2+ Cara Paralel TV Indihome 2022 Anti Gagal – 100% SUKSESS!!

Posted on

Bagi kamu yang punya TV kabel di rumah, pastinya pernah tersirat keinginan untuk melakukan paralel seperti di hotel, kan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara paralel TV Indihome dan Wifi Indihome yang mudah dan pastinya anti gagal.

Sekilas Tentang STB TV Indihome

Tips Menggunakan STB Indihome Tanpa Berlangganan

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara paralel TV Indihome, kamu harus tahu apa itu STB. STB (Set Top Box) Indihome adalah sebuah layanan tayangan siaran digital yang berfungsi untuk mengatur saluran televisi sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Selain itu, STB juga berfungsi untuk menonton siaran televisi baik siaran lokal maupun siaran berbayar. STB TV Indihome ini juga bisa kamu gunakan untuk mengubah televisi digital menjadi smart TV.

Dengan adanya STB, antara TV satu dengan TV lainnya bisa saling terhubung sehingga memungkinkan terjadi siaran paralel. Lalu, gimana sih cara paralel TV Indihome yang mudah? Bagi kamu yang ingin memasang TV kabel seperti yang ada di hotel, kamu bisa menggunakan 1 STB.

STB ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan 2 televisi yang berperan sebagai perangkat tambahan untuk memperoleh sinyal siaran digital. Nah, selain untuk menangkap sinyal digital, STB ini juga bisa membantu menghubungkan antara satu TV dengan TV lainnya tanpa alat tambahan.

Alat Paralel TV Indihome

Untuk membuat paralel TV Indihome, kamu bisa menyiapkan beberapa alat pendukung untuk menghubungkan antara satu TV dengan TV lainnya. Berikut ini beberapa alat yang perlu kamu siapkan sebelum melakukan paralel TV Indihome:

  • TV yang ingin diparalel
  • Sambungan RCA double atau Jack Connector
  • Kabel RCA to RCA
  • Kabel RCA 3in1
  • Set Top Box (STB)

Kalau semua peralatan di atas sudah disiapkan, bisa merangkai TV Indihome untuk diparalel. Dengan melakukan rangkaian paralel, kedua TV Indihome ini bisa menampilkan gambar secara bersamaan.

Cara Paralel TV Indihome yang Mudah dan Anti Gagal

STB Indihome

Untuk merangkai TV Indihome menjadi paralel, kamu hanya perlu menghubungkan 1 STB untuk 2 buah televisi menggunakan kabel RCA. Berikut ini cara paralel TV Indihome beserta langkah-langkahnya:

  • Pertama, kamu bisa memasukkan kabel RCA ke AV di TV kedua sesuai warna.
  • Selanjutnya, kabel RCA yang satunya bisa disambungkan ke Jack Connector RCA.
  • Untuk bagian kabel RCA 3in1, kamu bisa memasukkannya ke 1 kabel ke STB berwarna kuning dan 3 buah kabel dimasukkan ke Jack Connector RCA.
  • Setelah itu, kamu bisa menghidupkan TV satu yang sudah dihubungkan STB dengan posisi kabel HDMI to HDMI bawaan Indihome.
  • Kalau TV satu sudah menampilkan gambar, kamu bisa menghidupkan TV yang kedua.
  • Jika kedua TV sudah menampilkan gambar yang sama, berarti rangkaian paralel sudah berhasil. Akan tetapi, jika TV yang kedua belum menampilkan gambar, kamu bisa mengatur TV menjadi posisi AV atau video.

Cara Paralel Indihome dari Jarak Jauh Dengan Kabel LAN

Selain mengetahui cara paralel TV Indihome, kamu juga bisa melakukan paralel Wifi Indihome jarak jauh menggunakan kabel LAN. Syarat melakukan paralel Indihome yaitu kamu harus punya 2 router dan wajib berbeda tipe. Berikut ini cara paralel Indihome menggunakan kabel LAN jarak jauh:

  • Sambungkan Kabel UTP

Jika pada paralel TV Indihome dibutuhkan STB, maka bagi kamu yang ingin melakukan paralel Indihome wajib menyiapkan kabel UTP. Kabel UTP ini berfungsi untuk menyambungkan 2 router di mana salah satu router berfungsi untuk basis internet dan satunya lagi untuk penerima sinyal.

Untuk router utama yang berfungsi sebagai sumber jaringan internet, kamu bisa menyambungkannya connector kabel UTP ke lubang dengan tulisan LAN. Sebaliknya, untuk router penerima sinyal, konektor harus dimasukkan ke dalam pos bertulisan WAN atau internet.

  • Masuk Menu Pengaturan

Langkah selanjutnya yaitu masuk ke menu Pengaturan untuk melakukan setting koneksi internet pada kedua router yang kamu gunakan. Sebenarnya, dengan menyambungkan kabel UTP saja, Indihome milikmu sudah bisa terhubung.

Namun, untuk mencegah gangguan yang bisa ditimbulkan dari salah satu router, kamu bisa membuka menu Pengaturan untuk mengatur jaringan sehingga lebih lancar dan memastikan kedua router berfungsi dengan baik.

  • Cek Koneksi Komputer

Kamu bisa memeriksa koneksi Wifi ke komputer. Router kedua yang berfungsi untuk menerima sinyal wajib terhubung dengan komputer agar jaringan Wifi bisa dibagikan.

  • Cari Alamat IP Router Kedua

Untuk melakukan setting pada router kedua, kamu bisa mencari tahu alamat IP router kedua. Dengan mengetahui IP router kedua, kamu bisa masuk ke opsi menu Setting atau pengaturan.

  • Lakukan Login

Langkah terakhir untuk paralel Indihome yaitu melakukan login situs. Cara untuk login yaitu menyalin alamat IP dan menempelkan salinan IP ke laman pencarian browser di perangkat PC atau smartphone.

Untuk bisa menggunakan jaringan Wifi Indihome yang diparalel, kamu harus memasukkan username dan passwordnya.

Ternyata, ada cara paralel TV Indihome dan Wifi Indihome yang bisa dilakukan secara mandiri. Dengan mengetahui cara merangkai TV Indihome paralel, kamu jadi bisa menampilkan gambar secara bersamaan di 2 buah televisi sekaligus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.