Bato.to tidak dapat diakses? Begini 3+ Cara Mudah Mengatasinya!!

Posted on

Bato.to merupakan sebuah situs yang menyediakan layanan manhwa, manga dan komik yang bisa diakses secara gratis oleh siapa saja. Namun, Bato.to tidak dapat diakses karena beberapa alasan, kenapa? Dan bagaimana cara mengatasinya simak di bawah ini?

Kenapa Bato.to tidak dapat diakses?

Bato.to tidak dapat diakses

Situs Bato.to mungkin menjadi surganya para pecinta komik, manhwa dan komik. Karena di situs tersebut, kalian para pembaca bebas mengaksesnya kapan saja tanpa memungut biaya apapun.

Sayangnya, kini situs Bato.to sudah tidak bisa diakses lagi. Karena situs tersebut telah resmi diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia karena pelanggaran hak cipta.

Juga terdapat konten negatif yang melanggar undang – undang, seperti yang kita tahu jika situs Bito.to menyediakan beberapa judul komik/ manhwa ber-genre dewasa.

Tidak hanya situs Buto.to saja yang saat ini diblokir pemerintah karena kasus yang sama. Hal ini dilakukan guna memberantas konten negatif yang kemungkinan diakses oleh anak dibawah umur.

Selain itu, juga sebagai cara pemerintah untuk melindungi hak cipta pemilik karya, karena melalui situs Buto.to pembaca bisa mengaksesnya secara gratis tanpa izin pemilik karya/ kreator.

Cara Mengakses Bato.to Kembali

internet vpn
Gambar oleh Dan Nelson dari Pixabay

Untuk kalian yang ingin mengakses kembali situs Bato.to meskipun sudah diblokir Kominfo, caranya cukup mudah.

Kalian hanya perlu mendownload aplikasi VPN (Virtual Private Network) melalui Google Play Store atau App Store. Pilih aplikasi yang menurut kalian paling bisa dipercaya.

Adapun tujuan dari penggunaan VPN ini adalah untuk bisa mengakses server luar negeri, karena dengan kalian menggunakan server luar negeri otomatis aplikasi atau situs yang diblokir di Indonesia bisa kalian akses.

Jika kalian bingung mau pilih VPN yang mana, kalian bisa menggunakan rekomendasi aplikasi VPN berikut ini

  1. VPN untuk Android: https://apkpure.com/id/turbo-vpn-secure-vpn-proxy/free.vpn.unblock.proxy.turbovpn
  2. VPN untuk iPhone: https://apps.apple.com/us/app/turbo-vpn-private-browser/id1365309175
  3. VPN untuk PC atau Laptop: https://chrome.google.com/webstore/detail/touch-vpn-secure-and-unli/bihmplhobchoageeokmgbdihknkjbknd?utm_source=chrome-ntp-icon

Jika kalian sudah mendownload aplikasi VPN kalian tinggal aktifkan saja VPN-nya dan akses situs seperti biasa.

Sebelum kalian menggunakan VPN ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan terlebih dahulu. Baik kelebihan maupun kekurangan dari VPN, diantaranya:

Kelebihan Menggunakan VPN

Berikut deretan kelebihan menggunakan aplikasi VPN:

  • Memiliki akses untuk membuka aplikasi atau situs yang sudah diblokir, salah satunya situs Bito.to.
  • Memiliki remote access, dengan kalian menggunakan VPN kalian bisa mengakses jaringan khusus suatu perusahaan meskipun kalian berada pada lokasi yang cukup jauh.
  • Adanya jaminan ketika mengakses internet, jika kalian menggunakan aplikasi VPN terpercaya kalian akan terjamin keamanannya, terutama jika kalian sedang berada dalam jaringan publik. Hal ini karena data pribadi kita akan disembunyikan.
  • Jangkauan jaringan luas, kalian bisa mengakses server dari negara mana saja yang diberikan para fitur aplikasi VPN yang ada gunakan.
  • Membentuk jaringan LAN tanpa batasan waktu dan tempat, LAN sendiri merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki cakupan yang cukup kecil, melalui VPN konektivitas dan jangkauan jaringan akan semakin luas melalui via internet.
  • Mengurangi biaya operasional, jika kalian ingin membangun sebuah jaringan dan menggunakan VPN maka kalian telah menghemat biaya kabel yang biasa digunakan untuk mengimplementasikan WAN.

Kekurangan Menggunakan VPN

Selain keunggulan fitur yang digunakan VPN, kalian juga perlu memperhatikan kekurangan dari VPN, diantaranya:

  • VPN gratis berbahaya bagi data kalian, karena VPN gratis biasanya dikelola oleh pihak ketiga dan tidak memiliki perlindungan maksimal, sehingga memudahkan para pelaku hacking menjarah perangkap laptop atau ponsel yang kalian gunakan.
  • Data internet berjalan lambat, meskipun kalian bisa menggunakan server dari berbagai negara akan tetapi data internet kalian akan melambat, karena ‘perjalanan’ VPN untuk mengakses satu situs sampai pada tujuan lebih panjang daripada biasanya.
  • Berpotensi terserang malware dan adware, jangan terlalu terkecoh dengan akses gratis VPN, karena biasanya mereka tidak benar-benar steril dan bisa menyebabkan perangkat kalian terserang malware dan adware dan berpotensi mengalami kerusakan.
  • Beresiko terkena blokir, VPN tidak hanya bisa mengakses situs yang diblokir, tapi kalian pengguna VPN juga berpotensi untuk terblokir, oleh satu situs tertentu karena mereka merasa tindakan kalian adalah tindakan yang ilegal.

Kesimpulan

Pada intinya situs Boto.to sudah diblokir oleh Kominfo Republik Indonesia, karena mereka dalam situs tersebut terdapat dua pelanggaran.

Pertama pelanggaran hak cipta, karena menampilkan karya orang lain secara ilegal dan yang kedua adalah konten negatif, yang seperti kita tahu ada beberapa komik atau manhwa memiliki genre dewasa.

Namun, jika kalian masih ingin mengakses kembali situs Boto.id kalian bisa memanfaatkan aplikasi VPN, pastikan untuk memilih VPN yang terpercaya. Karena selain memberikan keuntungan, beberapa VPN juga membahayakan.

Sekian informasi tentang alasan Bato.to tidak dapat diakses lengkap dengan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.