5 Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi – No Root!!


Membobol WiFi bisa menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin mendapat akses internet gratis. Sayangnya, tidak semua orang tahu dengan cara pembobolan yang benar sehingga masih ragu. Bagi yang belum tahu, cek cara membobol WiFi tanpa aplikasi berikut.

Ya, membobol WiFi dapat dilakukan dengan beberapa metode. Bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi sehingga tinggal disesuaikan dengan keinginan pengguna saja. Untuk yang tertarik ingin bobol WiFi tanpa aplikasi, kamu bisa cek beberapa metodenya berikut.

Cara Membobol WiFi Tanpa Aplikasi Paling Mudah dan 100% Berhasil Tanpa Gagal 

Sesuai namanya, membobol WiFi tanpa aplikasi bisa dilakukan tanpa harus download software tambahan terlebih dahulu. Jadi, bisa dibilang lebih praktis dari cara normal pakai aplikasi tambahan.

Belum lagi, metode ini juga tidak memakan banyak penyimpanan internal sehingga cocok untuk perangkat berspesifikasi rendah. Ini cara yang bisa digunakan:

  • Di Perangkat Smartphone

Cara pertama yang dapat digunakan untuk membobol Wifi paling mudah adalah dengan mengakses pengaturan IP Address yang ada di perangkat Android. Tidak sulit untuk melakukannya. Bagi yang belum tahu, cek tutorial berikut :

  1. Pertama-tama, sambungkan perangkat ke jaringan Wifi.id dengan keterangan Speedy [email protected], atau lainnya.
  2. Berikutnya, pilih jaringan Wifi tadi.
  3. Ketuk opsi Modify Network Configuration.
  4. Setelah itu, ubahlah IP Address menjadi 192.168.1.2.
  5. Selanjutnya Save perubahan tersebut.
  6. Buka browser yang sering kamu gunakan di perangkat.
  7. Tambahkan IP 192.168.1.254 untuk membuka pengaturan modem Wifi.
  8. Di menu login, tambahkan username dan password dengan nama ADMIN atau USER.
  9. Berikutnya, pilih opsi Pengaturan/Setting
  10. Ketuk opsi Wifi.
  11. Cari menu SSID Name dan SSID Passphrase agar tahu informasi mengenai username dan password WiFi yang telah terhubung.
  12. Selanjutnya, kamu tinggal menghubungkan perangkat yang diinginkan dengan informasi password Wifi tersebut.
  13. Selesai, kamu telah membobol WiFi tanpa aplikasi dengan mudah.
  • Di Perangkat PC atau Laptop

Cara membobol WiFi tanpa aplikasi selanjutnya dapat dilakukan lewat PC atau Laptop. Caranya tidak rumit karena bisa memanfaatkan fitur CMD atau Command Prompt yang telah terpasang di sistem operasi Windows.

Untuk membobol WiFi dengan CMD tidak sulit bahkan dapat dilakukan oleh siapapun. Ikuti langkah berikut bagi yang masih bingung:

  1. Pertama-tama,  tekan kombinasi tombol Windows + R bersamaan agar membuka jendela Run Administrator di PC atau laptop.
  2. Ketikkan cmd dan tekan Enter untuk masuk ke aplikasi Command Prompt.
  3. Tambahkan perintah netsh wlan show profile (Nama Wifi) key=clear.
  4. Setelah itu, kamu tinggal klik Enter.
  5. Berikutnya, kamu tinggal mengecek di bagian Key Content untuk mengetahui password jaringan Wifi yang ingin dibobol tadi.
  6. Selesai, kamu bisa menghubungkan perangkat yang diinginkan dengan WiFi yang telah dibobol.
  • Dengan Menu Network and Internet

Cara membobol WiFi tanpa aplikasi di laptop

Selain menggunakan cara di atas, cara membobol WiFi tanpa aplikasi termudah selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan opsi menu Network and Internet. Menu ini ada di bagian opsi Control Panel pada perangkat PC yang kamu gunakan.

Cara ini juga tak kalah mudah karena pengguna tinggal menghubungkan perangkat dengan jaringan WiFi yang ingin dibobol saja. Langsung saja, simak tutorial lengkapnya berikut:

  1. Buka opsi menu Control Panel yang ada di perangkat PC.
  2. Berikutnya, temukan opsi Network and Internet.
  3. Setelah itu, kamu tinggal masuk ke menu Network and Sharing Center.
  4. Di jendela baru yang muncul, tekan pilihan Manage Wireless Networks.
  5. Setelah itu, kamu tinggal memilih jaringan Wifi yang ingin dibobol.
  6. Masuk ke pilihan menu Wireless Properties.
  7. Setelah itu pilih Security.
  8. Informasi password Wifi yang ingin dibobol ada di bagian Network Security Key.
  9. Untuk melihat password WiFi ini, kamu bisa mencentang bagian Show Characters.
  10. Selesai.
  • Membobol Wifi Indihome Tanpa Menggunakan Aplikasi

Indihome menjadi salah satu layanan internet yang paling tenar milik PT. Telkom Indonesia. WiFi ini sering ditemukan di berbagai tempat umum sehingga banyak yang ingin membobolnya untuk koneksi internet gratis. 

Bagi yang ingin mengakses Wifi Indihome dengan cara dibobol, gunakan tutorial berikut supaya tidak bingung : 

  1. Pertama-tama, pastikan perangkat yang kamu gunakan telah berada di jangkauan Wifi yang ingin dibobol (jika belum, silahkan mendekat ke lokasi wifi.id yang ingin dibobol tadi).
  2. Berikutnya, hubungkan perangkat smartphone yang kamu gunakan dengan jaringan Indihome atau wifi.id yang diinginkan.
  3. Setelah terhubung, ubahlah informasi IP Address.
  4. Masuk ke menu Setting
  5. selanjutnya, pilih Wifi
  6. Pilih jaringan Wifi yang telah terhubung dengan perangkat ponsel tadi
  7. Ketuk opsi menu Properties
  8. Jangan lupa untuk mengisi informasi IP Address Statis sesuai perangkat yang kamu gunakan.
  9. Pilih OK.
  10. Berikutnya, informasi mengenai username dan password dapat diakses secara default dengan memakai Username: admin dan Password: admin.
  11. Selesai, kamu telah berhasil membobol WiFi tanpa aplikasi dengan mudah dan praktis.
  • Menggunakan HP Xiaomi Tanpa Perlu Root

Menggunakan HP Xiaomi Tanpa Perlu Root

Cara membobol Wifi tanpa aplikasi selanjutnya ini dapat diterapkan untuk pengguna HP Xiaomi dan semua versi MIUI. Menariknya, perangkat Xiaomi yang digunakan untuk membobol WiFi tidak perlu diroot sehingga lebih aman. 

Masih bingung dengan caranya? Tenang saja, kamu tinggal mengikuti tutorial berikut dengan baik :

  1. Pertama-tama, pilih SSID Wifi yang ingin dibobol passwordnya.
  2. Masuk ke opsi Setting atau Pengaturan Jaringan Wifi yang ingin dibobol.
  3. Setelah itu, tekan pilihan Setelan IP dan ubah menjadi IP Address Statis.
  4. Langkah berikutnya, kamu tinggal menambahkan alamat IP HP Xiaomi, DNS dan juga IP Router. (Pastikan tidak ada kesalahan saat memasukkan informasi ini).
  5. Khusus untuk opsi DNS, kamu bisa memilih Default jika belum paham.
  6. Setelah seluruh informasi dimasukkan dengan baik, kamu bisa menekan opsi Save.
  7. Silahkan tunggu hingga proses scanning berakhir.
  8. Selesai, otomatis perangkat yang kamu gunakan akan terhubung dengan jaringan Wifi tanpa tahu informasi passwordnya.

Beberapa cara membobol WiFi yang sudah disediakan di atas dapat diterapkan sesuai kebutuhan. Jangan lupa, gunakan dengan bijak dan jangan sampai berlebihan.

Kenapa Gagal Saat Membobol WiFi 

Kamu sudah tahu cara membobol WiFi tanpa aplikasi sehingga lebih praktis dan tidak ribet. Hanya saja, cara yang kami sediakan di atas tidak seluruhnya bisa digunakan di perangkat.

Tentunya, ada beberapa hal yang membuat proses pembobolan WiFi menjadi tidak berhasil atau gagal. Diantaranya sebagai berikut:

1. Koneksi Internet Yang Digunakan Tidak Stabil

Metode membobol Wifi tanpa aplikasi di atas ada yang memerlukan koneksi internet. Artinya, kamu yang ingin membobol WiFi harus menyiapkan koneksi yang stabil supaya prosesnya berhasil dan tidak gagal. 

Oleh karena itu, pastikan koneksi internet yang kamu gunakan stabil dan tidak lemot. Kamu bisa memakai paket data agar koneksi internet yang terhubung lancar.

2. Beberapa Smartphone Harus Diroot Terlebih dahulu 

Cara membobol WiFi yang kamu sediakan di atas cukup aman karena pengguna tidak perlu meroot ponsel terlebih dahulu. Hanya saja, tidak semua jenis Wifi dapat diakses atau diretas tanpa perlu root. 

Artinya, pengguna HP harus meroot HP terlebih dahulu agar proses pembobolan bisa berjalan lancar. Jadi, jika proses bobol WiFi gagal, cek apakah koneksi WiFi yang ingin dibobol perlu perangkat yang diroot atau tidak.

3. Sistem Keamanan Yang Telah Diupgrade

Cara membobol Wifi tanpa aplikasi bisa gagal karena masalah keamanan. Jadi, sistem keamanan jaringan WiFi yang ada lebih bagus dari sebelumnya. Inilah yang membuat pembobolan WiFi menjadi tidak berhasil.

Solusi Jika Tidak Berhasil Saat Membobol Wifi

Cara membobol Wifi tanpa aplikasi

Masih ingin membobol WiFi? Solusinya, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi tambahan yang tersedia di Play Store. Ya, dengan menggunakan aplikasi ini, pembobolan WiFi menjadi lebih praktis dan tentunya 100% berhasil.

Untungnya, di internet ada banyak aplikasi tambahan untuk membobol WiFi yang dapat digunakan. Kamu tinggal menggunakan aplikasi yang paling sesuai dengan perangkat saja. 

Beberapa aplikasi menyediakan akses yang mudah dan tidak ribet sehingga cocok untuk pengguna pemula. Aplikasi juga ada yang gratis dan berbayar sehingga tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Proses penggunaan aplikasi untuk membobol WiFi tinggal disesuaikan saja. Biasanya setiap aplikasi sudah menyediakan panduan atau tutorial yang membantu pengguna untuk memakai aplikasi.

Resiko Saat Membobol Wifi 

Jangan hanya tahu cara membobol WiFi tanpa aplikasi saja. Setiap pengguna juga harus tahu resiko ketika membobol WiFi tanpa izin. Berikut beberapa resiko yang harus kamu tahu :

1. Resiko Pidana

Resiko ini telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 mengenai Telekomunikasi. Aturan pencurian Wifi ada di pasal 22 UU Nomor 36 Tahun 1999.

2. Resiko Malware

Resiko ini kerap terjadi karena WiFi yang dibobol merupakan Wifi publik yang tentunya banyak diakses oleh berbagai pengguna umum. Wajar jika banyak pihak tak bertanggung jawab yang menyisipkan hal buruk. 

Bahkan banyak pihak yang tidak merekomendasikan menggunakan WiFi umum untuk mengakses informasi pribadi. Pasalnya, kemungkinan data personal tersebar sangatlah tinggi.  Tertarik untuk membobol WiFi tanpa aplikasi? Bagi yang tertarik, gunakan cara membobol WiFi tanpa aplikasi di atas dengan baik. Ingat, gunakan metode ini dengan bijak dan jangan sampai berlebihan agar kamu tidak mendapat masalah.