5+ Cara Mengalihkan Panggilan WhatsApp ke Nomor Lain

Posted on

Bagi kamu yang merasa terganggu dengan adanya panggilan WhatsApp dari orang tidak dikenal, maka kamu perlu tahu cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain. Caranya sendiri ada beberapa yang bisa digunakan, untuk lengkapnya silahkan simak pembahasanya berikut ini.

Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum masuk cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain atau membuat nomor menjadi sibuk ketika ditelpon dan lain sebagainya maka kamu wajib memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Ketika kamu mengalihkan panggilan masuk, maka tidak bisa menerima panggilan dari keluarga atau sahabat dekat kamu.
  • Maka dari itu masukkan nomor HP p-store yang bisa menghubungi atau menelpon kamu. Misalnya istri, pacar, orang tua, anak, atau sahabat dekat kamu di opsi pengecualian atau Exceptions.
  • Selain itu orang yang menelepon kamu ketika panggilan dialihkan maka orang yang menelpon harus rela mengorbankan waktu, itu tentunya ini sedikit merepotkan bagi orang yang menelpon kamu.

Cara Mengalihkan Panggilan WhatsApp ke Nomor Lain

Cara Mengalihkan Panggilan WhatsApp ke Nomor Lain

Untuk mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain di Android atau iPhone, ada beberapa cara yang bisa kamu coba gunakan, seperti dibawah ini:

1. Lewat Menu Panggilan

Jika kamu memakai smartphone Android, maka bisa mengakses menu panggilan. Setelah itu pilih pengaturan dan pilih call forwarding. Kemudian kamu bisa mengaktifkan “always” kalau mau selalu mengalihkannya.

Selanjutnya masukkan nomor HP baru yang dipakai untuk menerima pengalihan telepon yang berasal dari nomor yang kamu pakai saat ini.

2. Paksa Berhenti WhatsApp

Paksa Berhenti WhatsApp 

Cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain berikutnya adalah dengan memaksa berhenti aplikasi WhatsApp. Seperti yang kamu tahu sendiri WhatsApp merupakan 1 jenis aplikasi yang bisa berjalan di latar belakang.

Dengan kata lain, meskipun sudah ditutup namun WhatsApp tidak akan benar-benar berhenti. Sehingga membuat WhatsApp tetap bisa menerima pesan atau panggilan masuk walaupun aplikasinya sedang tidak kita buka.

Berikut langkah-langkah force stop WhatsApp:

  1. Pertama buka terlebih dahulu menu pengaturan. 
  2. Kemudian kamu masuk ke menu aplikasi. 
  3. Setelah itu cari aplikasi WhatsApp. 
  4. Selanjutnya tekan tombol paksa berhenti. Selesai.

Dengan demikian aplikasi WhatsApp akan menjadi tidak aktif hingga aplikasinya dibuka kembali. Setelah kamu membuka aplikasinya lagi maka WhatsApp akan aktif lagi seperti biasanya.

Namun yang perlu kamu ketahui yaitu selain panggilan yang tidak dapat masuk, seluruh chat yang biasanya muncul di pemberitahuan akan hilang. Dengan alasan yaitu tadi force stop, dimana aplikasi WhatsApp tidak lagi berjalan di latar belakang.

3. Blokir Kontak Sementara

Blokir Kontak Sementara

Cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain yaitu dengan memblokir kontak sementara. Kamu bisa memblokir kontak yang sering menelpon untuk sementara waktu saja, disaat kamu memang benar-benar tidak membutuhkannya.

Dengan kamu mau blokir kontak sementara, maka foto profil, status, pesan, dan panggilan tidak akan sampai ke akun Whatsapp kamu. Untuk memblokir kontaknya, bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

Langkah pertama buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp.

  1. Pilih kontak yang ingin diblokir.
  2. Pilih menu kanan atas di jendela chat.
  3. Kemudian pilih lainnya. 
  4. Setelah itu pilih opsi blokir. 

4. Nonaktifkan Nada Dering

Nonaktifkan Nada Dering

Cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain berikutnya adalah dengan menonaktifkan suara nada dering. Metode ini sangat cocok dipakai untuk keadaan tertentu, contohnya ketika sedang rapat.

Sebenarnya untuk cara ini seluruh panggilan akan tetap masuk ke nomor whatsApp kamu. Tapi tidak ada salahnya jika menu suara nada dering yang masuk. Untuk caranya sendiri ada dua metode yang bisa kamu gunakan, seperti:

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp di HP kamu.
  2. Kemudian pilih menu lalu pilih setelan.
  3. Setelah itu tekan menu notifikasi.
  4. Selanjutnya geser ke arah bawah, nantinya kamu akan menjumpai kolom panggilan.
  5. Pada pilihan nada dering silahkan kamu atur ke opsi silent. 
  6. Sedangkan untuk metode kedua, cocok digunakan apabila WhatsApp masih menampilkan bunyi, silahkan kamu coba atur juga settingan HP ke mode silent. Sebagai berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama buka menu HP terlebih dahulu di bagian atas.
  • Kemudian pilih opsi jangan ganggu. 

Jika sudah, seharusnya seluruh panggilan apapun Baik panggilan video maupun suara bahkan siapapun yang menelpon maka suaranya tidak akan terdengar lagi.

5. Matikan Notifikasi WhatsApp

Pada pengaturan WhatsApp, pengaturan ini memang tidak tersedia. Maka dari itu kamu harus mengaturnya secara langsung lewat pengaturan di HP Android.

Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama buka terlebih dahulu menu pengaturan di HP Android kamu.
  2. Kemudian masuk ke menu aplikasi.
  3. Setelah itu masuk lagi ke WhatsApp.
  4. Selanjutnya pilih menu notifikasi. 
  5. Silahkan kamu nonaktifkan isi notifikasi. 
  6. Belum selesai sampai di sini, kamu juga perlu menonaktifkan izin penggunaan telepon.
  7. Pada jendela yang sama atau menu WhatsApp, silahkan kamu pilih izin akses. 
  8. Kemudian kamu nonaktifkan telepon. 

Namun dengan catatan, untuk beberapa versi WA dan tipe HP Android. Metode ini tidak cocok untuk digunakan. Jadi ada baiknya kamu mencoba terlebih dahulu siapa tahu berhasil dengan metode ini. Apabila tidak maka kamu bisa menggunakan metode yang lain.

Cara Mengalihkan Panggilan Telepon

Cara Mengalihkan Panggilan Telepon

Berikut dibawah ini ada beberapa cara mengalihkan panggilan telepon, seperti:

1. Dengan Kode Dial

Cara mengalihkan panggilan telepon ke nomor lain dengan kode bisa kamu coba. Biasanya fitur ini dipakai ketika kamu sedang aktif atau istirahat sehingga akan mengalihkan panggilan ke nomor lain. Sebagai berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama masuk ke menu dial atau telepon terlebih dahulu.
  2. Setelah itu tekan kode **61*nomor pengalihan#.
  3. Kemudian tekan tombol panggil atau call.
  4. Nantinya secara otomatis fitur pengalihan telepon sudah aktif. Selesai.

Saat ini ketika ada orang lain menelpon namun kamu tidak mengangkat maka secara otomatis panggilan tersebut akan diarahkan ke nomor panggilan yang sudah kamu buat.

2. Pengalihan Ketika Berada di Panggilan Lain

Bagi kamu yang sering menerima panggilan telepon dari admin perusahaan atau kau yang lain maka bisa mencoba mengalihkan panggilan ketika kamu berada di panggilan lainnya. Adapun cara untuk mengaktifkan fitur ini, bisa mengikuti panduannya di bawah ini:

  1. Langkah pertama masuk terlebih dahulu ke menu dial atau telepon. 
  2. Setelah itu tekan kode dial **67*nomor pengalihan#. Contohnya **67*085234678765#.
  3. Kemudian tekan tombol Panggil. 
  4. Lalu tunggu beberapa saat sampai fitur tersebut aktif. Selesai.

Dengan mengaktifkan fitur panggilan telepon maka seseorang yang menelpon kamu akan dialihkan ke nomor pengalihan ika kamu sedang berada di panggilan lainnya. Kode dial untuk menonaktifkan: ##67#.

3. Dengan Aplikasi

Call Forwarding
Call Forwarding
Developer: Android Buddy
Price: Free
  • Call Forwarding Screenshot
  • Call Forwarding Screenshot

Ada aplikasi yang bisa kamu coba gunakan untuk mengalihkan. Biasanya aplikasi seperti ini bisa kamu peroleh di layanan Google Play Store. Adapun untuk cara pemakaiannya sangat mudah, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  1. Pertama masuk ke layanan Google Play Store.
  2. Setelah itu cari dan instal aplikasi call forwarding.
  3. Jika sudah buka aplikasi tersebut.
  4. Kemudian pilih jenis pengalihan panggilan. Baik itu di jam tertentu, saat sibuk, alihkan seluruh panggilan dan lain sebagainya.
  5. Selanjutnya masukkan nomor HP pengalihan yang kamu inginkan.
  6. Jika sudah tekan tombol ok untuk konfirmasi terkait pengalihan panggilan telepon. Selesai.

Cara mengalihkan panggilan WhatsApp ke nomor lain sangat mudah dilakukan. Bahkan ada beberapa metode yang kami sarankan diatas. Silahkan kamu pilih sendiri, metode mana yang cocok untuk diterapkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.