Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Share It

Posted on

Cara mengembalikan file yang terhapus di Share It ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar file yang dikirim itu masih bisa didapatkan kembali tanpa ada kerusakan.

Tentang Share It dan Manfaatnya

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Share It
cnbcindonesia.com

Share It merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk melakukan proses pemindahan atau pengiriman data dengan mudah. Proses ini bisa dilakukan antara ponsel satu dengan yang lain atau dengan gadget yang lain.

Bisa kamu ingin melakukan proses pengiriman dari satu ponsel ke ponsel lainnya atau ke komputer. Dengan cara ini maka proses pengiriman bisa berjalan dengan lancar.

Aplikasi ini banyak digunakan karena memiliki beberapa kelebihan seperti bisa melakukan proses pengiriman dengan sangat cepat. Bahkan kecepatannya bisa 200 kali lebih unggul dibandingkan dengan menggunakan bluetooth standar.

Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan booster pada HP yang dipakai. Apabila ada banyak sekali file sampah bisa langsung dihapuskan dengan mudah. Prosesnya cukup dengan menekan satu tombol saja.

Lebih lanjut aplikasi ini bisa juga digunakan untuk melakukan proses penghematan baterai. Jadi ketika digunakan akan ada proses mematikan beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan sehingga baterai yang digunakan bisa lebih awet.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Share It

Ada beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Share It. Ikuti beberapa langkah di bawah ini agar file yang diinginkan bisa langsung didapatkan kembali.

1.     Cek di Aplikasi

Cek di Aplikasi
mifngeh.blogspot.com

Cara pertama yang dilakukan adalah melakukan proses pengecekan pada aplikasi. Untuk melakukan proses pengecekan bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Masuk ke Lokal – Lainnya.
  • Cek jenis file yang terhapus atau tidak terkirim.
  • Temukan file yang terhapus di sana.
  • Setelah itu bisa disalin atau dikembalikan.

2.     Dikembalikan dengan EaseUs

Dikembalikan dengan EaseUs
teraa.net

Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan berbagai jenis data yang tidak sengaja terhapus. Untuk melakukannya kamu hanya perlu melakukan proses pemasangan seperti biasa.

Setelah itu segera lakukan proses pencarian pada ponsel. Biasanya juga penghapusan baru saja dilakukan masih akan ada sisa-sisa file yang tersedia singa masih bisa dikembalikan dengan mudah.

Selain itu, kamu bisa dengan mudah mengembalikan file-file yang lain sesuai dengan kebutuhan. Artinya file yang tidak terhapus dari Share It sekalipun masih bisa dikembalikan dengan mudah.

3.     Dikembalikan dengan Recuva

Recuva
lifewire.com

Fungsi dari aplikasi ini secara umum hampir sama dengan apa yang sudah dibahas sebelumnya. Berbagai jenis file yang terhapus seperti dalam bentuk video, audio, ataupun gambar masih bisa dikembalikan dengan mudah.

Namun pastikan terlebih dahulu jika file tersebut baru dihapus. Apabila proses penghapusan dilakukan sudah lebih dari 30 hari kemungkinan besar sudah terhapus oleh sistem sehingga sulit untuk dikembalikan.

Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk memperhatikan aplikasi ini dengan baik. Dengan begitu proses pengembalian bisa berjalan dengan lebih mudah.

4.     Pakai DiskDigger

Apabila kedua aplikasi sebelumnya masih sulit untuk mengembalikan file, gunakan aplikasi ini sebagai alternatif. Kamu bisa melakukan proses pemasangan seperti biasa dengan download terlebih dahulu pada Play store.

Setelah itu lakukan proses pemasangan seperti biasa dan melakukan proses scanning. Setelah proses scanning ini dilakukan maka akan diketahui kira-kira file apa saja yang bisa dikembalikan.

Apabila kamu ingin menggunakan aplikasi ini pastikan terlebih dahulu untuk mengetahui nama dari file yang sudah terhapus. Dengan begitu bisa melakukan proses pengembalian dengan lebih mudah

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pakai Share It

Setelah tahu cara mengembalikan file yang terhapus di Share It, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan. Apalagi kamu akan sering menggunakan aplikasi ini untuk melakukan proses pengiriman data.

1.     Pastikan Pakai Versi Terbaru

Pastikan untuk menggunakan aplikasi versi yang paling baru apabila ingin melakukan proses pengiriman. Ini berlaku untuk pengirim file dan juga penerima yang harus sama-sama menggunakan versi yang paling anyar.

Apabila menggunakan versi yang paling baru Maka berbagai masalah yang terjadi pada aplikasi bisa diminimalkan. Itulah kenapa sangat dianjurkan untuk hanya menggunakan aplikasi yang paling sesuai dengan HP.

Apabila menggunakan versi yang lama kemungkinan besar akan terjadi masalah ketika terjadi melakukan proses pengiriman. Salah satu masalah yang terjadi adalah file jadi tidak bisa dikirim dengan baik.

2.     Hindari Mengirim Data Besar

Hindari Mengirim Data Besar
liputan6.com

Proses pengiriman ini akan memanfaatkan jaringan nirkabel sehingga dianjurkan untuk mengirim file dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Apabila mengirim file dalam ukuran besar kemungkinan besar akan terjadi masalah di tengahnya.

Apalagi jika koneksi yang digunakan tidak stabil dan ada gangguan. File yang ukurannya besar tidak akan bisa langsung dipakai sehingga harus mengulanginya hingga berkali-kali.

Apabila ingin mengirim file dalam ukuran yang cukup besar memang disarankan untuk menggunakan koneksi memakai kabel. Jangan begitu tidak akan ada gangguan pengiriman mulai dari awal hingga akhir.

3.     Jarak Pengiriman Pendek

Pastikan untuk selalu memilih proses pengiriman yang tidak terlalu panjang. Caranya harus maksimal 10 m atau akan lebih baik lagi jika saling berdekatan.

Apabila jaraknya cukup panjang kemungkinan besar akan sulit untuk melakukan proses pengiriman. Bahkan kemungkinan besar akan terjadi kegagalan setiap kali mengirim.

4.     Tidak Memutus Koneksi

Usahakan untuk tidak memutus koneksi ketika melakukan proses pengiriman. Apabila koneksi terputus maka semua file yang dikirim akan gagal sehingga akan terjadi kehilangan data dalam jumlah yang banyak.

Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan koneksi dan jangan mematikannya. Apalagi koneksi dengan menggunakan bluetooth ini memang sangat rawan terjadi kematian perangkat.

5.     Lakukan secara Bertahap

Lakukan proses pengiriman file secara sedikit demi sedikit atau bertahap. Jangan langsung mengirim dalam jumlah yang banyak dalam sekali waktu karena bisa menyebabkan file tidak bisa terkirim seluruhnya.

Apabila dilakukan secara langsung dengan mengirim banyak file sekali waktu. Kamu kenal pasar akan mengalami kerusakan sehingga tidak disarankan untuk terus dilakukan.

Jadi lebih baik untuk dibagi menjadi beberapa tahap sebelum dikirim. Setelah itu bisa langsung dimanfaatkan secara maksimal agar proses pengiriman berjalan tanpa hambatan.

Masalah Pengiriman Share It dan Solusinya

Proses pengiriman akan sering mengalami masalah jika memanfaatkan Share It dengan cara yang salah. Berikut beberapa permasalahan dan solusinya.

  • Gagal koneksi. Masalah ini bisa diatasi dengan cara menyambungkan kembali atau melakukan proses restart terlebih dahulu.
  • Gagal kirim. Lakukan proses pengecekan terlebih dahulu terhadap jarak dari 2 gadget serta besar kecilnya file yang dikirim.
  • File rusak. Pastikan koneksi stabil karena biasanya koneksi yang tidak stabil akan menyebabkan file yang dikirim menjadi rusak.
  • File hilang. Lakukan proses update terlebih dahulu sehingga file tersebut masih bisa dimunculkan di bagian Lainnya.

Cara mengembalikan file yang terhapus di Share It ternyata bisa dilakukan dengan hanya mengikuti langkah yang cukup mudah. Lakukan cara di atas dan juga terapkan beberapa tips agar file masih tetap aman dan tidak hilang secara permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published.