Asus ROG Phone 6 – Spesifikasi dan Review di 2022!!

Posted on

Asus ROG Phone 6 dirilis bersamaan dengan versi Pro. Tapi pada kesempatan kali ini, yang akan dibahas adalah ROG Phone 6 versi biasa. Kira-kira, apa yang menjadi poin plus dan minus di HP gaming yang satu ini? Yuk, simak bareng-bareng penjelasannya berikut.

Spesifikasi Asus ROG Phone 6

Asus ROG Phone 6

Pertama, kamu perlu mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Di bawah ini kami rangkum spesifikasi teknis dari ROG Phone dalam bentuk tabel biar lebih mudah dipahami.

KeluaranJuli 2022
Platform
RAM12GB/16GB
ChipsetQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm)
Penyimpanan128GB/256GB/512GB
CPUOcta-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 + 3×2.75 GHz Cortex-A710 + 4×1.80 GHz Cortex-A510)
Sistem OperasiAndroid 12
Kamera Belakang
Triple Camera50 MP (wide) f/1.9
13 MP (ultrawide) f/2.2
5 MP (macro) 
Video8K@24 fps
4K@30/60/120 fps
1080p@30/60/120/240 fps
720p@480 fps
FiturPanorama, HDR, LED Flash
Kamera Depan 
Single Camera12 MP (wide)
Video1080p@30fps
FiturPanorama, HDR
Bodi
Dimensi173 x 77 x 10.3 mm 
Berat239 gram
WarnaStrom White, Phantom Black
Layar6.78 inch
ResolusiAMOLED (1080 x 2448 pixels)
BateraiLi-Po (6000 mAh)
Konektivitas
Jaringan2G, 3G, 4G, 5G
SIMDual nano SIM
Dukunganfingerprint, compass, proximity, gyro, accelerometer
Bluetooth5.2 A2DP
GPSAGPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC
NFCYa
USBUSB Type C 2.0 (bottom)
USB Type C 3.1 (side)

Review Asus ROG Phone 6

Spesifikasi Asus ROG Phone 6

ROG Phone 6 merupakan penerus dari Asus ROG Phone 5 yang dirilis beberapa waktu lalu. Karena diterima dengan baik oleh publik dan laku keras di pasaran, Asus meluncurkan ROG Phone 6 Series yang terdiri dari versi reguler dan pro.

Tidak ada banyak perbedaan antara ROG Phone 6 dengan ROG Phone 6 Pro. Keduanya sangat identik.

Beberapa hal yang membedakan antara lain pilihan warna ROG Phone 6 lebih beragam dibanding saudaranya. Varian ini tersedia dalam dua warna, yaitu hitam dan putih.

Selain itu, konfigurasi RAM dan internal storage di versi reguler ini berbeda dengan versi pro. Kapasitas RAM maksimalnya hanya sampai 16 GB. Sedangkan versi pro punya RAM 18GB.

Kelebihan Asus ROG Phone 6

Kelebihan Asus ROG Phone 6

  • Ditenagai Chipset Terbaru

Satu hal paling penting dari smartphone gaming adalah chipset atau SoC. Asus membekali ROG Phone 6 dengan SoC terbaru dari Qualcomm.

Namanya adalah Snapdragon 8+ Gen 1. Kalau dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1, SoC ini punya kinerja dan efisiensi daya yang lebih baik. Selain ngebut, baterai juga lebih hemat.

  • Sistem Pendingin Canggih

Untuk mendukung dapur pacu agar bisa bekerja maksimal, ROG Phone 6 ini sudah dilengkapi dengan pendingin canggih. Namanya adalah GameCool 6. 

Sistem ini mampu menjaga suhu dapur pacu agar tetap sejuk. Dengan begitu, potensi terjadinya overheat bisa dihindari.

  • Refresh Rate Layar Setara PC Gaming

Tidak tanggung-tanggung, Asus memberikan kualitas layar yang setara PC gaming di HP ini. Bayangkan saja, refresh ratenya mencapai 165 Hz. Jauh melampaui refresh rate smartphone pada umumnya.

Refresh rate setinggi ini dan ditambah dengan resolusi layar 1080×2448 pixels mampu menghasilkan gambar yang smooth dan tajam. Main game berat dengan konfigurasi rata kanan sudah nggak mustahil lagi.

  • Baterai Kapasitas Besar

Saat gaming, dapur pacu digeber. Artinya, konsumsi daya smartphone juga sangat tinggi. Itulah kenapa Asus memberikan baterai berkapasitas 6.000 mAh pada ROG Phone 6.

Untuk kebutuhan charging, Asus juga sudah melengkapinya dengan fast charging 65 Watt. Untuk mengisi daya dari 0 sampai 100%, kamu cuma butuh waktu kurang dari 1 jam.

  • Desain Ganteng

Desain ala gamers benar-benar terlihat di ROG Phone 6, terutama di bagian belakang. Ada beberapa logo ROG yang ditampilkan dalam warna mencolok.

Di bagian belakang atau backdoor, terdapat lampu RGB yang semakin memperkuat aura gaming. Sementara 3 buah kameranya disusun horizontal, sehingga desainnya tampak lebih ringkas.

  • Sertifikasi IPX4

Tidak cuma ngebut, HP gaming juga harus tangguh. ROG Phone 6 sudah punya sertifikasi IPX4. Artinya, HP ini tahan terhadap cipratan air dari segala arah.

Kalau kamu nggak sengaja menumpahkan minuman ke Hp ini, dijamin akan tetap aman dan bisa dipakai dengan normal.

  • Ada Dua Pilihan Warna

Versi reguler biasanya memiliki opsi atau fitur yang lebih terbatas dibandingkan versi pro. Tapi Asus punya treatment berbeda, khususnya buat Asus ROG Phone generasi keenam ini.

Untuk ROG Phone 6, ada dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Masing-masing diberi nama Storm White dan Phantom Black. Sedangkan untuk versi pro hanya ada satu pilihan warna, yaitu Storm White.

  • Harga Lebih Murah

Dengan fitur yang kurang lebih identik dengan versi pro, ROG Phone 6 ini dijual dengan harga lebih murah. Di Amerika, smartphone gaming ini dijual dengan harga mulai dari 14 jutaan.

Sedangkan untuk versi pro dijual dengan harga 17 jutaan. Kalau kamu nggak masalah dengan konfigurasi RAM yang sedikit lebih kecil, tentu akan lebih menguntungkan kalau beli versi reguler. Bisa hemat sampai 3 jutaan untuk beli aksesoris gaming.

Kekurangan Asus ROG Phone 6

Kekurangan Asus ROG Phone 6

  • Kamera Tidak Istimewa

Tidak berbeda dengan yang sudah-sudah, sektor kamera di HP gaming memang kerap luput dari perhatian. Begitu juga dengan ROG Phone 6.

Kameranya memang tidak jelek-jelek amat. Kamu masih bisa memakainya untuk kebutuhan sehari-hari. Bahkan hasil foto low lightnya juga lumayan bagus.

Hanya saja, kualitas kamera HP ini bisa dibilang jauh tertinggal kalau dibandingkan dengan smartphone flagship lainnya.

  • Kapasitas RAM Lebih Kecil

Seperti yang sudah dikatakan di awal, salah satu perbedaan ROG Phone 6 dan ROG Phone 6 Pro terletak di bagian RAM-nya. Untuk versi reguler, Asus cuma memberikan pilihan RAM 12GB dan 16GB.

Sedangkan untuk versi pro hanya tersedia satu opsi RAM, yaitu 18GB. Perbedaan 2GB sampai 6GB RAM ini cukup berpengaruh untuk para pengguna yang benar-benar melakukan multitasking aplikasi-aplikasi berat.

  • Tidak Ada Slot MicroSD

Slot MicroSD sebenarnya masih dibutuhkan oleh sebagian pengguna. Misalnya untuk kebutuhan backup dan memperluas storage.

Sayangnya, ROG Phone 6 sudah meniadakan slot tersebut. Pihak Asus berpendapat bahwa storage 512GB yang ada di smartphone tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna. 

Asus mungkin punya alasan khusus lain. Misalnya mengganti slot MicroSD dengan part lain yang lebih fungsional di ROG Phone 6.

Harga Asus ROG Phone 6

Pihak Asus belum memberikan sinyal bahwa ROG Phone 6 series bakal dijual di Indonesia. Tapi kita bisa memperkirakan harganya dengan melihat list harga di bawah ini.

  • Varian RAM 12GB + ROM 256GB: $999.99 setara Rp 14,8 juta
  • Varian RAM 16GB + ROM 512GB: $1099.99 setara Rp 16,3 juta

Dibanderol lebih murah, Asus ROG Phone 6 menyuguhkan fitur yang sangat mirip dengan versi Pro. Perbedaan paling signifikan hanya ada pada kapasitas RAM. Jadi, kamu mau pilih yang mana?

tokopedia buttonlazada buttonblibli button

Video Promosi Official Asus ROG Phone 6

Leave a Reply

Your email address will not be published.