Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot

Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot – Kuota internet jenis unlimited memang menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang setiap hari gak lepas dari internet. Hanya dengan sekali bayar, akan mendapatkan akses internet penuh selama satu bulan. Ada beberapa operator seluler yang menghadirkan paket jenis unlimited. Salah satunya adalah telkomsel yang pada februari 2021 lalu menghadirkan paket unlimitedMax. Namun banyak pelanggan yang merasa lemot menggunakan paket tersebut.

Namun perlu diketahui, paket unlimited telkomsel ini juga memiliki Fair Usage Policy alias FUP. Jadi ketika sudah melewati batas FUP yang ditentukan, maka kecepatan internet menurun menjadi 128 kbps. Jadi kalau kamu sudah menggunakan internet cukup lama dan melewati FUP maka tentunya kecepatan internet jadi lemot. Namun kalau hanya sekedar chat di WA, line atau messenger harusnya sih masih fine fine aja.

Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot
Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot

Namun jika belum melewati batas FUP tapi tetap lemot, maka ada penyebab lain yang harus segera diatasi. Mulai dari jaringan, error pada aplikasi tertentu hingga settingan APN yang tidak tepat.

Cara Mengaktifkan Paket Unlimited Telkomsel

Dikutip dari beberapa sumber, ada dua cara untuk mengaktifkan paket yang satu ini. Pertama, melalui program unlimited suprise deal. Jadi program ini diselenggarakan Telkomsel pada waktu waktu tertentu saja. Pada waktu tersebut, pelanggan bisa membeli paket unlimited mulai Rp 100 ribu dengan FUP 50 Gb.

Paket ini berlaku bagi pelanggan prabayar yakni SImpati, Kartu As dan Loop Serta pelanggan pascabayar yakni karto Halo. Adapun cara membelinya adalah melalui UMB *363*181# serta via aplikasi mytelkomsel.

Sedangkan cara yang kedua adalah mengganti sim card kamu dengan kartu perdana UnlimitedMax. Paket ini tersedia untuk pelanggan prabayar (simpati, kartu as dan loop). UnlimitedMax telkomsel dijual mulai Rp 25 ribu dengan pembagian kuota lokal 2.5 gb dan kuota nasional 0,5 gb. Kuota lokal merupakan kuota untuk WA, Line, GameMax dan MusicMax. Informasi selengkapnya kamu bisa cek di web resmi telkomsel.

Cara Mengatasi Kuota Unlimited Telkomsel Lemot

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan, jika paket unlimited telkomsel lemot:

  1. Pastikan Belum Lewat FUP
    Pastikan dulu, akses internet kamu belum lewat dari batas FUP yang ditentukan. Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi mytelkomsel.
  2. Refresh Jaringan
    Untuk merefresh jaringan ini caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu On/Off mode pesawat atau airplane mode.
  3. Pindah Lokasi
    Jika kamu berada di dalam ruangan, cobalah untuk keluar dan mencari tempat terbuka serta jaringan yang lebih kuat.
  4. Cek aplikasi
    Cobalah mengakses aplikasi lainya, barangkali yang lemot hanya pada aplikasi tertentu saja.
  5. Setting APN
    Untuk mempercepat koneksi internet kamu bisa setting ulang APN. Caranya bisa dilihat dibawah:

APN Telkomsel Unlimited Tercepat 2021

Acces Poin Name atau yang disingkat APN merupakan gerbang untuk mengakses internet. Oleh sebab itu, jika APN bermasalah maka imbasnya internet jadi lemot atau bahkan tidak bisa konek. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan telepon
  2. Pilih menu koneksi>jaringan internet>Acces Poin Names (APN)
  3. Ketuk tombol plus untuk menambahkan APN Unlimited Telkomsel terbaru
  4. Isilah data datanya sebagai berikut:
    • name: MEGA BOOSTER LTE
    • APN: KPN4G.nl
    • Proxy: kosongkan
    • Port: kosongkan
    • Username: kosongkan
    • Password: kosongkan
    • Server: 208.67.222.222
    • MMSC: http://mp.mobile.kpn/mmsc
    • MMS proxy: 64.235.204.107
    • MMS port: 8080
    • MCC: 510
    • MNC: 10
    • Authentication type: PAP or CHAP
    • APN Type: default,mms,supl
    • APN Protocol: IPv4
    • APN Roaming Protocol: IPv4
  5. Simpan dan gunakan.

Silahkan test settingan APN diatas. Jika masih kurang, kamu bisa mencoba APN Telkomsel 4G yang pernah kami berikan sebelumnya.

Akhir Kata

Demikian tadilah cara mengatasi kuota unlimited telkomsel yang lemot. Jika kamu memilih untuk mengganti APN pastikan tidak ada data yang keliru. Jika ada yang keliru maka bisa menyebabkan internet tidak terkoneksi. Sekian dulu ya, jika masih ada cara lainya silahkan tambahkan di kolom komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *