3 Cara Mengatasi Shadow Banned di Twitter dengan Mudah 2024!!


Bagaimana cara mengatasi shadow banned di Twitter menjadi apa bahasa yang sangat banyak dicari oleh netizen. Seperti yang diketahui, Twitter menjadi salah satu media sosial populer. Oleh karenanya semakin hari semakin banyak kebijakan yang diterapkan bagi para pengguna.

Apabila kebijakan yang dibuatnya dilanggar oleh pengguna umumnya akun akan terkena banned. Salah satu jenis yang paling banyak terjadi di Twitter yaitu shadow banned. Bagi yang merasa terkena shadow banned ini jangan panik, karena pada partikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Pengertian Shadow Banned di Twitter ?

Am I Shadowbanned on Twitter? Guide to Find It Out - Dopinger

Shadow banned di Twitter merupakan bentuk penalti yang terjadi pada akun Twitter. Penyebabnya, karena melakukan pelanggaran dan akan membuat akun itu tidak dapat muncul di pencarian maupun beranda.

Mungkin teman tetap dapat melihat semua profil di Twitter, hanya saja Twitter akan membuat profil kamus lebih sulit ditemukan. Semua hal tersebut dilakukan “diam-diam” sehingga pengguna tidak sadar jika telah dikenakan penalti.

Dari pihak Twitter sendiri sudah mengklaim bahwa tidak memakai fitur ini dan dijelaskan pada salah satu postingan mereka pada tahun 2018 lalu: https://blog.twitter.com/en_us/topics/company/2018/Setting-the-record-straight-on-shadow-banning 

Isi dari kebijakan tersebut kurang lebih menjelaskan bahwa Twitter tidak melakukan shadow banned. Pengguna tetap dapat melihat tweet dari akun yang diikuti, hanya saja mungkin perlu lebih banyak usaha dalam menemukannya. Misalnya, harus pergi langsung ke halaman profil.

Kamu dapat membaca lebih lanjut informasinya di halaman tersebut. Secara langsung memang Twitter tidak menerapkan secara langsung. Tapi secara tidak langsung, dilihat dari algoritmanya, Twitter bisa membuat akun tidak mudah ditemukan dan ini merupakan salah satu yang mirip seperti shadow banned.

Apa yang Menyebabkan Shadow Banned di Twitter ?

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi shadow banned di Twitter, penting juga untuk tahu apa saja hal yang menyebabkannya. Tujuan dibuatnya shadow banned ini adalah dalam menjaga kenyamanan antar pengguna komputer.

Caranya, dengan dengan membatasi jangkauan akun yang terbukti melanggar. Oleh karena itu, ada beberapa penyebabnya yang diakibatkan oleh beberapa hal yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna lain seperti:

  • Karena melakukan spamming tags ataupun mention.
  • Membuat cuitan yang melanggar kebijakan atau membuat pengguna lain merasa risih.
  • Melakukan postingan tweet secara terus-terusan.
  • Menyerang pengguna Twitter lain atau bullying.
  • Telah di report oleh banyak pengguna Twitter lainnya.

Alasan kenapa terkena Shadow banned tersebut tidak hanya berlaku di sosial media Twitter saja. Aplikasi lain misalnya Instagram juga menerapkan hal yang serupa. Penyebabnya sendiri juga sama, seperti yang telah disebutkan di atas.

Cara Mengecek Status Shadow Banned tanpa Menggunakan Aplikasi

Apa Itu Shadowban: Dampak Negatif dan Cara Mengatasinya - GFN Blog

 

Apabila kamu merasa pengunjung Twitter menurun, aktivitas media sosialnya di sepi bisa mulai curiga. Harus dipastikan apakah memang terkena shadow banned atau tidak, dengan cara mengeceknya.

Untuk memastikannya, bisa dengan mengunjungi website hisubway.online/shadowban.

Untuk langkah-langkah melakukannya bisa diikuti sebagai berikut:

  • Pertama, silahkan akses situs shadow banned.eu dan masukkan username Twitter kamu juga tekan tombol Check.
  • Masukkan username Twitter kamu ke dalam kolom yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pengecekkan selesai.
  • Setelah selesai, lihat hasilnya. Jika semua kolom berwarna hijau seperti gambar yang ditampilkan, itu berarti akun kamu tidak terkena shadow banned. 
  • Namun, jika ada kolom yang berwarna merah, itu berarti akun kamu terkena shadow banned.
  • Proses pengecekkan selesai.

Perlu diingat, bahwa hasil yang didapat dari website ini tidak selalu 100% akurat, karena twitter sendiri tidak mengungkapkan kriteria yang digunakan untuk menentukan shadow banned.

Namun, website ini dapat digunakan sebagai referensi awal untuk mengecek apakah akun kamu terkena banned atau tidak. Jika terbukti, maka selanjutnya bisa menerapkan cara mengatasi shadow banned di Twitter.

Aplikasi untuk Mengecek Shadow Banned Twitter

Selain menggunakan website, ada juga cara lainnya untuk mengecek apakah akun Twitter terkena shadow banned atau tidak. Nama aplikasi tersebut adalah shadow ban test for Twitter. Para pengguna, bisa mendapatkannya di Google play store.

Untuk penggunaannya sendiri bisa diikuti sebagai berikut:

  • Buka Google Playstore di perangkat kamu dan ketikan pada kolom pencarian shadowban test for Twitter.
  • Berikutnya, tekan tombol install dan tunggu beberapa saat hingga aplikasinya terpasang di handphone.
  • Karena ukurannya cukup ringan maka biasanya bisa dengan dalam waktu singkat.
  • Selanjutnya, buka aplikasi dan berikan perizinan.
  • Kemudian, pada kolom yang tersedia yaitu username, ketikan nama username akun kamu atau yang ingin dicek.
  • Berikutnya, tekan tombol cek.
  • Lalu, akan muncul analisa dari akun tersebut.
  • Ada beberapa alat keterangan yaitu nama akun exist yang berarti tidak terkena banned.
  • Berikutnya ada no search suggestion ban, yang berarti tidak ada pemblokiran dari hasil sugesti.
  • Ada juga no search banned yang berarti tidak ada pemblokiran dari hasil pencarian Twitter.
  • Ada pilihan no deboost reply detected, yang berarti tidak hanya pemblokiran untuk membalas cuitan.
  • Terakhir, ada no ghost ban yang berarti tidak ada pemblokiran atau ghost banned.

Dengan aplikasi di atas, tentunya akan sangat membantu pengecekan akun yang terkena shadow baned atau tidak? Jika memang terkena, bisa melakukan perbaikan atau settingan agar terbebas dari pemblokiran tersebut.

Parameter dalam Penggunaan Shadow Banned

How long does a Twitter ghost ban last? - Quora

Di website hisubway.online/shadowban ada sejumlah tools atau parameter yang bisa digunakan sebagai langkah memastikan apakah akun terkena shadow banned atau tidak. Berikut ini penjelasan parameternya:

  • Search Suggestion Ban, memastikan bahwa username kamu muncul dalam saran pencarian Twitter.
  • Search Ban, mengecek apakah tweet dan hashtag kamu dapat muncul ketika dicari melalui fitur pencarian Twitter atau tidak.
  • Ghost Ban, melihat apakah tweet kamu disembunyikan juga. Ini lebih menyeluruh, tidak hanya dalam kolom pencarian saja. 

Misalnya jika kamu membalas sebuah thread, thread tersebut akan terlihat normal di akun, tapi akan terlihat terputus di akun lain karena tweet kamu disembunyikan.

  • Reply Deboosting, agak rumit jika dijelaskan singkat, intinya disini jika kamu melakukan spam reply, reply kamu akan dipersulit untuk terlihat.
  • Jika semuanya hijau artinya akun kamu tidak bermasalah. Namun, jika ada yang merah, itu berarti ada penalti.

Cara Mengatasi Shadow Banned di Akun Twitter

Apabila ternyata setelah diperiksa, memang terkena shadow banned maka jangan terlalu khawatir. Alasannya, ini termasuk salah satu jenis banned yang cukup ringan saja. 

Walaupun demikian, akan lebih baik lagi jika mencoba melakukan beberapa cara mengatasi shadow banned di Twitter berikut:

1. Menghentikan Aktivitas Beberapa Waktu

Langkah pertama, pengguna harus menunggu selama beberapa waktu dahulu. Berdasarkan sejumlah referensi, berapa lama shadow banned ini bisa berlangsung dalam rentang waktu 48 jam hingga 72 jam saja. Setelah itu, maka akan teratasi dengan sendirinya.

Selanjutnya, disarankan selama masa peninjauan tersebut berhenti dahulu untuk membuat aktivitas di Twitter. Jika tetap membuat cuitan, nantinya mungkin kurang disukai oleh algoritma Twitter. Hal tersebut bisa berdampak banned akun bisa menjadi lebih lama.

2. Hapuslah Tweet yang Dianggap Melanggar

Selama waktu peninjauan akun ini, disarankan bagi pengguna untuk mencari serta menghapus cuitan yang melanggar tersebut. Misalnya, cuitan yang mengandung spamming atau melanggar kebijakan yang dibuat oleh Twitter.

Jika memang memiliki banyak cuitan, tidak harus semuanya dihapus. Periksa dalam beberapa hari terakhir, mana saja postingan yang perlu dihapus karena hal tersebut mungkin berhubungan erat dengan adanya shadow banned di akun ini.

3. Menyampaikan Keluhan Kepada Pihak Twitter

Jika shadow banned tetap tidak menghilang meskipun sudah 72 jam, sebaiknya pengguna juga menghubungi pihak Twitter. Tujuannya, supaya mereka bisa meninjau secara manual akun yang dianggap sudah diberikan shadow banned tersebut.

Berikut ini cara mengatasi shadow banned di Twitter:

  • Buka halaman bantuan Twitter di https://support.twitter.com/forms 
  • Pilih “Account” sebagai topik masalah
  • Pilih “Suspended account” sebagai sub-topik
  • Pada kolom “Username“, masukkan username akun yang diduga terkena shadow banned
  • Pada kolom “Additional Information“, berikan deskripsi yang jelas tentang masalah yang dialami. 

Jelaskan bahwa mencurigai akun terkena shadow banned dan berikan bukti yang dimiliki, seperti hasil dari website pengecek shadow banned atau perbedaan jumlah engagement yang dirasakan dari sebelumnya.

  • Di kolom “Email address“, masukkan alamat email yang digunakan saat mendaftar akun
  • Klik tombol “Submit” untuk mengirimkan keluhan.

Perlu diingat bahwa Twitter tidak selalu memberikan jawaban atau solusi atas keluhan shadow banned yang diterima. Namun, dengan menyampaikan keluhan, memberikan kesempatan kepada pihak Twitter untuk mengevaluasi masalah dan mengambil tindakan yang diperlukan.

Cara mengatasi shadow banned di Twitter yang telah disebutkan tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang mengalami hal ini. Diharapkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama akun sudah normal kembali dan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat!