Apakah Wifi Bisa Mengetahui Apa yang Kita Buka? Ini 2 Cara Mencegahnya!!

Banyak mitos dan kabar yang beredar di masyarakat tentang apakah Wifi bisa mengetahui apa yang kita buka. Hal ini memang cukup penting apalagi ketika kita sedang mengakses Wifi publik sehingga keamanan data informasi kita dipertanyakan.

Buat kamu yang bingung dan mencari jawaban pasti mengenai informasi ini, kamu sudah berada di tempat yang tepat. Karena di sini kami akan bahas tentang apakah Wifi bisa mengetahui apa yang kita buka di Youtube, Twitter, Facebook, dan website lain yang sering kita buka.

Apakah Wifi Bisa Mengetahui Apa yang Kita Buka?

Untuk jawaban singkat dari pertanyaan ini adalah YA dan TIDAK. Hal ini karena ada beberapa kemungkinan bagaimana sebuah Wifi dapat mengetahui apa saja yang diakses oleh perangkat yang sedang terhubung dengan routernya.

Namun bagaimana situasi yang memungkinkan dari masing-masing jawaban di atas? Berikut ini penjelasan selengkapnya :

  • Dari Sisi Pemilik Wifi

Untuk yang pertama mari kita bahas dari sisi pemilik Wifi. Apakah pemilik Wifi bisa melihat riwayat penggunaan orang yang menggunakan Wifi miliknya? Kasus ini bisa digunakan saat kamu menggunakan Wifi publik atau saat kamu mungkin sedang menumpang Wifi ke tetangga.

Secara default, pemilik Wifi tidak memiliki akses untuk melihat apa saja yang diakses atau apa saja yang dicari oleh perangkat yang menggunakan Wifi-nya. Hal ini juga tidak difasilitasi oleh setiap provider Wifi sejauh ini. Dari sini, maka jawabannya tidak bisa.

Tapi ada hal lain yang memungkinkan pemilik Wifi bisa melihat apa saja yang diakses oleh pengguna Wifi. Yaitu ketika pemilik Wifi tersebut menggunakan software tambahan. Software tambahan yang biasa digunakan seperti proxy server dan Wireshark.

Atau bisa juga pemilik Wifi tersebut menggunakan perangkat router tambahan yang memiliki kemampuan untuk menyimpan log browsing dari setiap perangkat yang terhubung padanya.

Perangkat atau software tambahan ini biasanya ada di Wifi publik yang terpasang di sekolah, perkantoran, atau tempat-tempat umum yang membatasi akses internet setiap penggunanya.

  • Dari Sisi Penyedia Jasa Telekomunikasi (Provider)

Jawaban yang berbeda untuk apakah Wifi bisa mengetahui apa yang kita buka jika ditinjau dari sisi penyedia jasa telekomunikasi atau provider Wifi. Karena provider Wifi seperti Indihome, Biznet, dan lain-lain sudah pasti memiliki akses ke apa saja yang diakses oleh pelanggannya.

Tapi jangan khawatir kalau data-data pentingmu akan bocor seperti nomor yang berhubungan dengan Bank dan keuangan, data pribadi, email, hingga password. 

Karena hampir setiap website atau aplikasi saat ini sudah memiliki teknologi SSL atau Secure Sockets Layer. Teknologi ini berfungsi untuk mengenkripsi setiap informasi yang ditukar antar pengguna dengan webserver sehingga data-data ini tidak bisa lagi terbaca dengan mudah oleh manusia. 

Apakah Wifi Bisa Mengetahui Apa yang Kita Buka

Cara Menyembunyikan History Akses Internet dari Pemilik Wifi

Informasi di atas seharusnya sudah menjadi jawaban yang cukup jelas dari pertanyaan apakah Wifi bisa mengetahui apa yang kita buka. Karena pada beberapa kasus informasi kita cukup terbuka, adakah cara agar informasi tentang akses internet kita aman?

Karena tentu saja data yang tercuri atau privasi yang terganggu karena history browsing kita diketahui oleh orang lain bukanlah hal yang menyenangkan.

Jawabannya tentu saja kita bisa merahasiakan semua akses internet dari pemilik Wifi dan caranya sangat mudah. Berikut penjelasannya.

  • Menggunakan Mode Incognito

Cara pertama adalah dengan menggunakan mode incognito yang ada di browser Google Chrome. Cara ini tidak akan mengganggu proses browsing-mu, tapi tetap sangat aman karena dengan mode ini Wifi tidak bisa membaca apapun aktivitasmu di dalam browser tersebut.

  • Menggunakan VPN

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan VPN. Karena VPN akan menciptakan jalur rahasia tersendiri untuk kamu mengakses internet sehingga tidak ada yang dapat mencuri datamu termasuk pemilik Wifi. Karena semua yang kamu akses di sini bersifat rahasia.

Saat ini sudah banyak penyedia VPN yang bisa digunakan baik yang berbayar maupun gratis. 

Jadi jawaban untuk pertanyaan apakah Wifi bisa mengetahui apa yang kita buka, jawabannya bisa iya bisa tidak. Tergantung pada apa yang digunakan dan siapa penggunanya. Tapi tak perlu khawatir karena kamu pun bisa menyembunyikan data-datamu sendiri menggunakan cara yang kami bagikan di atas.

Leave a Comment