5+ Kode untuk Memperbaiki Speaker HP Rusak 2022 dan Penyebabnya!!

Posted on

Setiap menggunakan ponsel, pengguna bisa melakukan sebuah panggilan dan mendengar suara orang yang sedang terhubung dengan kita. Tetapi terkadang sering ada masalah pada speakernya, seperti suara tidak bisa muncul? Lalu, bisakah menggunakan kode untuk memperbaiki speaker HP?

Kode untuk Memperbaiki Speaker HP yang Wajib Diketahui

Kode untuk Memperbaiki Speaker HP yang Wajib Diketahui

Kode untuk memperbaiki speaker HP ini digunakan sebagai salah satu alternatif mengatasi speaker pada handphone yang sekiranya sedang menghadapi masalah. Cara ini bisa dikatakan merupakan sebuah metode yang lumayan akurat untuk mencari tahu kondisi speaker HP.

Prosesnya untuk melakukannya juga tidak akan sulit, kamu hanya harus memasukkan sebuah kode untuk memperbaiki speaker HP Samsung menggunakan papan dial terdapat pada smartphone. Berikut ini adalah beberapa kode dapat kamu pakai berdasarkan tipe handphonenya:

  • Kode Handphone Samsung: *#0*#
  • Kode Handphone Oppo: *#800#
  • Kode Handphone Xiaomi: *#*#64663#*#*
  • Kode Handphone Realme: *#*#4636#*#*
  • Kode Handphone Oppo: *#800#
  • Kode Handphone Vivo: *#558#

Cara Memperbaiki Speaker Handphone Selain Menggunakan Kode Test

Selain menggunakan teknik kode untuk memperbaiki speaker HP Realme yang ada di atas, masih ada beberapa teknik lainnya yang patut untuk kamu coba mengembalikan volume speaker yang ada pada ponsel tersebut, seperti yang ada di bawah ini:

  • Periksa Volume Media

Kamu bisa mencoba untuk cek di volume media yang bisa saja mati atau terlalu rendah. Pertama, kamu masuk ke bagian Settings > klik Sound and Vibration > klik Volume > geser di bagian indikator volume media ke arah kanan agar volume bisa naik.

  • Aktifkan Speaker

Jika kamu masih tidak bisa untuk mendengar suara lawan bicara selama percakapan tersebut, coba cek terlebih dahulu apakah fungsi dari speaker masih aktif. Bila dalam keadaan aktif, maka ikon pada speaker berwarna dan menyala. Jika tidak, klik ikon speaker sehingga fungsinya baru bisa aktif.

  • Matikan Ponsel dan Nyalakan Kembali

Terkadang ada beberapa ponsel yang sering mengalami beberapa masalah teknis yang mengharuskan kamu untuk mematikan dan menyalakan kembali. Caranya cukup tekan tombol power > klik Power off. Setelah kamu nyalakan ponsel kembali, coba tes suara speakernya.

  • Reset Seluruh Pengaturan

Saat speaker ponsel mengalami masalah, kamu juga bisa mencoba melakukan reset pada ponsel ke dalam default. Kamu tinggal masuk ke Settings > klik General Management > klik Reset Settings.

  • Naikkan bagian volume in-Call

Bila speaker sudah aktif tetapi masih tidak ada suara bisa saja volume pada ponsel masih terlalu rendah. Coba tekan tombol volume yang ada pada tombolnya agar bisa melihat indikator level pada volume. Cara menaikkan geser indikator volume ke arah kanan hingga mendengar lawan bicaramu.

Hal-hal yang Menyebabkan Speaker HP Rusak

Hal-hal yang Menyebabkan Speaker HP Rusak

Banyak sekali alasan kenapa speaker ponsel yang kamu miliki tidak bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa kode untuk memperbaiki speaker pada HP yang dapat digunakan. Namun, sebelum kita melangkah lebih jauh, ketahui terlebih dahulu penyebab speaker HP rusak di bawah ini:

  • Debu yang Menumpuk

Penyebab speaker rusak yang pertama adalah debu yang menumpuk di lubang speaker. Debu yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan mengakibatkan suara yang keluar akan terhalangi. Inilah mengapa kamu harus rajin membersihkan speaker supaya tidak akan ada debu yang masuk.

  • Speaker Terkena Air

Walaupun ada kode untuk memperbaiki speaker HP tetapi hal yang satu ini masih dianggap sepele, terutama bila ponsel dibekali fitur anti air. Ponsel yang terkena air dapat mengakibatkan kerusakan dalam sistemnya. Lubang suara yang ada di luar membuat air mudah masuk ke dalamnya.

Air yang masuk tersebut akan merusak jaringan sirkuit speaker. Sirkuit ini lama-kelamaan akan berkarat. Oleh sebab itu, hati-hati ketika menggunakan handphone supaya nantinya tidak akan kemasukan air dan menimbulkan kerusakan.

  • Volume Speaker Sering Digunakan Maksimal

Selain mudah untuk membuat speaker rusak, kebiasaan menggunakan speaker dengan volume maksimal tidak baik untuk telinga. Volume yang maksimal ini justru akan menambah beban pada speaker. Membran amplifier speaker yang menerima getaran lebih banyak akan mudah sobek.

  • Handphone Pernah Jatuh

Ada saatnya kita lalai ketika menggunakan ponsel, kelalaian paling sering terjadi adalah menjatuhkan ponsel yang menyebabkan kerusakan pada bagian speaker. Benturan keras yang terjadi saat ponsel terjatuh bisa merusak di bagian speakernya.

  • Sistem Mengalami Bug

Tidak jauh berbeda seperti laptop, sebuah handphone mengalami bug atau error. Permasalahan yang satu ini terjadi karena berbagai faktor termasuk file cache, efek instalasi dan pemasangan aplikasi baru pada handphone, atau bisa juga karena kamu sudah melakukan root Android atau iOS.

Itulah beberapa kode untuk memperbaiki speaker HP yang bisa kamu pakai untuk mengatasi masalah speaker pada ponsel beserta cara dan penyebab mengapa speaker pada ponsel bisa mengalami kerusakan. Agar lebih maksimal perbaikannya, lebih baik untuk datang ke service center.

Leave a Reply

Your email address will not be published.