7+ Cara Mengembalikan WiFi yang Hilang di Windows 10 di 2022 – 100% SUKSESS!!

Posted on

Banyak pengguna Windows yang mengeluhkan tentang laptop atau perangkat komputer mereka yang ikon WiFi-nya atau jaringan nirkabel WLAN menghilang. Saat mengalaminya, mungkin mereka masih belum tahu bagaimana cara mengembalikan WiFi yang hilang di Windows 10.

Tak heran ketika sedang mengalaminya, mereka akan sedikit kesulitan dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun, itu adalah hal yang wajar dan merupakan respon yang biasa terkait orang yang masih belum paham betul dengan dunia komputer. Kalau paham, jelas beda lagi.

Orang-orang yang memahami dunia komputer atau laptop secara mendalam mungkin akan langsung mengatasinya dengan berbagai cara.

Cara Mengembalikan WiFi yang Hilang di Windows 10

Cara Mengembalikan WiFi yang Hilang di Windows 10

Nah, bagi kamu yang memang kebingungan karena tidak tahu harus berbuat apa bisa menjadikan penjelasan yang ada di artikel kami sebagai referensinya. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi masalah tersebut tanpa perlu bingung lagi:

  1. Coba Atasi WiFi Hilang dengan Restart Laptop

Cara pertama yang bisa kamu coba dan menjadi cara yang paling umum dilakukan oleh hampir semua orang adalah dengan restart laptop. Saat ikon WiFi hilang, bisa diartikan kalau adaptor jaringan pada manajemen perangkat tidak bisa menemukan kartu jaringan WiFi.

Kamu bisa mencoba mengatasi masalah ini dengan cara melepaskan seluruh tegangan listrik yang terdapat pada laptop. Caranya bisa dengan laptop harus dimatikan dulu. Kemudian adaptor daya juga harus dicabut.

Jangan lupa juga untuk mencabut berbagai perangkat eksternal yang tersambung seperti disk U, mouse, dan mungkin juga hardisk eksternal. Ketika laptop sudah ada dalam kondisi mati, maka jangan lupa tekan tombol power kurang lebih 15 detik.

Setelah menekan tombol power, biarkan saja laptop atau komputer bisa memuat ulang operasinya. Setelah itu mungkin ikon WiFi sudah bisa kamu lihat lagi. Jangan lupa cek ulang kalau sudah restart.

  1. Menonaktifkan Mode Pesawat

Menonaktifkan Mode Pesawat

Ada faktor lain yang bisa saja membuat ikon WiFi di laptop maupun di komputer hilang. Salah satunya adalah mode pesawat yang ada dalam kondisi aktif. Kamu mungkin lupa kalau suatu waktu tidak sengaja menekannya.

Tentu saja, ketika mode pesawat diaktifkan kamu tidak akan bisa tersambung ke internet. Coba cek apakah kamu menghidupkan mode pesawat atau tidak di sebelah kanan-bawah desktop.

Jika memang benar mode pesawat aktif, maka jaringan nirkabel yang tentu saja WiFi jelas akan dimatikan. Maka dari itu, bukan menjadi suatu hal yang mengejutkan ketika laptop atau komputer milikmu tidak bisa mendeteksi adanya jaringan WiFi.

Guna mengatasi ikon WiFi yang hilang atau mungkin tidak terhubung, kamu wajib memastikan laptop tidak berada dalam mode pesawat.

  1. Perangkat WiFi Disable

Perangkat WiFi yang kamu miliki juga bisa saja tidak sengaja dinonaktifkan. Coba untuk melakukan pengecekan dengan cara ini demi bisa mengatasinya:

  • Klik kanan pada My Computer.
  • Pilih Manage.
  • Kalau memang perangkat WiFi tidak kamu aktifkan, klik kanan.
  • Setelah itu pilihlah opsi Enable Device untuk mengaktifkannya.

Ikon WiFi yang hilang juga bisa saja karena kamu mematikannya sendiri. Sejumlah laptop mungkin punya ikon WiFi di tombol F1 – F12. Setiap perangkat jelas mempunyai cara kerja dan lokasi yang beda untuk mengaktifkannya.

Kamu pun bisa menggunakan cara mengembalikan WiFi yang hilang di Windows 10 dengan tekan tombol Fn +WiFi guna menghidupkan maupun mematikannya.

  1. Memeriksa Driver WLAN

Cara selanjutnya adalah dengan memeriksa driver WLAN. Kalau WLAN memang tidak muncul, kamu bisa mengikuti sejumlah langkah ini untuk mengembalikan WiFi:

  • Pada desktop setting, ada Network and Internet.
  • Coba cek perangkat WiFi pada Device Manager.
  • Kalau kartu WiFi bertandakan tanda seru, coba pilih opsi Uninstall Driver.
  • Kemudian langsung restart laptop setelah uninstall.

Kalau masih belum tahu langkah-langkahnya secara lengkap, cek ini:

  • Klik kanan pada My Computer.
  • Kemudian pilih Manage.
  • Setelah itu klik Device Manager.
  • Di kolom sebelah kiri, cari kemudian temukan WiFi yang memiliki tanda seru pada adaptor jaringan.
  • Klik kanan kemudian pilih opsi Uninstall Devices.
  • Pilih Delete this setelah uninstall.
  • Restart laptopmu.

Pada umumnya, driver WiFi akan terinstall secara otomatis ketika kamu sudah merestart laptop. Setelah itu, coba saja cek lagi apakah jaringan WiFi kembali atau tidak.

Kalau diver kartu WiFi memang tidak terinstall secara otomatis, kamu bisa memakai Wizard Driver dan meginstall lagi kartu WiFi.

  1. Install Ulang Driver WLAN

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan install ulang driver WLAN. Coba pakai koneksi kabel pada laptop atau komputer. Selanjutnya download driver WLAN pakai Wizard. Jangan lupa memastikan kalau driver yang kamu download memang sudah sesuai.

Setelah selesai mendownloadnya, maka kamu hanya perlu menginstall driver yang telah didownload. Jangan lupa untuk merestart laptop ketika sudah selesai install ulang driver.

  1. Memeriksa Registry

Problem yang terjadi pada registry Windows juga bisa mengakibatkan hilangnya ikon WiFi pada Windows 10. Nah, untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan cara mengubah kemudian memperbaiki registri.

Guna mengatasinya bisa coba berbagai macam tools yang biasa digunakan untuk memperbaiki registry yang mengalami masalah. Setelah memperbaikinya, jangan lupa melakukan cek terhadap ikon WiFi.

  1. Cek Services Windows

Coba juga untuk mengecek Service Windows dengan cara klik kanan di My Computer>Management>Service and Application. Di situ pilih Service>WLAN AutoConfig>WLAN Direct, kemudian layanan pengaturan jaringan. Setelah itu klik Start.

Penutup

Itulah beberapa cara mengembalikan WiFi yang hilang di Windows 10. Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.