Cara Membersihkan Cache di iPhone Dengan atau Tanpa Aplikasi

Posted on

Setiap smartphone tentunya memiliki cache dan iPhone tidak terkecuali. Namun perlu diketahui bahwa cara membersihkan cache di iPhone berbeda dengan ponsel Android. Hal ini dikarenakan kedua smartphone tersebut menggunakan sistem operasi yang berbeda. Pastinya masih ada banyak pengguna iPhone yang belum mengetahui cara melakukannya.

Cache juga disebut file sampah. Fungsi cache adalah untuk menyimpan sementara data tentang aplikasi yang diinstal pada iPhone. Cache juga ada di browser Safari, yang sebenarnya adalah browser untuk pengguna iPhone. Cache ini memang akan terus muncul karena kita terus menggunakan iPhone sehingga menghapus cache dapat meningkatkan kinerja iPhone lebih cepat.

Semakin banyak aplikasi yang Anda instal di iPhone, semakin banyak cache yang perlu Anda bersihkan. Nantinya, cache dapat mengurangi ruang memori iPhone Anda dan memperlambat kinerja ponsel cerdas Anda membuat ponsel Anda akan lebih berat dari biasanya.

Karena faktor ini, Anda perlu menghapus cache pada iPhone Anda untuk menjaga kinerja tetap cepat dan stabil. Pengguna iPhone dengan penyimpanan 128 GB, 256 GB, atau 512 GB mungkin tidak perlu khawatir tentang cache.

Meski memori internal masih tersisa banyak, performa smartphone ini tetap tinggi. Cerita lain bagi mereka yang memiliki iPhone 16GB, 32GB atau 64GB, Anda pasti akan melihat perbedaan besar setelah membersihkan cache.

Mengapa Harus Membersihkan Cache?

Pasti masih ada banyak pengguna smartphone yang malas untuk menghapus cache karena merasa itu tidak terlalu penting atau bahkan jarang menghapus cache. Sebenarnya, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan jika Anda rutin menghapus cache bukan hanya di smartphone Anda namun juga perangkat elektronik lainnya seperti komputer atau laptop.

  1. Meningkatkan kinerja

Karena mengisi data di memori, cache seringkali memperlambat kinerja ponsel Anda. Menghapusnya mengurangi beban pada ROM dan RAM, yang secara langsung dapat mempercepat ponsel Anda. Ini tidak akan melipatgandakan kecepatannya, tetapi setidaknya Anda dapat merasakan betapa lancarnya ponsel Anda berjalan dibandingkan ketika Anda belum menghapus cache.

  1. Mengurangi ruang data penyimpanan

Mengapa ROM penuh ketika tidak ada program lain yang diinstal? Bisa jadi karena cache. Ingat bahwa cache adalah data browser. Tentu kehadirannya memakan ruang, dan ruang yang terpengaruh adalah ruang penyimpanan data. Menghapus cache dapat mengurangi total ruang penyimpanan Anda.

  1. Menjauhkanmu dari bug

Pernahkah Anda melihat browser Anda berperilaku aneh? Misalnya, ketika Anda mengunjungi suatu situs, Anda tidak dapat menemukan gambar sama sekali. Bahkan jika Anda pergi ke situs yang sama melalui browser yang berbeda, gambar tetap ada. Ini menunjukkan bug di browser dan biasanya disebabkan oleh penumpukan cache dan kelebihan beban.

  1. Membuatmu bisa up-to-date

Situs yang diaktifkan harus memberikan pembaruan terkini. Cache yang belum dibersihkan akan membawa Anda ke halaman sebelumnya dari situs yang telah Anda kunjungi, yang dapat membuat situs tersebut tampak belum diperbaru. Ini sering membuat Anda juga tidak bisa masuk ke situs tersebut atau tidak dapat diakses. Membersihkan cache akan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah ini.siogic.com

  1. Menjaga keamanan privasi data

Cache adalah data historis halaman yang dikunjungi di Internet. Semua yang Anda kunjungi dan lakukan saat membuka browser disimpan dalam cache. Bayangkan tidak membersihkan cache di komputer umum. Pengguna yang memahami kemampuan caching dapat melihat dan mencuri data Anda termasuk data-data password Anda.

  1. Menghindari penjebolan akun

Saat Anda membuat akun dan kata sandi, itu juga meninggalkan cache. Ini bisa menjadi masalah karena itu berarti kata sandi dan akun Anda dapat dilihat oleh orang lain. Anda dapat menyingkirkan masalah ini dengan membersihkan cache.

Cara Menghapus Cache yang Ada di Ponsel iPhone

Jika Anda sudah memahami pentingnya rutin menghapus cache di ponsel Anda, sekarang saatnya membahas bagaimana cara membersihkan cache di iPhone Anda tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

  1. Membersihkan data aplikasi

Cara ini juga biasa digunakan oleh pengguna Android. Menghapus data dari aplikasi mirip dengan menghapus data terlebih dahulu lalu menginstal ulang aplikasi. Apa saja langkah-langkahnya?

  • Buka menu Pengaturan dan pilih Opsi General.
  • Kemudian pilih menu iPhone Storage dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang menunjukkan jumlah data untuk setiap aplikasi.
  • Saran untuk pengguna smartphone adalah uninstall aplikasi dengan memori lebih dari 500 MB.
  • Jika setuju, pilih aplikasi dengan jumlah data lalu pilih menu “Hapus Aplikasi”.
  • Setelah mengonfirmasi penghapusan, Anda dapat mengunduh aplikasi dari Apple Store dan menginstalnya kembali.
  1. Safari Browser

Sebelum mengosongkan cache, penting untuk diketahui bahwa membersihkan cache akan secara otomatis mengeluarkan Anda dari aplikasi apa pun yang telah dibersihkan akun Anda. Pastikan Anda mengingat kata sandi dan pengguna login untuk setiap aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus cache menggunakan browser Safari.

  • Kunjungi aplikasi browser Safari.
  • Buka menu Pengaturan dan pilih Akun dan kata sandi.
  • Pilih untuk menghapus riwayat dan data situs web.
  • Konfirmasi pembersihan cache
  1. Lakukan Restart

Cara mudah berikutnya untuk menghapus cache iPhone adalah dengan memulai ulang ponsel atau melakukan restart. Berikut langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol sleep/wake di iPhone Anda (ini adalah tombol daya di Android).
  • Setelah beberapa detik, slide Matikan akan muncul.
  • Tekan opsi ini untuk mematikan telepon secara otomatis.
  • Matikan daya lalu tekan tombol sleep/wake lagi untuk menghidupkannya.
  • Melakukan restart ulang ponsel membuat manajemen memori iOS lebih andal dan tentu juga meningkatkan kinerjanya.

Menghapus Cache di iPhone Menggunakan Aplikasi

Cara menghapus cache di iPhone lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi khusus. Sebaiknya gunakan aplikasi pembersih telepon yang dapat Anda unduh dari Apple App Store. Unduh aplikasi dan kemudian gunakan untuk menghapus cache di iPhone Anda. Ada banyak pilihan aplikasi dari App Store yang bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Namun tentu saja, jika ponsel lama Anda lambat, menginstal aplikasi baru akan menjadi semakin sulit. Lebih efektif jika Anda menggunakan ketiga cara di atas tanpa menggunakan aplikasi. Performa smartphone lebih cepat, praktis, dan mudah. namun jik memang memori penyimpanan Anda masih tersisa banyak, menggunakan aplikasi mungkin bisa menjadi pilihan.

Menghapus Cache di iPhone

Cache sebenarnya melakukan fungsi yang sangat penting. Ini karena menggunakan cache memungkinkan aplikasi terbuka lebih cepat. Namun semakin banyak cache yang dimiliki aplikasi iPhone, semakin banyak memori yang terbuang. Secara umum, ketika Anda kehabisan memori, kinerja ponsel cerdas Anda menurun.

Selain itu, cache dapat mencegah penginstalan aplikasi lain karena memori internal tidak mencukupi. Selain itu, tidak semua model iPhone memiliki slot memori eksternal. Anda perlu mengosongkan cache agar memiliki memori internal yang cukup untuk menginstal aplikasi atau menyimpan file lain. Anda bisa mengikuti cara membersihkan cache di iPhone seperti yang telah dijelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *