3 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Suara Putus-Putus 2022

Posted on

Bagi kamu yang menggunakan headset bluetooth di Windows 10 atau Android mungkin pernah mengalami suara yang putus-putus, kan? Nah, simak ulasan berikut ini yuk untuk mengetahui gimana cara mengatasi headset bluetooth suara putus-putus perangkat Android dan Windows 10.

Apa itu Headset Bluetooth?

cara mengatasi headset bluetooth suara putus-putus

Anak muda kekinian pastinya sudah nggak asing lagi dengan headset Bluetooth, kan? Headset Bluetooth merupakan headset inovasi terbaru dengan menyematkan teknologi Bluetooth agar bisa melakukan pairing dengan source device melalui frekuensi radio.

Bluetooth yang disematkan pada headset ini beroperasi pada pita frekuensi 2,4 GHz dan bisa digunakan pada Xbox, A PC, Playstation, dan perangkat lainnya. Buat kamu yang suka main games atau dengerin musik, headset Bluetooth emang lebih nyaman digunakan.

Selain itu, headset Bluetooth juga lebih rapi, mudah disimpan karena tidak ada kabel, dan bisa transfer data. Namun sayangnya, headset bluetooth ini sering mengalami lag atau delay yang membuat suaranya menjadi putus-putus.

Ada beberapa hal yang menyebabkan headset Bluetooth terhubung tapi tidak ada suara, delay, atau putus-putus antara lain perangkat yang terhubung berada di jarak yang terlalu jauh, belum support dengan profile A2DP dan aptX, atau kapasitas RAM Android yang terbatas.  

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Suara Putus-Putus

Bagi kamu yang menggunakan headset Bluetooth dan suaranya delay atau lag, kamu bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut ini cara mengatasi headset Bluetooth suara putus-putus paling mudah:

  • Pastikan tidak ada driver lain yang sedang aktif ketika kamu main game menggunakan headset Bluetooth karena bisa menyebabkan corrupt atau crash yang mempengaruhi suara yang masuk ke headset.
  • Usahakan untuk tidak membebani RAM seperti mengunduh software (perangkat lunak) yang bisa memperberat kinerja RAM perangkat Androidmu.
  • Mainkan game yang sesuai dengan kapasitas memori perangkat Android karena game berat berspesifikasi tinggi bisa membuat perangkat ponselmu menjadi berat dan mengakibatkan suara headset Bluetooth menjadi putus-putus atau delay.
  • Pastikan untuk melakukan update versi terbaru dari aplikasi game yang kamu mainkan.
  • Pastikan kondisi baterai headset Bluetooth yang kamu gunakan sudah full saat dipakai.
  • Gunakan koneksi kabel AUX agar suaranya lebih jernih dan tidak putus-putus.

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi headset bluetooth delay atau lag pada perangkat Android. Berikut ini cara mengatasi headset Bluetooth suara putus-putus di Android dengan cara berikut ini:

  • Pertama aktifkan developer mode atau mode pengembang yang ada di perangkat Androidmu dengan cara klik menu Pengaturan, kemudian pilih opsi Tentang Telepon.
  • Setelah itu, kamu bisa klik opsi Software Info, lalu klik atau tap pada opsi Build Number dan ketuk sebanyak 7 kali secara berturut-turut.
  • Selanjutnya, kamu bisa kembali ke menu opsi pengembang.
  • Jika sudah berhasil masuk ke developer mode, kamu bisa pilih opsi menu Pengaturan Bluetooth.
  • Pilih Default Codec pada Codec Audio Bluetooth, kemudian pilih dioptimalkan untuk kualitas sambungan pada opsi menu Codec LDAC audio Bluetooth sebagai preferensi untuk memprioritaskan kecepatan transfer.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Suara Putus-Putus di Windows 10

Headset Bluetooth Suara Putus-Putus

Selain HP Android, masalah headset Bluetooth suara putus-putus juga bisa terjadi di Windows 10. Ketika kamu menyambungkan headset ke Windows 10 untuk pertama kali, maka sistem Windows akan otomatis menggunakan profile HSP meskipun kamu nggak pakai mic untuk input suara.

Sistem Windows akan menganggap kedua perangkat di headset Bluetooth yaitu mic dan speaker dalam kondisi aktif sehingga suara yang dihasilkan sangat jelek atau putus-putus. Berikut ini cara mengatasi headset Bluetooth suara putus-putus di Windows 10:

  • Pertama, kamu bisa masuk ke opsi menu Control Panel, kemudian masuk ke opsi menu Devices & Printers.
  • Selanjutnya, kamu bisa menemukan ikon headset Bluetooth dan klik kanan pada ikon tersebut.
  • Pilih opsi menu Properties dan masuk ke bagian tab Services.
  • Hapus tanda centang yang terdapat pada Hands-free Telephony dan Remotely Controllable Device, kemudian tinggal kamu klik OK.
  • Setelah itu, kamu bisa menunggu sebentar hingga Windows mengubah profile audio untuk headset Bluetooth menjadi A2DP secara otomatis.
  • Silakan untuk kamu coba memutar musik atau bermain game dan suara headset Bluetooth yang kamu gunakan pastinya menjadi lebih bagus dan nggak putus-putus.

Cara Mengatasi Suara Statis yang Mengganggu di Headset Bluetooth

Selain suara yang putus-putus, headset Bluetooth juga sering mengalami suara statis yang mengganggu saat digunakan mendengarkan musik atau melakukan panggilan telepon. Nah, berikut ini cara untuk mengatasi suara statis yang mengganggu pada headset Bluetooth:

  • Matikan perangkat Bluetooth lain yang tidak kamu gunakan.
  • Apabila suara statis tidak hilang, kamu bisa melakukan pengaturan ulang headset.
  • Setelah itu, kamu bisa menyalakan pemutar media atau musik, lalu lepaskan headset bluetooth selama kurang lebih 30 detik dan pasangkan kembali.
  • Kurangi jarak alias dekatkan perangkat ponsel dengan headset Bluetooth untuk mengurangi suara statis yang mengganggu.

Dari ulasan di atas, kamu jadi tahu cara mengatasi headset Bluetooth suara putus-putus, kan? Dengan mengetahui cara setting suara headset Bluetooth yang benar, suara yang dihasilkan tentunya menjadi lebih jelas, tidak putus-putus, dan tidak ada suara statis yang mengganggu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.