Cara Masuk Bios Asus Windows 10

Cara Masuk Bios Asus Windows 10 – Seperti yang kita ketahui bersama, windows 10 merupakan sistem operasi komputer yang paling termutakhir dari Microsoft. OS yang diluncurkan pada 2016 silam ini merupakan versi terakhir dan sepertinya tidak ada versi terbaru lagi. Microsoft hanya akan memberikan update untuk penambahan fitur ataupun peningkatan kerja seperti halnya pada smartphone android.

Setiap versi windows tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masiang masing. Adapun kelebihan windows 10 pro final antara lain sudah mendukung penggunakan touchscreen sehingga bisa diterapkan pada tablet, dukungan virtual dekstop, antar muka yang lebih menarik dan masih banyak kelebihan lain.

Sedangkan kekurangan yang kerap dikeluhkan adalah cara setting bios windows 10. Agar bisa melakukan fast booting, memang pada OS ini tampilan BIOS disembunyikan. Oleh sebab itu banyak yang merasa kesulitan untuk masuk ke bios windows 10. Meski sebenarnya fitur ini sudah dikenalkan sejak versi windows 8.

Nah buat kamu yang sudah “utak utek” tapi gak ketemu juga dimana pintu masuknya, tenang saja karena akan kami jelaskan pada artikel ini. Khusus buat para pengguna laptop Asus juga ada cara khusus yang jauh lebih cepat dan simpel.

Apa Itu BIOS?

Oke, sebelumnya kita samakan dulu frekuensinya agar semua “satu server” hehe. Jadi BIOS adalah singkatan dari Basic Input/ Output System yakni program yang ditampilkan dalam bahasa assembly yang berfungsi untuk mengatur perangkat keras/hardware yang ada dalam PC/ Laptop.

Berbeda dengan OS yang menggunakan ruang pada hardisk, BIOS umumnya disimpan dalam chip memori atau ROM yang terbuat dari Complemantary Metal Oxide Semiconductor atau yang lebih akrab ditelinga dengan singkatan CMOS.

Umumnya orang yang masuk ke BIOS akan mengatur urutan booting pada komputer/ laptop ataupun melakukan pengaturan BIOS standar yang tidak ada di pengaturan windows 10.

Cara Masuk Bios Asus Windows 10 Dari Menu Setting

BIOS pada windows 10 ini juga dikenal dengan UEFI Firmware Setting. Untuk membukanya diperlukan beberapa step yang gak jauh berbeda dengan windows 8. Secara umum  cara masuk bios windows 10 adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan komputer sampai hidup (proses booting selesai)
  2. klik start, lalu masuk menu setting
  3. Pada jendela setting, silahkan pilih update and security

    cara masuk bios asus windows 10
    cara masuk bios asus windows 10
  4. Setelah itu pilih recovery dan kemudian klik restart now

    cara setting bios windows 10
    cara setting bios windows 10
  5. Komputer akan restart, kemudian di layar muncul choose option, silahkan pilh troubleshoot.

    pilih troubleshoot
    pilih troubleshoot
  6. Kemudian akan muncul 2 opsi, pilih saja advance options
  7. Terakhir, pilih UEFI Firmware Setting lalu klik restart

    uefi firmware settings
    uefi firmware settings
  8. Komputer akan restart kembali dan secara otomatis akan masuk ke BIOS

Setting BIOS Windows 10 Asus

Jika dirasa cara diatas terlalu panjang, sebenarnya ada cara yang jauh lebih simpel terutama pengguna laptop ASUS. Nah berikut ini caranya

  • Tekan dan tahan tombol shift lalu shutdown komputer
  • Ketika sudah mati, tekan dan tahan tombol F2 lalu tekan tombol power
  • Anda akan langsung masuk ke halaman BIOS

Yang perlu diketahui, pada laptop keluaran terbaru anda harus memilih “legacy support” pada pengaturan boot mode. Selain itu pada boot priority silahkan pilih UEFI First. Pada beberapa kasus, ketika kamu memilih mode legacy laptop tidak bisa masuk ke windows 10. Namun kamu tetap bisa kembali lagi ke BIOS dengan cara diatas.

Kesimpulan

Demikian tadilah cara masuk windows 10 pada laptop asus. Gimana cukup mudah bukan? Sejatinya jika komputer tidak ada masalah, kamu tidak perlu masuk ke bios. Pengaturan bios pada umumnya digunakan untuk mengatur urutan booting untuk beberapa keperluan seperti instal ulang windows. Update bios juga tidak selalu dibutuhkan tapi akan membantuk ketika perangkat tidak terdeteksi atau terjadi BUG. Sekian dulu ya, selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *