Cara dan Pentingnya Membuat Sampul Wattpad yang Menarik

Posted on

Sampul adalah hal pertama yang dilihat orang tentang apa pun, baik itu buku atau penampilan Anda sendiri. Jadi jangan meremehkannya. Sama halnya dalam membaca cerita Wattpad, misalnya. Jika sampul wattpad bagus, ini tentu akan menarik minat para pembaca. Dari situ, Anda bisa menebak bagaimana isi cerita yang penulis sampaikan nantinya. Anda dapat mencurahkan seluruh imajinasi dan kreativitas Anda untuk membuat cover cerita atau sampul wattpad.

Desain Cover Wattpad Sebagai Senjata untuk Menarik Pembaca

Seperti yang kita ketahui bersama, Wattpad merupakan layanan website dan aplikasi membaca online di smartphone yang menyediakan platform gratis bagi penulis dan pembaca. Sejauh ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Tak bisa dipungkiri, Wattpad memang menjadi salah satu aplikasi terpopuler di kalangan pembaca online. Begitu banyak penulis berbondong-bondong untuk menulis cerita di sana. Anda memang harus menggunakan taktik untuk bisa bersaing dengan penulis lain. Misalnya membuat fitur script, memilih nama karakter yang sangat lokal, dan sebagainya.

Salah satu yang juga sangat penting yaitu membuat cerita sampul yang bagus dan unik. Ini bisa menjadi strategi untuk bersaing dengan ribuan penulis lainnya. Bayangkan saja saat Anda menggulir hasil kolom pencarian, pasti akan ada saatnya Anda melihat sebuah cerita dengan cover yang menarik.

Bahkan jika Anda belum melihat judul, pemeran, dan sinopsisnya. Cukup dengan sampul yang menarik saja bisa membuat kita kemudian mencari tahu judul, isi cerita, sinopsis, dll. Ini membuktikan bahwa memilih desain sampul bisa menjadi senjata ampuh dalam menarik minat pembaca.

Hal Penting Saat Mendesain Cover Wattpad

  1. Mengetahui Ukuran Cover Cerita

Beberapa orang masih belum tahu berapa ukuran sampul Wattpad. Khusus untuk kalian yang belum tahu cara membuat cover wattpad sendiri. Kurangnya pemahaman ini bisa menjadi hambatan yang membuat frustrasi. Misalnya, desain Anda sudah selesai dan juga sudah diunggah. Namun ketika melihat hasil yang kurang memuaskan. Sisi kanan, kiri, atas dan bawah cover dapat terpotong jika ukurannya tidak tepat.

Ukuran cover Wattpad adalah 768 x 1200 piksel, 512 x 800 piksel dan 256 x 400 piksel. Ukuran yang paling ideal adalah 256 x 400 piksel karena hasilnya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Jika Anda menggunakan ukuran 768 x 1200 piksel, kualitas gambar akan lebih tajam.

Namun, saat mengunggah di opsi “Tambahkan foto sampul”, gambar Anda akan dikompres secara otomatis sesuai dengan ketentuan aplikasi. Anda dapat menyesuaikan resolusi gambar lagi. Tapi idealnya 72 piksel.

Ketika Anda mengunggah foto ke Wattpad, Anda akan diminta untuk memilih ukuran resolusi. Jadi jangan pilih yang terlalu tinggi, karena gambar akan terkompresi dan pecah. Selanjutnya, untuk mode warna, pilih warna RGB, karena gambar Anda akan muncul di layar gadget.

  1. Sesuaikan dengan Genre Cerita

Banyak yang mungkin memikirkan bahwa isi cerita lebih penting daripada cover. Pemikiran seperti itu kurang tepat, karena tidak hanya membuat poster film, membuat cover cerita juga harus sesuai dengan genrenya. Bahkan banyak penulis yang meremehkannya, padahal itu adalah hal esensial yang patut mendapat perhatian lebih.

Misalnya, Anda menggunakan genre drama romantis yang ditujukan untuk pembaca remaja. Kemudian sampul Anda berwarna hitam gelap dengan tulisan dan efek merah menciptakan efek kelam dan horor. Alhasil, perasaan romantis tentu tidak akan tersampaikan meskipun tertera judul yang romantis. Pemilihan font juga penting.

  1. Menentukan Siapa Karakter yang Akan Muncul di Cover

Siapa tokoh utama dalam cerita yang Anda tulis? Ada berapa karakter pendukung? Sebelum mendesain, Anda harus tahu dulu karakter mana yang pantas ada di sampul. Ini berarti bahwa tokoh memiliki peran penting dalam perkembangan cerita.

Namun tentunya juga tidak boleh terlalu ramai. Tujuannya agar gambar tidak terlalu sempit dan masih ada ruang untuk menuliskan judul dan nama pengarang. Selain itu, ruang kosong ini juga penting bagi Anda untuk menempatkan bentuk grafik, seperti lingkaran, kotak, atau bentuk lain yang berkorelasi dengan isi cerita.

Aplikasi untuk Edit Cover Wattpad

  1. Canva

Canva merupakan aplikasi edit foto yang bisa anda akses di ponsel maupun PC. Dengan aplikasi ini Anda dapat membuat poster, logo, kartu nama, dan banyak lagi. Namun, karena bentuknya sudah menjadi template, Anda harus kreatif membuatnya menjadi sesuatu yang unik dan baru.

  1. Adobe Photoshop

Berikutnya adalah Adobe Photoshop, software pengedit foto offline. Dengan aplikasi ini Anda dapat dengan bebas mengimpor filter. Gradasi warna adalah teknik yang dapat Anda terapkan saat membuat sampul. Hanya saja aplikasinya lebih nyaman digunakan di laptop atau PC sehingga kurang nyaman jika belum pernah menggunakannya.

  1. PicsArt

Dengan PicsArt, Anda dapat mengatur overlay dan menerapkan filter. Lebih nyaman daripada Adobe Photoshop karena Anda dapat menjalankannya di ponsel Anda. Kapan saja, di mana saja Anda dapat mengedit sampul cerita. Penggunaannya sangat sederhana. Sayangnya, font di sini tidak terlalu beragam, sehingga Anda harus menggunakan aplikasi lain untuk menulis.

  1. Phonto

Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengedit teks. Selain menggunakan font yang tersedia di aplikasi, Anda juga dapat mencari bentuk font dari unduhan di internet. Kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak dapat menyediakan filter dan penyesuaian cahaya. Namun ada banyak pilihan font yang bisa digunakan.

Cara Membuat Cover Wattpad

  1. Membuat lembar kerja baru di PicsArt

Pertama, buka aplikasi PicsArt. Pilih menu “Drawings”, lalu klik “Pick Canvas”. Terdapat opsi “Custom Size” yang artinya Anda bisa mengubah ukuran kertas sesuai keinginan Anda. Anda bisa menggunakan ukuran 256 x 400 piksel agar resolusi gambar tidak terlalu besar. Anda kemudian akan masuk ke lembar kerja baru

  1. Masukkan foto utama

Di pojok kanan, klik ikon foto untuk mengimpor foto yang akan Anda gunakan sebagai gambar utama untuk sampul cerita. Cobalah untuk memilih foto berkualitas tinggi. Tujuannya agar gambar tidak pecah saat di resize. Buatlah desain sesuai dengan keinginan Anda kemudian simpan ke gallery ponsel Anda.

  1. Memberi judul cerita

Buka aplikasi Phonto, lalu klik “Load Image” untuk menyisipkan gambar yang telah Anda buat ke dalam PicsArt. Pilih jenis font yang sesuai dengan tema cover wattpad Anda. Untuk menulis judul, cukup klik pada teks dan ubah font dan ukuran sesuai keinginan Anda. Hanya dengan sedikit trik, bentuk font bisa disesuaikan dengan genre cerita. Anda juga bisa mengatur tingkat kemiringan dan juga mengubah bentuk font agak melengkung. Ubah juga warna di menu “Style”.

Untuk mengubah warna teks ada pada menu warna teks. Sedangkan shading di belakang teks ada di menu `Shadow`. Ada juga menu lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat font lebih menarik. Jangan lupa klik simpan untuk menyimpan foto.

  1. Beri overlay dan efek warna foto

Buka lagi aplikasi PicsArt. Masukkan foto yang Anda edit ke dalam Foto. Sebelum memasang overlay, Anda harus mengunduh model terlebih dahulu dari Internet. Anda menggunakan hamparan asap untuk menciptakan efek visual. Untuk menyisipkan foto overlay, cukup klik “Add Photo”, pilih foto dari galeri dan klik “OK”.

Maka akan terlihat seperti ini. Karena latar belakangnya tidak transparan, klik menu “Blend” dan pilih “Screen”. Kemudian klik menu “Efek”. Ini berisi berbagai jenis efek dan warna yang dapat Anda gunakan langsung. Hanya saja ada warna yang hanya bisa Anda gunakan jika mendaftar sebagai pengguna premium. Sampul wattpad telah jadi dan siap diposting.

One thought on “Cara dan Pentingnya Membuat Sampul Wattpad yang Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published.