Cara Pakai Kuota Lokal Tri di Kota Lain, Ikuti Langkah ini!


Saat ini banyak provider yang berlomba-lomba menarik perhatian pelanggan dengan berbagai jenis kuota internet. Salah satunya adalah kuota lokal Tri yang dijadikan sebagai bonus untuk pembelian kartu perdana. Hanya saja, masih ada pengguna yang ternyata belum tahu cara pakai kuota lokal Tri.

Tri sendiri dikenal sebagai salah satu operator seluler yang menyediakan berbagai macam kuota sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Mulai dari kuota nonton film, kuota download hingga kuota game dan kuota lokal. Nah, khusus untuk kuota lokal Tri akan kita bahas pada artikel ini.

Kuota Lokal Tri itu Apa?

Bagi yang belum tahu kuota lokal Tri itu apa, pasti penasaran dan ingin mengetahuinya secara lengkap. Pada dasarnya kuota lokal Tri merupakan jenis kuota internet yang bisa diakses di semua jaringan (2G, 3G dan 4G LTE) selama 24 jam penuh. 

Sebenarnya kuota ini tidak berbeda jauh dengan kuota reguler biasa. Hanya saja cara memakai kuota lokal Tri tidak seperti kuota reguler. Karena kuota lokal ini hanya bisa diakses sesuai wilayah atau lokasi pada saat aktivasi kartu perdana atau voucher isi ulang kuota Always On Tri.

Misalnya saja kamu membeli kartu perdana atau voucher Tri di Surabaya dan mendapatkan kuota lokal sebagai bonus, maka kuota tersebut hanya bisa digunakan di Surabaya saja. Jadi saat kamu bepergian ke luar Surabaya, otomatis kuota lokal Tri tidak bisa digunakan.

Selain itu, untuk bisa mengakses kuota lokal dari Tri ini kuota regulernya harus habis dulu. Baru kemudian untuk mengakses internet yang akan terpotong adalah kuota lokalnya. Kira-kira bisa tidak ya menggunakan kuota lokal ini di kota lain?

Cara Pakai Kuota Lokal Tri di Kota Lain

Cara Pakai Kuota Lokal Tri

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, secara umum kuota lokal Tri ini hanya bisa diakses di wilayah saat aktivasi kartu perdana. Sehingga tidak mungkin bisa digunakan di kota lain. Meski begitu, kamu masih bisa mengakalinya agar bisa tetap digunakan di kota lain.

Untuk bisa mengakses kuota lokal di kota lain, kamu memerlukan aplikasi tambahan yang disebut dengan Fake GPS Location. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Setelah aplikasi berhasil terpasang, kamu bisa langsung membukanya di perangkat.
  • Bagi yang ponselnya belum di root maka sebaiknya mengaktifkan aplikasi tiru lokasi atau Mock Location melalui menu Pengaturan di perangkat.
  • Di menu Pengaturan silakan pilih Open Setting.
  • Nantinya pengguna akan diarahkan menuju ke halaman developer option.
  • Pada halaman ini langsung saja pilih menu Select Mock Location App Fake GPS.
  • Jika sudah kamu bisa kembali ke aplikasi Fake GPS Location.
  • Ketik kota asal ketika melakukan aktivasi kartu perdana, misalnya saja Surabaya.
  • Agar perangkat ponsel aktif di lokasi Surabaya maka kamu tinggal tap pada tombol hijau di bagian bawah.
  • Selanjutnya biarkan aplikasi berjalan di latar belakang.
  • Jika sudah kamu bisa langsung mencoba untuk mengakses internet di perangkat ponsel.
  • Jika langkah yang kamu lakukan berhasil maka secara otomatis yang akan terpotong adalah kuota lokal Tri.

Jadi kesimpulanya, kuota lokal Tri adalah bonus kuota yang hanya bisa diakses di lokasi ketika pengguna membeli atau mengaktivasi kartu perdana atau voucher Tri. Untuk mengakses kuota lokal Tri di kota lain, kamu bisa mencoba cara pakai kuota lokal Tri yang telah dijelaskan sebelumnya.