Cara Reset Epson T13X

Posted on

Jika printer anda mengalami error yang ditandai dengan munculnya kedipan, tak dapat merespon perintah yang diberikan termasuk tak dapat melakukan printer maka itu adalah salah satu indikasi bahwa printer Epson anda harus segera direset ulang.

Cara Reset Epson T13X

Epson sendiri adalah printer yang cukup populer di Indonesia sebab dikenal cukup dapat diandalkan dan juga memiliki harga yang relatif lebih murah. Karena hal tersebut printer Epson menjadi salah satu printer terlaris di Indonesia.

Namun mekipun printer Epson terbilang cukup awet namun bukan berarti printer Epson tak dapat rusak. Sebagaimana kebanyakan barang elektronik, printer Epson juga kerap mengalami sejumlah kendala dan masalah.

Sekilas Tentang Epson T13X

Epson merilis printer dengan harga ekonomis yaitu Epson T13X yang meskipun harganya cukup terjangkau namun kualitasnya sangat bagus. Epson T13X mempunyai dua caridge yang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Dalam semenit printer Epson T13X dapat mencetak sebanyak 28 lembar.

Printer ini dapat diandalkan sebagai printer yang kantor ataupun untuk kebutuhan rumahan. Printer ini mudah disetup, memiliki koneksi USB untuk menghubungkan laptop atau PC ke printer.

Namun dibalik segala kelebihan tersebut Epson T13X juga mempunyai sejumlah kekurangan seperti tinta yang digunakan haruslah yang orisinil sebab jika tidak maka hasilnya akan kurang maksimal bahkan menjadi buntu.

Selan itu kekurangan lainnya adalah suara printer ini agak sedikit berisik sehingga tidak cocok apabila digunakan untuk ruangan yang membutuhkan ketenangan.

Printer Epson T13X ini dibandrol dengan harga 950 ribu rupiah.

Kapan Epson T13X Harus Direset?

Printer merek Epson dan Canon mempunyai masa guna atau maksimal jumlah cetak. Jika sebuah printer telah mencapai jumlah cetak atau masa guna tersebut maka printer harus direset ulang.

Ini dilakukan agar printer senantiasa dalam kondisi baik. Direset artinya sistem printer akan dikembalikan ke keadaan semua sama seperti saat pertama kali membelinya dari toko dan sistem kembali menghitung jumlah cetak dari 0.

Sistem ini dibuat sebagai solusi atas masalah waste ink full atau tinta pembuangan yang telah penduh. Jika sudah direset ulang maka printer akan dapat berfugnsi seperti sedia kala dan tak ada kedipan pada lampu indikator.

Jadi bisa dibilang bahwa ini adalah hal yang normal yang pasti akan terjadi pada printer Epson, hanya saja waktunya saja yang tergantung dari seberapa sering printer mencetak dokumen. Semakin sering printer mencetak dokumen maka semakin sering pula printer harus direset.

Cara Reset Epson T13X

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa printer Epson harus dilakukan reset saat telah mencapai jumlah pencetakan tertentu agar dapat kembali berfungsi dengan normal. Namun dalam melakukan reset printer Epson T13X harus dilakukan dengan benar sebab jika tidak maka dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru yang lebih berat nantinya.

Oleh sebab itu dalam artikel ini kami akan menjabarkan secara lengkap langkah-langkah cara melakukann reset printer Epson T13X. Dengan panduan ini anda tak perlu membawa printer anda ke teknisi sebab dapat anda kerjakan sendiri.

Anda menjadi lebih memahami bagaimana cara melakukan reset Epson T13, menghemat ongkos perbaikan, dan nantinya anda dapat melakukan reset saat printer anda perlu direset.

Dalam melakukan reset printer Epson T13X terdapat dua cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cara manual dan dengan cara menggunakan software resetter yang secara khusus dirancang untuk melakukan reset printer merek Epson yang bernama Epson Adjusment Program.

Cara Reset Epson T13X Manual

Reset manual adalah cara reset yang paling mudah untuk dilakukan sebab anda tak perlu terlebih dahulu mendownload, melakukan instalasi software, dan tak perlu melakukan konfirugasi di komputer.

Dalam melakukan reset printer Epson T13X yang diperlukan hanyalah menekan tombol-tombol tertentu dengan cara tertentu dan juga dalam durasi tertentu.

Sebenarnya cara reset printer Epson T13X telah dijelaskan dalam buku manual book yang didapatkan dalam paket pembelian printer Epson T13X. Untuk memastikannya anda dapat membuka kembali buku manual tersebut.

Adapun caranya dapat anda lakukan sebagai berikut ini:

  1. Pertama cabut terlebih dahulu kabel power printer lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu pasang kembali kabel power printer seperti sedia kala.
  2. Hidupkan printer dengan menekan tombol power lalu tahan.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol resume sehingga anda menekan tombol power dan resume secara bersamaan. Tahan tombol ini selama 5 detik setelah itu lepaskan.
  4. Ulangi kembali menekan tombol power dan resume secara bersamaan namun hanya 3 detik lalu lepaskan.
  5. Setelah melakukan cara diatas maka printer akan melakukan reset secara otomatis selama beberapa menit.

Apabila proses ini telah selesai dilakukan maka printer akan kembali ke setelan awal atau default seperti baru pertama kali keluar dari pabrik dan penghitungan jumlah cetak akan kembali ke 0.

Setelah melakukan proses diatas maka masalah pada printer Epson T13X akan segera teratasi dan print atau pencetakan dokumen sudah dapat dilakukan.

Namun apabila cara diiatas tak dapat mengatasi masalah pada printer Epson T13X anda, maka anda dapat melanjutkan dengan melakukan cara dibawah ini:

Cara Reset Epson T13X dengan Software

Selain melakukan reset dengan cara manual, cara lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan software yang bernama Epson Adjusment Program yang secara khusus dirancang untuk melakukan reset printer merek Epson.

Dalam melakukan reset printer ini maka yang dibutuhkan adalah komputer yang telah terpasang Epson Adjusment Program. Pastikan tipe printer sesuai dengan softwarenya agar nantinya komputer dan printer dapat berkomunikasi dengan baik.

Cara ini dapat anda tempuh saat reset secara manual tidak dapat dilakukan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama download dan instal aplikasi Epson Adjusment Program.
  2. Buka aplikasi Epson Adjusment Program.
  3. Klik select lalu pilih pada bagian tipe dan model name, pilih T13X. Lalu klik ok.
  4. Selanjutnya klik Particular Adjusmnet Mode.
  5. Pilih Waste Ink Pad Counter, lalu klik Ok.
  6. Ceklist pada bagian Main Pad Counter, lalu klik Check.
  7. Klik Ok pada pop up yang muncul.

Setelah melakukan cara diatas maka printer akan segera melakukan reset. Proses reset akan dilakukan dengan lebih cepat dibandingkan dengan reset secara manual. Setelah proses reset selesai dilakukan maka akan muncul pop up yang meminta kita untuk mematikan printer. Matikanlah printer lalu hidupkan kembali.

Printer anda pun sudah selesai direset, sudah dapat digunakan, dan sudah dapat berfungsi normal seperti sedia kala. Kedipan yang sebelumnya muncul juga tak akan ada lagi. Lakukan print atau cetak dokumen untuk memastikannya.

Namun jika seandainya anda sudah melakukan reset Epson secara manual dan dengan menggunakan software tak membuahkan hasil maka ada kemungkinan jika masalahnya bukan pada sisten software melainkan pada hardwarenya. Oleh sebab itu jika memang cara diatas tak berhasil, bawalah ke teknisi untuk memperbaiki bagian hardwarenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.