapat bermanfaat untuk membunuh malware dan virus.

  1. Peforma HP Xiaomi akan Menjadi Lancar Kembali

Setiap kita menggunakan aplikasi di HP Xiaomi maka akan ada data yang kita masukan di aplikasi tersebut dan data ini akan terus menumpuk seiring dengan waktu. Semakin lama maka nantinya HP Xiaomi anda akan semakin lambat karena di dalamnya banyak sekali data yang sebetulnya tak dibutuhkan namun tetap disimpan.

Sebagian aplikasi pembersih ponsel tak dapat menghapus data-data yang tak dibutuhkan ini sebab dikhawatirkan data tersebut masih penting bagi pengguna. Karena itulah data yang menjadi beban masih tetap ada di sana tanpa kita tahu bagaimana cara menghapusnya.

Selain itu setingan yang baik sengaja atau tak sengaja akan memengaruhi peforma ponsel. Jika mengotak-atik pengaturan HP Xiaomi dengan salah maka dapat menyebabkan peforma HP Xiaomi menjadi tidak dapat bekerja secara optimal.

Dengan melakukan reset ke setelan pabrik maka segala macam data yang ada di ponsel akan terhapus. HP Xiaomi anda akan terbebas dari data yang tak dibutuhkan yang membebani kinerja HP Xiaomi anda.

Selain itu segala macam setingan atau pengaturan yang anda pernah otak-atik akan kembali ke keadaan semua. Ini juga dapat berkontribusi dalam meningkatkan peroforma HP Xiaomi.

Kesimpulan

Factory Reset atau melakukan reset ulang ke setelan pabrik adalah hal yang perlu dilakukan tergantung dari situasi yang anda alami. Reset ke setelan pabrik untuk HP Xiaomi dapat dilakukan dengan menggunakan melalui menu setting atau dengan menggunakan recovery mode.

Reset ulang ke setelan pabrik mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah dapat mempercepat kinerja ponsel dan juga menghilangkan beragam virus dan malware yang tersimpan di dalam HP Xiaomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *