Gunakan Kode 002 Telkomsel untuk Mencegah Tindakan Kejahatan!!

Tindakan kejahatan siber atau cyber crime semakin marak saja dengan berbagai modus operandi. Salah satu cara mencegahnya yaitu dengan kode 002 Telkomsel, untuk mencegah terjadinya penyadapan pada nomor kamu.

Kemajuan teknologi memang memudahkan semua urusan kita, hanya saja di satu sisi, ada saja manusia tidak bertanggung jawab yang memanfaatkannya untuk kepentingan sendiri. Cara yang sering dilakukan oleh para hacker adalah dengan menyadap nomor HP kamu.

Apa Itu Kode 002 Telkomsel

Nomor anda disadap ? Waspada modus penipuan menggunakan fitur pengalihan Panggilan (Call Forwarding ) - GraPARI Banjarbaru

Sudah bukan rahasia lagi, di era digital ini, banyak aplikasi yang mengharuskan kamu untuk memasukkan nomor HP aktif. Begitu juga kalau kamu menggunakan dan mengaktifkan mobile banking pada HP ataupun e-commerce, maka nomor HP harus dimasukkan.

Celakanya, para hacker yang telah berhasil menyadap nomor kamu tersebut kemudian bisa menggunakannya untuk membobol akun-akun finansial milik kamu. Akibatnya, berapapun dana kamu yang tersimpan pada akun tersebut akan raib entah kemana.

Kode 002 dari Telkomsel dapat digunakan untuk menonaktifkan fitur pengalihan panggilan atau call forwarding. Perlu kamu tahu bahwa penyadapan nomor HP dapat dilakukan oleh hacker melalui pengalihan panggilan telepon kamu.

Dengan menekan kode 002 tersebut maka otomatis fitur pengalihan panggilan menjadi non aktif, sehingga nomor tidak bisa disadap oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Rasanya sudah terlalu sering kita dengar berita, bagaimana tiba-tiba seseorang kehilangan dana dalam jumlah besar.

Cara Menggunakan Kode 002 Telkomsel

Pengalihan panggilan atau call forwarding akan terjadi jika ada panggilan telepon yang masuk ke nomor kamu tetapi tidak tersambung. Penyebabnya bisa karena kamu tidak mengetahui panggilan tersebut ataupun saat nomor sedang sibuk.

Jika hal itu terjadi, maka panggilan telepon akan dialihkan atau diteruskan pada nomor lainnya yang telah kamu daftarkan. Nah, di saat terjadi pengalihan panggilan inilah terdapat celah bagi oknum untuk melakukan penyadapan.

Segera amankan nomor kamu dengan membatalkan aktivasi fitur call forwarding atau pengalihan panggilan. Cara menonaktifkan call forwarding adalah sebagai berikut :

  • Cek Dulu Fitur Forwarding yang Aktif

Langkah pertama adalah melakukan pengecekan dulu layanan apa saja yang telah menggunakan fitur forwarding. Fitur forwarding bukan hanya terjadi pada sambungan telepon saja, tetapi juga SMS. Sebaiknya semuanya dinonaktifkan saja, baik call forwarding ataupun SMS forwarding.

Kode 002 Telkomsel juga akan melindungi kejahatan yang berasal dari pengalihan SMS. Sekarang ini, banyak aplikasi, terutama aplikasi finansial yang memberikan kode OTP melalui SMS. Apa jadinya kalau kode OTP tersebut diterima oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Untuk mengecek fitur forwarding apa saja yang aktif, kamu cukup tulis *#21# dan lakukan panggilan. Setelah itu, akan ditampilkan kode MMI pada layar, berisi informasi fitur forwarding apa saja yang aktif.

  • Mengakses Kode 002 Telkomsel

Setelah tahu layanan apa saja yang dialihkan, sekarang kamu sebaiknya segera membatalkannya atau menonaktifkan. Bagaimana caranya? Kamu cukup menuliskan kode ##002# pada menu panggilan lalu tekan “Panggil” atau “Call”.

Tunggulah hingga proses MMI berjalan hingga pada layar ditampilkan informasi “Penerusan Panggilan Penghapusan Berhasil”, lalu tekan “OK”. Maka dengan begitu fitur call forwarding pada nomor kamu sudah menjadi non aktif.

Dengan menonaktifkan fitur call forwarding, kamu telah melakukan upaya untuk mencegah tindakan penyadapan nomor HP yang bisa merugikan. 

Kode 002 Telkomsel ternyata memiliki fungsi yang cukup penting untuk mengantisipasi tindakan kejahatan siber atau cyber crime yang makin marak saja. Kode ##002# yang diakses melalui nomor Telkomsel, akan menonaktifkan layanan pengalihan telepon sehingga bisa mencegah penyadapan.