Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Dalam beberapa waktu terakhir ini banyak yang mengeluhkan Instagram tidak bisa memuat efek. Jadi ketika kita membuka kamera insta story lalu memilih efek yang ada di bagian bawah layar terdapat notif “tidak bisa memuat efek” di layar utama. Tentu saja hal itu membuat banyak orang bertanya tanya, mengingat pentingnya akan fitur tersebut saat ini. Jika kamu adalah salah satu yang mengalaminya, coba simak solusinya berikut ini.

Kita tahu instagram saat ini menjadi platform media sosial terpopuler khususnya di Indonesia. Wajar saja, aplikasi berbasis foto/ gambar ini memang memiliki beragam fitur menarik seperti Ig TV, insta story dengan berbagai macam filter/efek hingga online shop. Kegunaanyapun sudah memiliki multi fungsi tak hanya sekedar bersosial di jagad maya. Oleh karena itu setiap kali ada masalah, kerap menjadi perbincangan hangat para warganet.

cara mengatasi instagram tidak bisa memuat efek
cara mengatasi instagram tidak bisa memuat efek

Salah satu masalah yang baru baru ini banyak dialami adalah efek instagram yang tidak bisa digunakan. Beberapa pertanyaanpun sering admin dapatkan seperti bang kenapa filter instagram tidak mau muncul?,  bang kenapa efek ig berputar terus?, bang kenapa efek ig loading terus? dan lain sebagainya. Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan tersebut, simak penjelasanya erikut ini.

Instagram Tidak Bisa Memuat Efek? Lakukan hal berikut

Filter instagram seperti sudah menjadi “kebutuhan pokok” bagi para pengguna IG. Maklum saja ada banyak filter yang bisa digunakan dengan berbagai macam efek. Seperti efek menghilangkan jerawat, membuat wajah glowing, membuat muka jelek jadi cantik, memberikan efek aesthetic dan lain sebagainya. Oleh karena itu begitu fitur ini tidak bisa digunakan, langsung membuat heboh. Untuk itu lakukanlah beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya:

Update Di Play Store

cara tidak bisa memuat efek ig
cara tidak bisa memuat efek ig

Langkah pertama, silahkan cek update di play store. Instagram memang kerap kali memberikan update entah itu untuk perbaikan bug ataupun penambahan fitur. Jika igmu masih menggunakan versi lama biasanya membuat beberapa fitur tidak bisa dibuka. Untuk itu masuk playstore>my aplication> instagram. Cek apakah ada tersedia pilihan update atau tidak.

Logout

Cobalah untuk logout atau keluar dari akun instagram kamu. Kemudian coba masuk lagi dan cek apakah fitur efek sudah bisa digunakan.

Force Stop

Caranya masuk ke menu pengaturan>manajemen aplkasi> instagram> force stop. Lalu buka kembali aplikasinya.

Hapus Data

mengatasi efek ig loading terus
mengatasi efek ig loading terus

Langkah selanjutnya jika tak kunjung teratasi adalah menghapus data dan cache. Caranya masuk ke menu pengaturan>manage aplikasi> instagram. Lalu tap pada pilihan clear data lalu pilih hapus data dan hapus cache. Silahkan buka kembali akun kalian. Namun untuk menghapus data, pastikan kamu ingat username/ email dan passwordnya agar bisa login kembali.

Cek memori internal

cek memori internal
cek memori internal

Memori internal yang penuh kerap kali membuat kinerja ponsel jadi lemot. Salah satu hal yang bisa terjadi adalah tidak bisa memuat efek ketika membuka IG. Untuk itu pastikan masih ada sisa space memori yang cukup.

Terdapat Bug

Jika sudah melakukan hal hal diatas namun tak juga bisa memuat efek instagram maka kemungkinan terakhir adalah maintenance dari pihak IG ataupun terdapat bug. Jika ini terjadi maka yang perlu dilakukan hanyalah menunggu. Biasanya kalau terjadi bug, akan ada pembaruan berikutnya. Untuk itu silahkan selalu cek di playstore apakah terdapat pembaruan lagi atau tidak.

Itulah tadi beberapa solusi cara menatasi instagram tidak bisa memuat efek. Semoga ulasan diatas menjawab pertanyaanmu dan menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang sedang kamu alami. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *