4+ Cara Menggunakan Speaker Mini USB 2022 dengan Praktis!!

Posted on

Ada banyak jenis speaker yang beredar di pasaran. Salah satu yang paling banyak dijumpai adalah speaker mini USB yang biasa dipakai untuk kebutuhan hiburan sehari-hari. Apakah kamu sudah tahu bagaimana cara menggunakan speaker mini USB?

Apa Itu Speaker Mini USB

cara menggunakan speaker mini USB

Sebelum membahas tentang cara penggunaannya, apakah kamu sudah tahu apa itu speaker mini USB? Speaker yang satu ini merupakan jenis portabel karena mudah dipindahkan dan dibawa ke mana-mana.

Disebut sebagai “mini” karena speaker ini punya ukuran kecil. Ukuran panjang, lebar, dan tingginya masing-masing kurang dari 10 cm.

Biasanya, speaker mini USB terdiri dari bagian speaker kiri dan kanan. Kedua speaker ini sudah mendukung sistem stereo, sehingga bisa menghasilkan suara yang berbeda antara bagian kanan dan kirinya.

Supaya bisa berfungsi, speaker membutuhkan daya listrik. Speaker jenis ini menggunakan USB untuk mendapatkan listrik tersebut. Itulah mengapa perangkat ini disebut sebagai speaker mini USB.

Kalau kamu ingin memiliki speaker mini USB, beli saja di toko elektronik terdekat atau melalui marketplace. Harganya murah, kok. Biasanya speaker ini dibanderol dengan harga 30 hingga 50 ribu rupiah saja.

Cara Menggunakan Speaker Mini USB

Sudah punya speaker mini USB tapi masih bingung bagaimana cara menggunakannya? Itulah yang akan dibahas di bawah ini. Yuk, simak tutorialnya bersama-sama.

1. Tahap Persiapan

Ada tahap persiapan yang perlu dilakukan sebelum kamu memulai langkah penggunaan speaker mini USB. Pastikan kamu menyiapkan beberapa alat yang akan disebutkan di bawah ini.

  • Speaker mini USB
  • Sumber listrik (bisa menggunakan adaptor charger HP, powerbank, bahkan laptop/PC)
  • Perangkat untuk memutar musik/video seperti laptop, PC, atau HP.

Kalau semua peralatan di atas sudah siap, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Hubungkan Speaker dengan Sumber Listrik

Pastikan speaker mini USB dalam keadaan baik. Kemudian hubungkan hubungkan kabel USB speaker ke sumber listrik.

Kalau kamu menggunakan adaptor charger HP, jangan lupa untuk mencolokkannya ke lubang sumber listrik. Kamu bisa mencolokkannya ke stopkontak yang ada di tembok atau melalui terminal.

Kalau sudah terhubung dengan listrik, speaker biasanya akan mengeluarkan suara khas. Beberapa speaker mini USB juga dilengkapi dengan saklar atau tombol power. Kalau kamu punya yang seperti ini, jangan lupa menekan tombol tersebut untuk memastikan speaker sudah aktif.

3. Sambungkan Kabel Jack ke PC/Laptop/HP

Sekarang kamu bisa menghubungkan jack audio ke port yang ada di perangkat. Kamu bisa menghubungkannya ke smartphone, laptop, PC, atau perangkat lainnya.

4. Putar Musik

Cara menggunakan speaker mini USB yang terakhir adalah memutar musik atau video. Pastikan suara sudah muncul dan terdengar dengan baik.

Beberapa speaker mini USB juga dilengkapi dengan tombol pengatur volume. Gunakan tombol tersebut untuk mengatur besar kecilnya suara yang dihasilkan speaker.

Kalau speaker mini USB milik kamu tidak dilengkapi dengan pengatur volume, maka besar kecilnya suara bisa diatur melalui laptop, PC, atau HP.

Cara Mengubah Speaker Mini USB Menjadi Speaker Bluetooth

Cara Mengubah Speaker Mini USB Menjadi Speaker Bluetooth

Tahukah kamu kalau speaker mini USB bisa diubah menjadi speaker bluetooth? Jadi, kamu tidak perlu mencolokkan jack audio ke HP atau laptop. 

Langkah ini sudah dipraktikkan banyak orang. Pasalnya, cara ini lebih hemat ketimbang harus membeli speaker baru yang sudah menggunakan koneksi bluetooth bawaan.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tutorial yang akan dibagikan di bawah ini.

1. Siapkan Peralatan

Peralatan yang perlu kamu persiapkan sebenarnya sama seperti di atas. Tapi ada satu alat tambahan yang perlu dipersiapkan. 

Nama alatnya adalah dongle receiver bluetooth USB. Alat ini bisa didapatkan di toko elektronik di sekitar kamu atau melalui marketplace.

Harganya cukup murah, mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. Kamu juga membutuhkan satu lagi port USB karena dongle bluetooth juga butuh listrik untuk bisa aktif. 

2. Hubungkan Speaker ke Bluetooth Receiver 

Setelah mempersiapkan semua alatnya, sekarang hubungkan speaker ke sumber listrik. Lakukan hal yang sama untuk bluetooth receiver.

Selanjutnya, hubungkan jack audio speaker mini USB ke perangkat USB receiver. Pastikan speaker dan dongle bluetooth tersebut dalam keadaan aktif.

3. Nyalakan Bluetooth di HP/Laptop

Karena sudah menggunakan bluetooth, kamu tidak perlu menghubungkan speaker ke HP atau laptop dengan jack audio.

Yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan koneksi bluetooth yang ada di laptop atau HP. Setelah itu, temukan nama bluetooth dari perangkat receiver tadi. Kemudian hubungkan HP atau laptop kamu ke bluetooth tersebut seperti biasa. 

4. Putar Musik

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah memutar musik dari laptop, PC, maupun smartphone. Pastikan suara bisa terdengar dengan baik. 

Cara menggunakan speaker mini USB sangat mudah, bukan? Sekarang kamu bisa mempraktikkan seluruh tutorial yang sudah dijelaskan di atas. Kamu juga bisa mengubah speaker mini USB menjadi speaker bluetooth.

Leave a Reply

Your email address will not be published.